MENGINTERPRETASI SECARA PRODUKTIF

Authors

  • M. Dwi Marianto Dosen Institut Seni Indonesia Yogyakarta

:

https://doi.org/10.9744/nirmana.4.1.

Abstract

This article composes of adaptations of%2C and quotations of%2C several writings on meaning and text of Ferdinand de Saussure%2C Stuart Hall%2C Paul Ricoeur%2C and a number of practical ways of interpreting as written by Terry Barrett%2C as well as on physical characteristics of creatures for survival by Peter Forbes. Nevertheless%2C the core subject of this article is about a text which is autonomous. A text can be a work of art / design / craft and any work of art. The meaning of a text never be static%2C fixed and frozen%2C it always changes%2C depends on the way it is seen. Therefore%2C it can be said that interpreting is not merely reproductive%2C more than it is productive. The purpose of this article is to emphasize the significant points in interpreting and giving meaning onto a work of art/ design / craft as suggested by the aforementioned scholars. The practical intention is to enlighten and empower readers%2C especially those who want to interpret work of art / design / craft productively%2C creatively and imaginatively.
Abstract in Bahasa Indonesia :

Artikel ini disusun dari beberapa tulisan saduran atas%2C dan petikan dari%2C beberapa tulisan tentang makna dan teks dari Ferdinand de Saussure%2C Stuart Hall%2C Paul Ricoeur%2C beberapa cara praktis menginterpretasi yang ditulis oleh Terry Barrett%2C serta tentang karakterristik fisikal dari makhluk hidup yang berfungsi untuk survival dari Peter Forbes. Namun pokok pembicaraan utama adalah mengenai teks itu sifatnya otonom. Teks itu bisa karya seni/desain/kriya dan lain-lain. Makna sebuah teks tidak pernah baku dan beku%2C selalu bergerak%2C dan sangat bergantung pada bagaimana ia dipandang. Makanya%2C dapat dikatakan%2C bahwa dalam menginterpretasi si pembaca/pemirsa tidak cuma mereproduksi%2C melainkan juga dapat memproduksi makna. Menginterpretasi oleh karenanya sama dengan merepresentasi%2C bisa dilakukan secara kreatif dan produktif. Maksud tulisan ini adalah menggarisbawahi butir-butir untuk menginterpretasi dan memaknai karya seni / desain / kriya dari penulis-penulis tersebut. Tujuan praktisnya adalah untuk mencerahkan dan memberdayakan pembaca-pembaca%2C khususnya bagi mereka yang ingin menginterpretasi karya seni / desain / kriya secara lebih produktif%2C kreatif%2C dan imaginatif. interpretation%2C interpreting productively.

Published

2004-08-18

How to Cite

Dwi Marianto, M. (2004). MENGINTERPRETASI SECARA PRODUKTIF. Jurnal Desain Komunikasi Visual Nirmana, 4(1). https://doi.org/10.9744/nirmana.4.1.