Tinjauan Ikonografi dan Ikonologi Ilustrasi Kemasan Produk Seduh Teh Cap Botol
:
https://doi.org/10.9744/nirmana.16.1.50-63Keywords:
Tema, konsep, makna, ilustrasi kemasan Teh Cap BotolAbstract
Periode 1940-an telah menjadi saksi kemunculan produk-produk teh seduh di Pulau Jawa. Salah satu produk yang lahir kala itu dan masih kuat eksistensinya hingga kini ialah “Teh Cap Botol”. Sebagai salah satu produk teh seduh yang telah lebih dari lima dasawarsa hadir di Indonesia, ilustrasi pada kemasannya menjadi menarik untuk dikaji. Hal ini disebabkan oleh karena ilustrasi pada kemasan produk Teh Cap Botol sebagai identitas bagi produk itu sendiri. Ilustrasi kemasannya tak lekang oleh waktu dan telah menjadi ciri khas bagi produk Teh Cap Botol di mata konsumennya. Demikian yang menjadi latar belakang dalam penelitian ini ialah pencarian makna atas dasar tema dan konsep di balik ilustrasi kemasan Teh Cap Botol. Tinjauan dalam penelitian ini bersifat sejarah dengan menggunakan teori ikonografi dan ikonologi Erwin Panofsky. Tinjauan ikonografi menekankan kepada tema dan konsep yang terlampir pada ilustrasi Teh Cap Botol. Sedangkan interpretasi ikonologi sebagai hasil akhir pencarian makna di balik ilustrasi kemasan Teh Cap Botol.
References
Adityawan, Arief. 1999. Tinjauan Desain Dari Revolusi Industri Hingga Posmoderen. Jakarta: UPT Penerbitan Universitas Tarumanegara.
Berger, Arthur Asa. 2010. TandaTanda Dalam Kebudayaan Kontemporer, Suatu Pengantar Semiotika. Yogyakarta: Tiara Wacana.
Burhan, M. Agus. 2008. Perkembangan Seni Lukis Mooi Indie Sampai Persagi di Batavia, 19001942. Jakarta: Galeri Nasional Indonesia.
Burhan, M. Agus. 2015. Lukisan Ivan Sagita "Makasih Kollwitz" (2005) Dalam Sejarah Seni Lukis Modern Indonesia: Tinjauan Ikonografi dan Ikonologi. Jurnal Panggung, 25, (1), 115.
Feldman, Edmund Burke. 1967. Art as Image and Idea. New Jersey: Prentice Hall, Inc.
http://kedaibarangantik.blo8uazsgspot.co.id, diakses 20 Desember 2015.
http://www.galeriteh.com, diakses 14 Desember 2015.
http://www.tehcapbotol.com/sejarahbisnis.php, diakses 14 Desember 2015.
Klimchuk, Marianne Rosner & Sandara A. Krasovec. 2011. Desain Kemasan: Perencanaan Merek Produk yang Berhasil Mulai dari Konsep Sampai Penjualan. Jakarta: Erlangga.
Nanda, Giftanina. 2011. Representasi Perkembangan Artefak Grafis di Indonesia. Tesis Magister pada PPS ISI Yogyakarta.
Panofsky, Erwin. 1955. Meaning in The Visual Arts. New York: Doubleday Anchor Books, Doubleday & Company, Inc.
Riyanto, Bedjo. 2005. Gaya Indies: Gaya Desain Grafis Indonesia Tempo Doeloe. Jurnal Nirmana, 7, (2), 134143.
Riyanto, Bedjo. 2007. Mempermainkan Realitas Dalam Realitas MainMain: Wong Cilik Dalam Ruang Imajiner Iklan, dalam Budi Susanto, S.J (ed.). 2007. Identitas dan Postkolonialitas Di Indonesia. Yogyakarta: Penerbit Kanisius.
Rustan, Surianto. 2009. Layout: Dasar dan Penerapannya. Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama.
Soekiman, Djoko. 2000. Kebudayaan Indis. Yogyakarta: Bentang.
Somantri, Ratna. 2014. The Story in A Cup of Tea: Secangkir Kisah Pecinta Teh. Jakarta: Trans Media Pustaka.
Stockdale, John Joseph. 2010. Eksotisme jawa, Eksotisme Sejarah Pulau Jawa: Ragam Kehidupan dan Kebudayaan Masyarakat Jawa 17681806. Yogyakarta: Progresif Book.
Subakti, Bakti. 1993. Reka Reklame: Sejarah Periklanan Indonesia Peridoe 17741984. Yogyakarta: Galangpress.
Suprihatin, Christina. 2008. Maskulinitas Dan Bunga Dalam Karya R.M. Noto Soeroto. Jurnal Wacana: Jurnal Ilmu Pengetahuan Budaya, 10, (1), 2639.
Susanto, A.B. & Wijarnako, Himawan. 2004. Power Branding: Membangun Merek Unggul dan Organisasi Pendukungnya. Jakarta: Quantum Bisnis & Manajemen.
Toer, Pramoedya Ananta. 1994. Cerita Dari Blora. Jakarta: Hasta Mitra.
Toer, Pramoedya Ananta. 2001. Percikan Revolusi Subuh. Jakarta: Hasta Mitra.
Zuliati. 2014. Ikonografi Karya Sudjojono "Di Depan Kelamboe Terboeka". Journal of Urban Society's Arts, 14, (1), 116.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
- Jurnal Desain Komunikasi Visual Nirmana has the right of first publication while the author(s) retains copyright and the right to share and redistribute the work under a Creative Commons Attribution License. This license allows others to freely share and adapt the work, provided that they acknowledge the work's authorship and its initial publication in this journal.
- Upon publication, the author(s) agrees to the journal's terms of non-exclusive distribution, allowing the published version of the work to be used in other contexts (e.g., institutional repository or a book), with an acknowledgment of its initial publication in Jurnal Desain Komunikasi Visual Nirmana.
- The author(s) is also aware of the responsibility to obtain permission for the use of any copyrighted material from third parties as required by the journal.