Analisis pada Pembuatan Strategi Media Sosial Instagram untuk Meningkatkan Brand Activation pada Brand Freshchubs

Authors

  • Gabriella Joseline Widyasayogo Petra Christian University
  • Cindy Muljosumarto Petra Christian University

DOI:

https://doi.org/10.9744/nirmana.24.1.33-40

Keywords:

aktivasi brand, Instagram, strategi brand, strategi digital marketing

Abstract

Instagram merupakan platform media sosial yang tidak hanya untuk membagikan momen, namun juga mulai bergerak untuk bisnis. Hal ini dimanfaatkan oleh brand lokal maupun internasional untuk berlomba-lomba menjual dan mempromosikan brand mereka melalui media sosial Instagram. Banyaknya kompetitor yang ada, sebuah brand harus aktif untuk dapat dikenal dan diingat oleh masyarakat. Tidak hanya diukur dari jumlah pengikut, aktifnya brand juga diukur dengan engagement atau interaksi yang dihasilkan. Penelitian ini akan membahas mengenai strategi apa yang dibuat oleh sebuah brand lokal, Freshchubs, untuk membangun interaksi dengan audiens, namun tetap menyesuaikan dengan identitas brand-nya dan target audiensnya di tengah persaingan brand yang ada. Penelitian ini dilakukan bertujuan untuk mengetahui seberapa efektif strategi yang dibuat berdasarkan strategi digital marketing.

Author Biography

Cindy Muljosumarto, Petra Christian University

SINTA ID: 6000047, GS ID: wdBlE4gAAAAJ&hl

References

_____. (2021). Mengapa Instagram Bisnis Merupakan Platform Media Sosial yang Penting untuk Marketing. Retrieved from business.bridestory.com. https://business.bridestory.com/blog/mengapa-instagram-merupakan-platform-media-sosial-yang-penting-untuk-marketing

Ahlgren, M. (2022, Mei 12). 40 + Statistik & Fakta Instagram untuk 2022. Retrieved Mei 20,2022, from https://www.websiterating.com/id/research/in stagram-statistics/

Arikunto, S. (2019). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

Chaffey, D., & Bosomworth, D. (2013). Digital Marketing Strategy. Retrieved from AcademiaEdu. https://www.academia.edu/6948833/Digital_ marketing_strategy_Plan_Reach_Act_Conve rt_Engage_Introduction

Gamble, S. (2016). Visual Content Marketing Leveraging Infographics, Video, And Interactive Media To Attract And Engage Customers. Canada: Willey.

Mahdi, M. I. (2022, Februari 4). Whatsapp Menjadi Media Sosial Terfavorit di Dunia. Retrieved Mei 18, 2022, from https://dataindonesia.id/digital/detail/whatsapp-j adi-media-sosial-terfavorit-di-dunia

Rastati, R. (2018). Media Literasi bagi Digital Natives: Perspektif Generasi Z di Jakarta. Jurnal Kwangsan, 6(1), 63–64. https://doi.org/10.31800/jtp.kw.v6n1.p43--57

Sukmadinata, S.N. (2005) Metode Penelitian Pendidikan. Cet. I. Bandung : Remaja Rosadakarya.

Suryabrata, S. (2011). Metodologi Penelitian, Cet. III. Jakarta: Raja Grafindo Persada, 11.

Downloads

Published

2024-01-29

How to Cite

Widyasayogo, G. J., & Muljosumarto, C. (2024). Analisis pada Pembuatan Strategi Media Sosial Instagram untuk Meningkatkan Brand Activation pada Brand Freshchubs. Jurnal Desain Komunikasi Visual Nirmana, 24(1), 33–40. https://doi.org/10.9744/nirmana.24.1.33-40