Penerapan Design Thinking pada Perancangan Fitur Fleet Management dalam Website Transportation Management System Waresix
:
https://doi.org/10.9744/nirmana.23.2.113-122Keywords:
desain produk, design thinking, Transportation Management System, Fleet Management, WaresixAbstract
Indonesia sebagai negara kepulauan memiliki pulau sebanyak 17.504 pulau, dan perairan laut yang luasnya 71% dari keseluruhan wilayah Indonesia. Hal ini menimbulkan masalah bagi rantai pasokan Indonesia karena terkendala pada transportasi dan biaya logistik yang besar. Berangkat dari permasalahan tersebut, Waresix hadir untuk membantu meringankan biaya logistik yang efisien secara end-to-end. Waresix merupakan sebuah perusahaan startup di bidang teknologi logistik yang menyediakan solusi penyimpanan end-to-end yaitu mencakup transportasi hingga kebutuhan pergudangan. Saat ini Waresix sedang melakukan pengembangan produk bernama Transportation Management System (TMS) versi ketiga untuk memperbaiki kekurangan dari versi sebelumnya. Pada penelitian ini, salah satu fitur TMS yang akan dibahas adalah Fleet Management yang berfungsi untuk mengelola truk dan driver milik vendor. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana perbandingan teori design thinking dengan penerapannya selama mengerjakan fitur tersebut. Metode yang digunakan untuk melakukan penelitian ini adalah metode kualitatif komparasi dengan pendekatan kualitatif, serta menggunakan metode 5W+1H untuk menganalisis data. Hasil dari penelitian ini adalah teori design thinking diterapkan selama pengerjaan fitur Fleet Management. Walaupun ada beberapa hal yang tidak dilakukan dalam tahapannya, tetapi tidak sampai mengganggu proses dari design thinking itu sendiri.
References
Andina, Y. (2020, February 29). Design thinking, skill mencari solusi yang dibutuhkan di zaman sekarang. Retrieved from https://kreativv.com/design-thinking/view-all/
Aprilia, P. (2020, April 23). Mengenal user interface: Pengertian, kegunaan, dan contohnya. Retrieved from https://www.niagahoster.co.id/blog/user-interface/#Apa_itu_User_Interface
Basuki, S. (2006). Metode penelitian. Jakarta: Wedatama Widya Sastra.
Haekal, M. M. (2020, May 2). User Experience (UX): pengertian dan tips penerapannya untuk pemula [Ter¬lengkap]. Retrieved from https://www.niagahoster. co.id/blog/user-experience-adalah/#Apa_Itu_User_Experience
Indriantoro, N., & Supomo, B. (2013). Metodologi penelitian bisnis untuk akuntansi dan manajemen. Yogyakarta: BPFE Yogyakarta.
Interaction Design Foundation. (n.d.). Design thinking. Retrieved from https://www.interaction-design.org/literature/topics/design-thinking
Interaction Design Foundation. (n.d.). What is product design?. Retrieved from https://www.interaction-design.org/literature/topics/product-design
Mauleny, A. T., Alhusain, A. S., Harefa, M., Permana, S. H., Adhi-em, M. A., Sayekti, N. W., Lisnawati, & Firdausy, C. M. (Eds.). (2020). Memajukan logistik Indonesia yang berdaya saing. Jakarta: Yayasan Pustaka Obor Indonesia.
Pregiwati, L.A. (2019, August 15). Laut masa depan bangsa, mari jaga bersama. Retrieved from https://kkp.go.id/artikel/12993-laut-masa-depan-bangsa-mari
Sugiyono. (2006). Metode penelitian kuantitatif, kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Vizard, L. (2020, January 20). Getting started with design systems - part 1. Retrieved from https://xd.adobe.com/ ide-as/principles/design-systems/introduction-to-design-systems/
Yamashita, Y. (2021, April 21). Introducing FigJam. Retrieved from https://www.figma.com/blog/introducing-figjam/
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
- Jurnal Desain Komunikasi Visual Nirmana has the right of first publication while the author(s) retains copyright and the right to share and redistribute the work under a Creative Commons Attribution License. This license allows others to freely share and adapt the work, provided that they acknowledge the work's authorship and its initial publication in this journal.
- Upon publication, the author(s) agrees to the journal's terms of non-exclusive distribution, allowing the published version of the work to be used in other contexts (e.g., institutional repository or a book), with an acknowledgment of its initial publication in Jurnal Desain Komunikasi Visual Nirmana.
- The author(s) is also aware of the responsibility to obtain permission for the use of any copyrighted material from third parties as required by the journal.