DOI: https://doi.org/10.9744/nirmana.17.2.78-86

Reartikulasi Makna Citra Yesus: Analisis Visual “Yesus Naik Harley Davidson”

P. Benny Setyawan, Listia Natadjaja

Abstract


Dalam  perspektif  agama  Kristen,  paling  tidak  pada  beberapa  dekade  masa  terakhir  ini,  muncul  seni visual citra Yesus “yang baru”. Jika pada masa pertengahan Yesus sering dicitrakan sebagai sosok dan figur  yang  sederhana,  pada  seni  visual  yang  baru  atas  citra  Yesus  ini,  Dia  ditampilkan  lebih  stylish. Artikel  ini  akan  memfokuskan  analisis  pada  seni  visual  citra  Yesus  yang  digambarkan  sedang mengendarai Harley Davidson. Citra Yesus kontemporer melalui seni visual, yang menggambarkan Dia sedang mengendarai motor Harley Davidson, seakan-akan hendak meneguhkan manusia yang hidup di abad modern ini, bahwa kehidupan dalam ruang dan dimensi apapun dapat dinikmati dan memberikan kebahagiaan.  Citra  Yesus  dengan  mengendarai  Harley  Davidson  secara  implisit  dan  eksplisit  telah menenggelamkan Yesus tidak lagi memiliki citra sebagai Putera Allah, tetapi meletakkan Yesus seperti kita, manusia yang “imago dei”, hanya pada tataran “mirip dengan Tuhan”. Ketika kemudian citra Yesus dipergunakan untuk kepentingan yang bersifat politis maka akan menimbulkan reartikulasi makna yang paradoks dan ironik.

Keywords


Reartikulasi, Citra, Seni Visual, Estetika, Citra Yesus.

Full Text:

PDF

References


Panofsky, Erwin. 1939. Studies in Iconology: Humanistic Themes In the Art of the Renaissance. Oxford: Oxford University Press. Hal. 3.




DOI: https://doi.org/10.9744/nirmana.17.2.78-86



The Journal is published by The Institute of Research & Community Outreach - Petra Christian University. It available online supported by Directorate General of Higher Education - Ministry of National Education - Republic of Indonesia.

©All right reserved 2016.Nirmana, ISSN: 0215-0905

web stats
View My Stats