Analisis Semiotika Film Janur Kuning sebagai Representasi Ideologi Kekuasaan Soeharto

Panji Dwi Ashrianto




Abstract


Penelitan ini berjudul “Analisis Semiotika Film Janur Kuning sebagai Representasi Ideologi Kekuasaan Soeharto ”. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui makna ideologi politik Soeharto yang disampaikan dalam simbol-simbol adegan film Janur Kuning dan menganalisa makna pencitraan karakter yang digambarkan dalam adegan-adegan yang dapat mewakili ideologi kekuasaan Soeharto. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian kualitatif dengan menggunakan analisis semiotika yang mengkaji kepada tanda-tanda dalam sebuah film. Dari hasil penelitian dan analisis, dijelaskan bahwa film dijadikan media yang efektif untuk melakukan propaganda. Film Janur Kuning digunakan Soeharto sebagai alat untuk melegitimasikan kekuasaannya, dengan menampilkan dirinya sebagai tokoh sentral yang digambarkan sebagai figur yang paling benar dan sosok yang penting dalam sejarah. Film Janur Kuning merupakan representasi ideologi kekuasaan yang mencoba membengkokkan sejarah dengan klaim-klaim pembenaran diri, dengan meniadakan peran tokoh lain yang sebenarnya mempunyai andil besar dalam perjuangan.


Keywords


Semiotika, film, ideologi kekuasaan, propaganda, Soeharto

References


Chidman, Tataq. (2001). Pelurusan Sejarah Serang­an Umum 1 Maret 1949. Yogyakarta: Media Pressindo bekerja sama dengan Universitas Janabadra.

Irawanto, Budi. (1999). Film, Ideologi, dan Militer: Hegemoni Militer dalam Sinema Indonesia. Yogyakarta : Media Presindo.

Lubish, Ismail Fahmi. (2011, Januari 30). Mantan Presiden Soeharto Dituding Mengebiri ”Janur Kuning”. Disampaikan dalam http://indone­siancinematheque.blogspot.co.id/2011/01/janur-kuning-1979.html

Sumarno, Marselli. (1996). Dasar-dasar Apresiasi Film. Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Jaya.

Metz, Christian. (1974). Film Language: A Semio­tics of the Cinema (trans. Michael Taylor). New York: Oxford University Press.

Sobur, Alex. (2002). Analisis Teks Media: Suatu Analisis untuk Analisis Wacana, Analisis Semiotik, dan Analisis Framing. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Yulianto, Dwi Pratomo. (2005). Militer dan Kekua­sa­an. Yogyakarta: Narasi.


Full Text: PDF

The Journal is published by The Institute of Research & Community Outreach - Petra Christian University. It available online supported by Directorate General of Higher Education - Ministry of National Education - Republic of Indonesia.

©All right reserved 2016.Nirmana, ISSN: 0215-0905

web stats
View My Stats




Copyright © Research Center Web-Dev Team