Digital Wayang: Exploring the Use of Digital Media in Wayang Performance

Authors

  • Erandaru Erandaru Program Studi Desain Komunikasi Visual, Fakultas Seni dan Desain, Universitas Kristen Petra Jalan Siwalankerto 121-131 Surabaya

:

https://doi.org/10.9744/nirmana.15.1.33-44

Keywords:

Wayang, media digital.

Abstract

Wayang merupakan salah satu seni tradisi di Indonesia yang pernah memiliki posisi penting dalam budaya Jawa. Selain memiliki peran penting dalam ritual religi wayang juga berperan sebagai media dalam pendidikan dan hiburan. Tetapi seiring dengan perkembangan teknologi dan kurangnya usaha untuk mempertahankan relevansi keberadaannya dengan pemirsa kontemporer telah merubah dan membatasi peran wayang di masyarakat menjadi sekedar media hiburan tradisional. Jurnal ini mendokumentasikan secara ringkas sebuah proyek yang bertujuan untuk mengeksplorasi potensi aplikasi teknologi digital dalam kesenian wayang sebagai wujud pelestarian melalui inovasi. Aplikasi teknologi digital dalam elemen audio visual kesenian wayang secara inovatif dapat merubah dan memperkaya unsur naratif wayang. Proyek tersebut juga bertujuan untuk mengekplorasi aplikasi aspek fisik dan nilai-nilai tradisi dalam wayang yang dapat bermanfaat dalam pengembangan media digital. Media digital diaplikasikan dalam pertunjukan wayang secara sintesis. Karakter media melalui algoritma pemograman digunakan untuk mengatur visualisasi, suara dan interaktifitas yang bermanfaat dalam memperkaya pertunjukan. Sintesa tersebut memungkinkan munculnya suatu bentuk baru pertunjukan wayang yang diharapkan memiliki relevansi dengan permirsa kontemporer.

References

dhiarrgombez. (2008, 3 October). Wayang Kulit Multimedia–Gatotkaca Lahir. Retrieved from http://www.youtube.com/watch?v=Wj5pt5sH3Tk

Jclm5. (2007, 7 December). Low-Cost Multi-touch Whiteboard using the Wiimote [Video file]. Retrieved from http://www.youtube.com/ watch?v=5s5EvhHy7eQ

Kelty, Christopher M. Introduction. Two Bits: the Cultural Significance of Free Software. Durham: Duke UP, 2008. Print.

Kitchenbudapest. (2008, 19 February). Reverse Shadow Puppet [Video file]. Retrieved from http://www.youtube.com/watch?v=gY2dC9fi02s

Murtiyoso, Bambang. "Prospek Seni Budaya Indo-nesia Dalam Menghadapi Era Persaingan Iptek & Era Global." E-wayang. Kelompok Studi E-wayang Indonesia, 3 Dec. 2009. Web. 19 Aug. 2010.

<http://www.e-wayang.org/index.php/en/article/49-artikel/66-prospek-seni-budaya indonesiadalam- menghadapi-era-persaingan-iptek-a-era-global. html>.

Rhoughtonny. (2008, 22 February). Indonesian Shadow Puppet Show. Retrieved from http://www.youtube.com/watch?v=6fVxPoRu2bw

Root-Bernstein, Michele, and Robert Root-Berns-tein. "The Tradition/Innovation Conundrum: Further Reflections on the UNESCO 2nd World Conference on Arts Education | Psychology Today." Psychology Today: Health, Help, Happiness Find a Therapist. Psychology Today, 13 July 2010. Web. 19 Aug. 2010. <http://www.psychologytoday.com/blog/imagin

e/201007/thetraditioninnovation-conundrum- further-reflections-the-unesco-2nd-world-confe>.

Ryan, Marie-Laure. "Will New Media Produce New Narratives?" Narrative across Media: the Languages of Storytelling. Ed. Marie-Laure Ryan. Lincoln: University of Nebraska, 2004. Print.

Ryu, Semi. "Experimental Virtual Wayang | Semi Ryu." Home of Virtual Puppetry | Semi Ryu. Web. 19 Aug. 2010. <http://www.semiryu.net/ ?page_id=140>.

Ryu, Semi, Stefano Faralli, Paolo Bottoni, and Anna Labella. "From Traditional to Virtual Interactive Puppetry: A Comprehensive Approach." Diss. University of Rome "Sapienza" Abstract. Print.

Sfaralli. (2007, 10 November). Experimental Virtual Wayang [Video file]. Retrieved from http://www. youtube.com/watch?v=H1T77KP3ye0

Supriyono, Djumiran Ranta Admaja, Bambang Sukmo Pribadi, and Joko Susilo. Pedalangan. Vol. 1. Jakarta: Direktorat Pembinaan Sekolah Menengah Kejuruan, Direktorat Jenderal Manajemen Pendidikan Dasar Dan Menengah, Departemen Pendidikan Nasional, 2008. Print.

Ulbricht, H. Wayang Purwa; Shadows of the past. Kuala Lumpur: Oxford UP, 1970. Print.

Wisanggeni2004. (2007, 5 July). Wayang Kulit Dewa Ruci [Video file]. Retrieved fromhttp:// www.youtube.com/watch?v=IJGE3m7BEng.

Zehnneunacht. (2007, 28 August). Shadow Monsters [Video file]. Retrieved from http://www. youtube.com/watch?v=g0TOQo_7te4

Downloads

Published

2013-02-01

How to Cite

Erandaru, E. (2013). Digital Wayang: Exploring the Use of Digital Media in Wayang Performance. Jurnal Desain Komunikasi Visual Nirmana, 15(1), 33-44. https://doi.org/10.9744/nirmana.15.1.33-44