Makna Desain Undangan Pernikahan Kelas Menengah Atas

Authors

  • Apsari Wiba Pamela Jurusan Desain Komunikasi Visual, Fakultas Industri Kreatif, Universitas Telkom

DOI:

https://doi.org/10.9744/nirmana.20.2.80-85

Keywords:

Desain Undangan Pernikahan, Intepretasi Makna, Pernikahan Kelas Menengah Atas

Abstract

Dalam merancang sebuah pesta pernikahan, pengantin dari kalangan kelas menengah atas akan mengutamakan sebuah kepuasan untuk mewujudkan dream wedding. Salah satu wujud dalam membuat pesta pernikahan dapat diamati melalui fenomena kreasi yang diterapkan dalam merancang tampilan visual undangan pernikahan. Desain undangan pernikahan berfungsi lebih dari sekedar penyampaian informasi acara pernikahan melainkan sebagai bentuk untuk mengekspresikan rasa bahagia sehingga tampilan visual menjadi hal yang dianggap penting pada proses perancangan. Dalam setiap elemen desain undangan pernikahan diyakini memiliki simbol mengenai status ekonomi, hierarki dalam kehidupan sosial serta kepercayaan yang berhubungan dengan kebudayaan dan juga keagamaan. Penelitian ini mengitepretasikan sebuah makna denotatif, konotatif dan mitos dibalik desain undangan pernikahan kelas menengah atas dengan metode kualitatif menggunakan teori semiotika Roland Barthes. Penelitian ini menggunakan sampel desain undangan pernikahan yang merupakan sebuah studio desain yang merepresentasikan undangan pernikahan kalangan menengah atas. Pada penelitian ini ditemukan desain yang bergaya elegan dan modern dari undangan pernikahan kelas menengah atas yang menunjukan simbol status sosial yang bersifat duniawi namun juga menunjukan simbol kepercayaan yang bersifat agama dan budaya.

References

Aprimadhany, N. T. 2010. Skripsi, Wedding Center di Yogyakarta. Universitas Arma Jaya Yogyakarta.

Fransiska R. 2004. Thesis, Desain Undangan Pernikahan (Studi Kasus: Undangan Pernikahan Masyarakat Batak Toba dan Tionghoa di Kota Bandung Tahun 2002-2004). Intitut Teknologi Bandung.

Pribadi, S. S. 2010. Tugas Akhir, Pengaruh Warna Pada Kebudayaan Masyarakat Tionghoa. Universitas Sebelas Maret Surakarta.

Downloads

Published

2022-01-13

Issue

Section

Articles