EFEK SEDUKTIF-REDUNDANSI DESAIN PESAN MULTIMEDIA

Authors

  • Moeljadi Pranata Dosen Desain Komunikasi Visual Universitas Negeri Malang dan Dosen Desain Komunikasi Visual Fakultas Seni dan Desain Universitas Kristen Petra

:

https://doi.org/10.9744/nirmana.5.1.

Abstract

Multimedia%2C dual-modality instructions are beneficial only under some%2C well-defined%2C circumstances and have negative consequences under other circumstances. This article analyse the cognitive consequences of adding seductive elements involving scientific explanation. In conclusion%2C when giving a multimedia explanation%2C use few rather than many extraneous words and pictures. The most straightforward practical implication is that instructional software designers should carefully limit the amount of auditory/visual elements for reasons of appeal or entertainment.
Abstract in Bahasa Indonesia :

Multimedia%2C instruksi-instruksi dual-modalitas%2C bisa menguntungkan hanya di bawah keadaan-keadaan yang ditentukan dengan baik dan memiliki konsekuensi-konsekuensi negatif di bawah keadaan-keadaan lain. Artikel ini mengkaji konsekuensi-konsekuensi kognitif dari penambahan elemen-elemen seduktif pada penjelasan ilmiah. Disimpulkan%2C saat memberikan penjelasan multimedia%2C gunakanlah lebih sedikit (daripada banyak) kata-kata dan gambar-gambar yang tidak ada hubungannya. Implikasi praktikal dari ide tulisan ini ialah desainer-desainer software instruksional seharusnya secara hati-hati membatasi jumlah materi auditori/visual dalam pendesainan multimedia daripada menambah materi-materi tersebut untuk alasan-alasan daya tarik atau entertainment. multimedia%2C instructional%2C seductive%2C redundancy.

Published

2004-08-19

How to Cite

Pranata, M. (2004). EFEK SEDUKTIF-REDUNDANSI DESAIN PESAN MULTIMEDIA. Jurnal Desain Komunikasi Visual Nirmana, 5(1). https://doi.org/10.9744/nirmana.5.1.