DOI: https://doi.org/10.9744/nirmana.17.2.87-95

Kajian Partisipasi Masyarakat dalam Kegiatan Mural (Studi Kasus: Mural Dinding Sekolah TK YBPK Sekar Indah Malang)

Anang Tri Wahyudi, Listia Natadjaja, Obed Bima Wicandra, Heru Dwi Waluyanto

Abstract


Karya  mural  kini  sudah  mulai  banyak  diminati  oleh  semua  kalangan,  mural  tidak  hanya  di  dinding- dinding  pinggir  jalan  raya,  tetapi  mulai  merambah  di  dinding  sekolah,  café,  perkantoran,  rumah,  dan ruang privat. Tingkat apresiasi, keinginan dan permintaan masyarakat terhadap mural semakin tinggi, tetapi  partisipasi  masyarakat  dalam  pembuatan  mural  secara  langsung  banyak  terkandala  berbagai alasan. Hal ini terjadi pada beberapa kegiatan mural yang dilakukan oleh para dosen DKV UK Petra dan salah satunya penulis mencoba mengangkat kegiatan mural yang dilakukan di TK YBPK Sekar Indah Malang. Penelitian ini mencoba menggali sejauh mana  masyarakat dapat berpatisipasi dalam kegiatan mural.  Untuk  mengetahui alasan dan interpretasi  masyarakat  terhadap  fenomena kehadiran mural di dalam  lingkungan  mereka,  maka  digunakan  pendekatan  paradigma  fenomenologis  interpretatif,  yaitu suatu pendekatan yang  berorientasi kepada nilai  subjektivitas  dari informan  sebagai  masyarakat yang mengikuti pelatihan mural di Gereja GKJW Tunjung Sekar. Mayarakat tidak serta-merta mau terlibat dalam  kegiatan  mural.  Perlu  peran  serta  panitia  setempat  untuk  lebih  aktif  mengajak  masyarakat sekitar untuk terlibat. Sedangkan dari pihak dosen DKV UK Petra dapat memberikan peluang lebih agar masyarakat berani untuk menuangkan karya mereka di dinding. Masyarakat merasa senang mengenal mural lebih dekat, mereka ingin belajar bisa membuat mural, tetapi kepercayaan diri dan perasaan tidak memiliki  kemampuan  menggambar  masih  menjadi  kendala  utama.  Perlu  dipertimbangkan  lagi  untuk membuat  suatu  kontrak  kerja  agar  tercipta  persepsi  yang  sama  antara  panitia,  dosen  DKV  dan masyarakat

Keywords


Mural, partisipasi, masyarakat

Full Text:

PDF

References


Chotib, Sjahidul Haq, 2012, Kajian Seni Mural/Graffity sebagai media informasi dan sosiali- sasi program sekolah yang peduli dan ber- wawasan lingkungan, Madinah, 8(2), 111.

Moleong, J., Lexi, 2011, Metodologi Penelitian Kua- litatif, Bandung, PT. Remaja Rosdakarya.

Retrieved from http://archive.ivaa-online.org/ (IVAA, 2012, Proyek Mural Kota” Sama- sama”, 2016)

Syamsiar, Cia, 2009, Bentuk dan Strategi Perupa- an Mural di Ruang Publik, Brikolase, 1(1), 34- 35.

Susantyo, Badrun, 2007, Partisipasi Masyarakat Dalam Pembangunan Di Pedesaan, Telaah Atas Tulisan David C. Korten, Informasi, 12(03), 16

Tiada Ruang, 2016. (hasil wawancara dengan Obed Bima Wicandra selaku penggiat komu- nitas Tiada Ruang)

Wicandra, Obed Bima, 2005, Berkomunikasi Secara Visual Melalui Mural di Djogjakarta, Nirmana, 7(2), 129.

Yusuf, Asep Warlan, 2014, Partisipasi masyarakat dalam pembangunan kota yang berkelanjut- an dan berkeadilan, Administrasi Publik, 11(2), 58.




DOI: https://doi.org/10.9744/nirmana.17.2.87-95



The Journal is published by The Institute of Research & Community Outreach - Petra Christian University. It available online supported by Directorate General of Higher Education - Ministry of National Education - Republic of Indonesia.

©All right reserved 2016.Nirmana, ISSN: 0215-0905

web stats
View My Stats