PERAN INFOGRAFIS PADA MEDIA MASSA CETAK

Authors

  • Obed Bima Wicandra Dosen Jurusan Desain Komunikasi Visual, Fakultas Seni dan Desain |Universitas Kristen Petra, Surabaya|E-mail: <a href=" mailto:obedbima@peter.petra.ac.id" >obedbima@peter.petra.ac.id</a>

:

https://doi.org/10.9744/nirmana.8.1.

Abstract

Infographics is one of many important visual elements in journalistics%2C whether in printed or electronic mass media. Its function is to make the reader of a news article better understand its narration or better comprehend the process of a publicized scientific research. In its development and besides being an aesthetic appearance of mass media%2C infographics can also reconstruct an event or a happening. Considering its importance as a form of visual news in the mass media%2C its role can be equalled to the verbal news. This article is more focused towards infographics%5C%27 role in printed mass media%2C such as newspapers and magazines.
Abstract in Bahasa Indonesia :

Infografis merupakan salah satu elemen visual penting dalam dunia jurnalistik%2C baik itu media massa cetak dan media massa elektronik. Infografis diperlukan sebagai usaha untuk mempermudah pembaca memahami narasi sebuah berita maupun memahami proses sebuah penelitian ilmiah yang dipublikasikan. Infografis dalam perkembangannya juga merekonstruksi sebuah kejadian atau peristiwa disamping peran infografis yang mengejar kaidah estetika perwajahan media massa. Melihat pentingnya infografis sebagai bentuk berita visual tersebut dalam media massa%2C maka perannya bisa sejajar dengan berita yang sifatnya verbal. Tulisan ini lebih terfokus pada peran infografis dalam media massa cetak%2C seperti surat kabar dan majalah. infographics%2C+journalism%2C+printed+mass+media%2C+newspaper%2C+magazine.

Published

2007-10-01

How to Cite

Bima Wicandra, O. (2007). PERAN INFOGRAFIS PADA MEDIA MASSA CETAK. Jurnal Desain Komunikasi Visual Nirmana, 8(1). https://doi.org/10.9744/nirmana.8.1.