Pembuatan Pola dan Purwarupa Digital Menggunakan CLO 3D sebagai Langkah Berkelanjutan dalam Industri Fashion
:
https://doi.org/10.9744/nirmana.24.2.103-113
Keywords:
pembuatan pola jahit digital, purwarupa instan, berkelanjutanAbstract
Revolusi 4.0 membawa perubahan industri menjadi lebih cepat dan instan, dikarenakan semuanya dilakukan dengan mengandalkan teknologi. Salah satunya adalah industri fashion yang dekat dengan trend, di mana pengusaha dituntut untuk selalu terdepan dan tanggap dalam memenuhi kebutuhan konsumen dengan cepat. Penggunaan perangkat lunak simulasi jahit 3D seperti CLO, memungkinkan pembuatan pola master dilakukan secara virtual tanpa perlu ada penggunaan bahan kain, mengingat fashion sebagai salah satu industri penyumbang limbah kain terbesar. Pola tersebut kemudian disimulasikan pada avatar yang ukurannya dapat disesuaikan setara dengan size grading standar industri yaitu S, M dan L. Bahkan desainer dapat menentukan bentuk desainnya, serta memilih bahan dan warna garmen yang akan dipakai, sehingga langsung bisa didapatkan contoh produknya. Proses instan ini memangkas ‘time to market’ dari produsen ke konsumen atau mempercepat waktu produksi langsung ke tahap penjualan. Dalam penelitian ini alur kerja produksi secara teknis ditunjukkan dengan membahas pembuatan pola dan purwarupa digital desain busana multi-look ‘Vanya’ kolaborasi abdimas dengan proyek tugas akhir strata 1 program Fashion Design dan Tekstil. Tujuan artikel ini adalah sebagai pengenalan edukatif baik bagi bidang usaha maupun akademisi mengenai manfaat teknologi desain 3D terhadap industri fashion yang dapat menjadi alternatif berkelanjutan.
References
Papahristou, E., & Bilalis, N. (2017). Should the fashion industry confront the sustainability challenge with 3D prototyping technology. International Journal of Sustainable Engineering, 10(4-5), 207-214.
Arribas, V., & Alfaro, J. A. (2018). 3D technology in fashion: from concept to consumer. Journal of Fashion Marketing and Management: An International Journal.
Makryniotis, T. (2015). 3D fashion design: Technique, design and visualization. London: Batsford.
Stjepanovič, Zoran, Pilar, T., Rudolf, A., & Jevšnik, S. (2012). 3D virtual prototyping of clothing products. Innovations in clothing technology & measurement techniques, 28-41.
Choi, K.H. (2022). 3D dynamic fashion design development using digital technology and its potential in online platforms. Fash Text 9, 9.
Lee, E., & Park, H. (2017). 3D Virtual fit simulation technology: strengths and areas of improvement for increased industry adoption. International Journal of Fashion Design, Technology and Education, 10(1), 59-70.
Damayanti, N. A., & Chusen, T. M. (2020). Teknik dasar baju wanita. In N. A. Damayanti, & T. M. Chusen, Pintar Menjahit Lengkap Busana Anak & Wanita (pp. 60-74). Jakarta: Kriya Pustaka.
McQuillan, H. (2020). Digital 3D design as a tool for augmenting zero-waste fashion design practice. International Journal of Fashion Design, Technology and Education, 13(1), 89-100.
Purnawirawan, O., Muhdlor., Carina, A., & Fajarwati, M, R. (2023). Implementasi kain batik pada desain virtual reality fashion tiga dimensi. Prosiding Seminar Nasional Industri Kerajinan dan Batik, 4(1), C.05 1-12. Retrieved from https://proceeding.batik.go.id/index.php/SNBK/article/view/157
Hartanto, S. (2020, March). Pangkalan data 3D sebagai metode digital desain produk fesyen pakaian wanita. Seminar Nasional Manajemen, Desain dan Aplikasi Bisnis Teknologi, 3, pp. 41-46.
Hartanto, S., & Wiryanto, I. E. (2020). Digitalisasi pola pakaian melalui CLO3D (Kokreasi Bersama LPK Nadya Jaya & Brand Pakaian Lovadova). Jurnal PKM, 301-306.
Hartanto, S. (2020). CLO3D sebagai alat bantu R&D produk fesyen setelah pandemi. ICADECS (pp. 128-135). Malang: Universitas Negeri Malang.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Luri Renaningtyas, Purnama E. D. Tedjokoesoemo, Viona Krisentia
![Creative Commons License](http://i.creativecommons.org/l/by/4.0/88x31.png)
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
- Jurnal Desain Komunikasi Visual Nirmana has the right of first publication while the author(s) retains copyright and the right to share and redistribute the work under a Creative Commons Attribution License. This license allows others to freely share and adapt the work, provided that they acknowledge the work's authorship and its initial publication in this journal.
- Upon publication, the author(s) agrees to the journal's terms of non-exclusive distribution, allowing the published version of the work to be used in other contexts (e.g., institutional repository or a book), with an acknowledgment of its initial publication in Jurnal Desain Komunikasi Visual Nirmana.
- The author(s) is also aware of the responsibility to obtain permission for the use of any copyrighted material from third parties as required by the journal.