Analisis pada Pembuatan Strategi Media Sosial Instagram untuk Meningkatkan Brand Activation pada Brand Freshchubs
DOI:
https://doi.org/10.9744/nirmana.24.1.33-40Keywords:
aktivasi brand, Instagram, strategi brand, strategi digital marketingAbstract
Instagram merupakan platform media sosial yang tidak hanya untuk membagikan momen, namun juga mulai bergerak untuk bisnis. Hal ini dimanfaatkan oleh brand lokal maupun internasional untuk berlomba-lomba menjual dan mempromosikan brand mereka melalui media sosial Instagram. Banyaknya kompetitor yang ada, sebuah brand harus aktif untuk dapat dikenal dan diingat oleh masyarakat. Tidak hanya diukur dari jumlah pengikut, aktifnya brand juga diukur dengan engagement atau interaksi yang dihasilkan. Penelitian ini akan membahas mengenai strategi apa yang dibuat oleh sebuah brand lokal, Freshchubs, untuk membangun interaksi dengan audiens, namun tetap menyesuaikan dengan identitas brand-nya dan target audiensnya di tengah persaingan brand yang ada. Penelitian ini dilakukan bertujuan untuk mengetahui seberapa efektif strategi yang dibuat berdasarkan strategi digital marketing.
References
_____. (2021). Mengapa Instagram Bisnis Merupakan Platform Media Sosial yang Penting untuk Marketing. Retrieved from business.bridestory.com. https://business.bridestory.com/blog/mengapa-instagram-merupakan-platform-media-sosial-yang-penting-untuk-marketing
Ahlgren, M. (2022, Mei 12). 40 + Statistik & Fakta Instagram untuk 2022. Retrieved Mei 20,2022, from https://www.websiterating.com/id/research/in stagram-statistics/
Arikunto, S. (2019). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.
Chaffey, D., & Bosomworth, D. (2013). Digital Marketing Strategy. Retrieved from AcademiaEdu. https://www.academia.edu/6948833/Digital_ marketing_strategy_Plan_Reach_Act_Conve rt_Engage_Introduction
Gamble, S. (2016). Visual Content Marketing Leveraging Infographics, Video, And Interactive Media To Attract And Engage Customers. Canada: Willey.
Mahdi, M. I. (2022, Februari 4). Whatsapp Menjadi Media Sosial Terfavorit di Dunia. Retrieved Mei 18, 2022, from https://dataindonesia.id/digital/detail/whatsapp-j adi-media-sosial-terfavorit-di-dunia
Rastati, R. (2018). Media Literasi bagi Digital Natives: Perspektif Generasi Z di Jakarta. Jurnal Kwangsan, 6(1), 63–64. https://doi.org/10.31800/jtp.kw.v6n1.p43--57
Sukmadinata, S.N. (2005) Metode Penelitian Pendidikan. Cet. I. Bandung : Remaja Rosadakarya.
Suryabrata, S. (2011). Metodologi Penelitian, Cet. III. Jakarta: Raja Grafindo Persada, 11.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Gabriella Joseline Widyasayogo, Cindy Muljosumarto
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
- Jurnal Desain Komunikasi Visual Nirmana has the right of first publication while the author(s) retains copyright and the right to share and redistribute the work under a Creative Commons Attribution License. This license allows others to freely share and adapt the work, provided that they acknowledge the work's authorship and its initial publication in this journal.
- Upon publication, the author(s) agrees to the journal's terms of non-exclusive distribution, allowing the published version of the work to be used in other contexts (e.g., institutional repository or a book), with an acknowledgment of its initial publication in Jurnal Desain Komunikasi Visual Nirmana.
- The author(s) is also aware of the responsibility to obtain permission for the use of any copyrighted material from third parties as required by the journal.