INTERPRETASI KONSEP KREATIVITAS ANTARA AKADEMISI DAN PRAKTISI DESAIN KOMUNIKASI VISUAL PADA KUALITAS KARYA KREATIF PEMENANG CITRA PARIWARA KATEGORI PRINT AD (2003-2006)

Authors

  • Alex Waloeyo Jurusan Desain Komunikasi Visual, Fakultas Seni dan Desain, Universitas Kristen Petra Surabaya
  • Yohanes Moeljadi Pranata Jurusan Desain Komunikasi Visual, Universitas Negeri Malang, Jurusan Desain Komunikasi Visual, Fakultas Seni dan Desain, Universitas Kristen Petra Surabaya
  • Ani Wijayanti Suhartono Jurusan Desain Komunikasi Visual, Fakultas Seni dan Desain, Universitas Kristen Petra Surabaya

DOI:

https://doi.org/10.9744/nirmana.9.1.pp.%2038-45

Keywords:

Interpretation, creativity’ concept, Citra Pariwara’s winner works.

Abstract

How far is the difference and the similarity of academicians dan practicioners’s interpretation in difine the advertising creativity’s concept and to appreciate the creative quality of Citra Pariwara’s winner advertisement works print ad category, from 2003 until 2006. An Advertisement work can be categorized for being creative, if it contains the element of novelty, freshness, innovative, original, and can fulfill it’s early destination, which is to rise the product’s sale or even to solve it’s audience’s problem. Abstract in Bahasa Indonesia: Sejauh mana perbedaan dan persamaan interpretasi, antara akademisi dan praktisi Desain Komunikasi Visual, dalam mendefinisikan konsep kreativitas periklanan dan menilai kualitas kreatif karya iklan pemenang Citra Pariwara kategori iklan cetak, mulai tahun 2003-2006. Sebuah karya iklan dapat dikategorikan kreatif jika memiliki unsur kebaruhan (novel), segar, inovatif original, dan mampu memenuhi tujuan awal dibuatnya iklan tersebut, baik untuk meningkatkan penjualan produk maupun untuk memecahkan masalah target audiens-nya. Kata kunci: Interpretasi, konsep kreativitas, iklan cetak pemenang Citra Pariwara.

Downloads

Published

2009-04-29