KARAKTERISTIK VISUAL BUKU PEMBELAJARAN BAHASA MANDARIN-INDONESIA-INGGRIS UNTUK ANAK-ANAK USIA 4-7 TAHUN

Authors

  • Rachel Myrna Nathania Basuki Jurusan Desain Komunikasi Visual, Fakultas Seni dan Desain, Universitas Kristen Petra Surabaya
  • Listia Natadjaja Jurusan Desain Komunikasi Visual, Fakultas Seni dan Desain, Universitas Kristen Petra Surabaya
  • Hen Dian Yudani Jurusan Desain Komunikasi Visual, Fakultas Seni dan Desain, Universitas Kristen Petra Surabaya

:

https://doi.org/10.9744/nirmana.10.1.pp.%2032-36

Keywords:

learning book, language, English, Chinese Mandarin, creativity, children.

Abstract

In globalization, people are required to master languages other than their own mother tongues. Chinese Mandarin is one of foreign languages which often used as a communication tool in the world. Nowadays, it is also included in some Indonesia's education syllabuses. This learning book is made to help children in learning Chinese as a foreign language since their early childhood. The concept of this book is how to create a creative, communicative, and educative learning book for children. Hence, it is proposed to create an easier learning process and to initiate the children into creativity. This book uses two languages, English and Chinese with Bahasa as the teaching language. It also comprises a SWOT analysis method and open interviews with some professionals as supporting information in its design process. The design execution is made by creating some illustrations that are appropriate to children's interests, like people or animals in colorful illustrations, and simple strokes, which hopefully can motivate them to learn. This book design consists of four learning books and one introduction book of numbers, with a range of topics about children, their families, and their daily activities. Abstract in Bahasa Indonesia: Dalam globalisasi, masyarakat dituntut untuk menguasai bahasa lain selain bahasa ibu dan bahasa Inggris. Bahasa Mandarin adalah salah satu bahasa asing yang banyak digunakan sebagai alat komunikasi di dunia. Saat ini, bahasa Mandarin juga mulai banyak disertakan dalam silabus pendidikan di Indonesia. Oleh karena itu perlu dibuat buku pembelajaran untuk membantu anak-anak dalam mempelajari bahasa Mandarin sebagai bahasa asing sejak dini. Konsep buku sangatlah penting untuk membantu anak-anak dalam mempelajari bahasa Mandarin. Selain itu juga bertujuan untuk memudahkan proses belajar dan merangsang anak-anak untuk lebih kreatif. Buku ini dibuat menggunakan dua bahasa, yakni bahasa Inggris dan Mandarin, dengan bahasa pengantar Bahasa Indonesia. Dalam pembuatan buku pembelajaran bahasa Mandarin menggunakan metode analisa SWOT (Strengh, Weekness, Opportunity, and Threat) dan wawancara terbuka terhadap beberapa orang sebagai informasi pendukung dalam proses desain buku. Eksekusi desain dibuat dengan menciptakan ilustrasi yang sesuai dengan minat dan kesukaan anak, seperti gambar orang maupun hewan yang diwujudkan dalam gambar-gambar yang penuh warna dan garis-garis yang sederhana, dimana diharapkan dapat memotivasi anak untuk belajar. Setelah melalui proses penelitian, penulis merasa perlu membuat buku pembelajaran. Desain buku yang terdiri dari empat buku pembelajaran dan satu buku pengenalan angka, dengan topik mengenai anak dan keluarganya, serta anak dan aktivitas sehari-harinya. Kata kunci: Buku Pembelajaran, Bahasa, Inggris, Mandarin, Kreatifitas, anak-anak.

Downloads

Published

2010-09-08

How to Cite

Basuki, R. M. N., Natadjaja, L., & Yudani, H. D. (2010). KARAKTERISTIK VISUAL BUKU PEMBELAJARAN BAHASA MANDARIN-INDONESIA-INGGRIS UNTUK ANAK-ANAK USIA 4-7 TAHUN. Jurnal Desain Komunikasi Visual Nirmana, 10(1), pp. 32-36. https://doi.org/10.9744/nirmana.10.1.pp. 32-36