MENCARI MODEL EVALUASI DENGAN PENDEKATAN YANG SESUAI UNTUK PENDIDIKAN DESAIN KOMUNIKASI VISUAL

Authors

  • Maria N D K Indrayana Dosen Jurusan Desain Komunikasi Visual Fakulitas Seni dan Desain - Universitas Kristen Petra

:

https://doi.org/10.9744/nirmana.4.2.

Abstract

Visual communication design in coming years seem getting better. It can be seen by the growth of commercial advertisment in the last three years and the pers freedom make the printing media and new electronic media exist. It would make the Visual communication design proffesion is became important. In the other side%2C there is a fact that many of advertisement have been canceled because of many public critical. Because of this%2C the designer as a creatif person has to be responsible. Because of this fenomena%2C education of visual communication design in Indonesia as an institution has to make the best quality designer. The process of study is become very important. Because of that reason%2C the evaluation model with suitable approach is needed for education of visual communication design.
Abstract in Bahasa Indonesia :

Prospek desain komunikasi visual pada tahun-tahun mendatang tampak lebih cerah dengan fenomena kenaikan belanja iklan tiga tahun terakhir dan kebebasan pers yang memicu kelahiran banyak media cetak dan media elektronik baru. Sehingga profesi ini akan semakin berperan penting. Di pihak lain ada kenyataan ditariknya sejumlah iklan yang tengah ditayangkan karena kritik yang diterimanya%2C sehingga desainer sebagai pengolah kreatif dianggap turut bertanggung jawab . Dengan berbagai latar belakang itulah institusi pendidikan Desain Komunikasi Visual di Indonesia sebagai wadah penggodokan calon desainer dituntut untuk melahirkan desainer dengan kualitas terbaik. Maka proses studi menjadi penting. Untuk itu diperlukan model evaluasi dengan pendekatan yang sekiranya sesuai untuk pendidikan desain komunikasi visual%2C dewasa ini. evaluation model%2C education of visual communication design.

Published

2004-08-18

How to Cite

N D K Indrayana, M. (2004). MENCARI MODEL EVALUASI DENGAN PENDEKATAN YANG SESUAI UNTUK PENDIDIKAN DESAIN KOMUNIKASI VISUAL. Jurnal Desain Komunikasi Visual Nirmana, 4(2). https://doi.org/10.9744/nirmana.4.2.

Issue

Section

Articles