PERGESERAN NILAI DAN KONSUMERISME DI TENGAH KRISIS EKONOMI DI INDONESIA

Authors

  • Januar Heryanto Dosen Universitas Bina Nusantara dan Dosen Universitas Kristen Petra

:

https://doi.org/10.9744/nirmana.6.1.

Abstract

Development in Indonesia%2C especially since the New Order era%2C that uses Western technology and foreign investment has brought about new values that shift society away from traditional culture. Along with the shift of value%2C consumerism is spreading in big cities as well as rural areas in Indonesia. This paper aims to prove that modernization%2C that uses Western technology and foreign investment%2C the encroachment of foreign culture and the diffusion of consumerism%2C that are gradually replacing traditional culture%2C are inevitable.
Abstract in Bahasa Indonesia :

Pembangunan di Indonesia khususnya sejak era Orde Baru yang memanfaatkan teknologi Barat dan modal asing telah melahirkan nilai-nilai baru dalam masyarakat yang menggeser kebudayaan tradisional. Seiring dengan adanya pergeseran nilai%2C konsumerisme juga menjalar kemana-mana%2C baik di kota-kota besar maupun pedesaan di Indonesia. Kesimpulan tulisan ini membuktikan bahwa dengan modernisasi yang menggunakan teknologi Barat serta masuknya modal asing%2C kita tidak dapat mencegah masuknya kebudayaan asing yang perlahan-lahan menyisihkan kebudayaan tradisional serta dilengkapi dengan timbulnya konsumerisme. the shift of value%2C traditional culture%2C modernization and consumerism.

Published

2005-05-04

How to Cite

Heryanto, J. (2005). PERGESERAN NILAI DAN KONSUMERISME DI TENGAH KRISIS EKONOMI DI INDONESIA. Jurnal Desain Komunikasi Visual Nirmana, 6(1). https://doi.org/10.9744/nirmana.6.1.