Pengenalan Tokoh Wayang dalam Cerita Ramayana dengan Menggunakan Media Board Game untuk Masyarakat

Authors

  • D.M Teddy Dwistyawan Program Studi Desain Komunikasi Visual, Fakultas Teknologi Informasi Universitas Kristen Satya Wacana, Salatiga
  • T. Arie Setiawan Program Studi Desain Komunikasi Visual, Fakultas Teknologi Informasi Universitas Kristen Satya Wacana, Salatiga

:

https://doi.org/10.9744/nirmana.17.2.102-109

Keywords:

Wayang, Ramayana, Board game, Artwork, Gameplay, Dalang

Abstract

Indonesia  adalah  negara  yang  memiliki  berbagai  macam  Kebudayaan  dan  Kesenian.  Dari  bermacam kebudayaan dan kesenian yang ada, Indonesia juga memiliki berbagai macam Cerita Rakyat. Contohnya di Pulau Jawa. Masyarakat Jawa sendiri menggunakan sebuah media untuk menceritakan sebuah cerita rakyat. Media ini disebut  dengan Wayang. Wayang adalah salah satu budaya yang  berasal dari Pulau Jawa.  Beberapa  wilayah  disekitar  Pulau  Jawa  memiliki  berbagai  jenis  Wayang.  Contohnya  seperti Wayang  Kulit,  Wayang  Golek  dan  Wayang  Orang.  Wayang  Golek  dan  Wayang  Kulit  dimainkan  oleh seorang Dalang kecuali Wayang Orang yang dimainkan oleh aktor dan artis. Wayang digunakan Dalang sebagai media  dari cerita yang dilantunkan. Cerita yang dimainkan  biasanya cerita rakyat.  Contohnya seperti  cerita  rakyat  Jawa  Tengah  seperti  Ramayana.  Karakter  dari  cerita  Ramayana  banyak  ditemui didaerah  tertentu  seperti  Rama,  Shinta,  Anoman,  Rahwana  dan  lainnya  sesuai  cerita  tersebut. Permasalahan  yang  timbul  dari  hal  ini  yakni  kurang  mengertinya  masyarakat  akan  cerita  rakyat Ramayana dan kurangnya ketertarikan masyarakat untuk menonton seni wayang tersebut. Banyak juga masyarakat Jawa yang tidak mengerti cerita tersebut. Boardgame merupakan sarana yang dapat diguna- kan  masyarakat  untuk  memahami  cerita  dan  karakter  dalam  cerita  Ramayana  serta  menarik  minat masyarakat  terhadap  Budaya  Wayang.  Dengan  menggunakan  Artwork  dan  Gameplay  yang  dirancang sedemikian rupa untuk menarik perhatian dan minat masyarakat.

References

Koster, R. 2014. A Theory of Fun for Game Design. Sebastopol, O’Reilly Media.

Salen, K., & Zimmerman, E. 2010. Rules of Play: Game Design Fudamentals. Cambridge, MIT Press.

Selinker, M. 2011. The Kobold Guide to Board Game Design. Kirkland, Wolfgang Baur.

Sunardi, D.M. 1982. Arjuna Sasrabahu. Jakarta: PN Balai Pustaka.

Manikmaya. 2015. Glosarium 51 Game Mekanik dalam Tabletop Game. http://manikmaya. com/blog/glosarium-game-mekanik-dalam- tabletop-game (Diakses tanggal 15 April 2018).

Nusantara, Dan Besta.2012. Perancangan Board game Sebagai Media Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam untuk Anak SD Kelas 1. Surabaya: Fakultas Teknik Sipil dan Peren- canaan Institut Teknologi Sepuluh Novem- ber.

Ruangmuda. 2018. Pengaruh Generasi Milenial dalam Teknologi, Pendidikan, dan Kewira- usahaan di Indonesia. http://ruangmuda. com/pengaruh-generasi-milenial-dalam-tekno- logi-pendidikan-dan-kewirausahaan-di-indo- nesia/ (Diakses tanggal 15 April 2018).

Aroengbinang. 2018. Sendratari Ramayana Pram- banan. http://www.thearoebinangproject.com/ sendratari-ramayana/. (Diakses tanggal 15 April 2018).

Istianto, T. (2013). Perancangan Board Game tentang Bercocok Tanam di Rumah. Jurnal DKV Adiwarna 1(2).

Maryan, E. A. (2011). Perancangan Permainan se- bagai Alat Bantu Pembelajaran Karakter Wira- usaha Pada Mata Kuliah Kewirausahaan.

Vaganza. 2015. “51 Mekanik yang Kerap Di- gunakan dalam Tabeltop Game”. Dalam http://boardgame.id/51-game-mekanik-yang- kerap-digunakan-dalam-tabletop-game/.

Downloads

Published

2019-02-06

How to Cite

Dwistyawan, D. T., & Setiawan, T. A. (2019). Pengenalan Tokoh Wayang dalam Cerita Ramayana dengan Menggunakan Media Board Game untuk Masyarakat. Jurnal Desain Komunikasi Visual Nirmana, 17(2), 102-109. https://doi.org/10.9744/nirmana.17.2.102-109

Issue

Section

Articles