Antara Pengrajin dan Desainer

Authors

  • P. Gogor Bangsa Desain Komunikasi Visual, Fakultas Seni Rupa, Institut Seni Indonesia, Yogyakarta, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.9744/nirmana.17.1.10-15

Keywords:

Metode desain, desain grafis, desainer grafis

Abstract

Dunia desain mengenal beberapa metode desain dalam proses penciptaan karya desain. Metode-metode desain tersebut menjadi acuan cara kerja bagi para desainer. Sebagai contoh pembahasan adalah dalam penciptaan logo yang dilakukan oleh para desainer grafis otodidak di kecamatan Salaman, Magelang, desainer grafis profesional dan korporasi desain grafis dan dalam ranah akademik. Sebagai contoh kasus untuk perbandingan metode tersebut adalah fenomena kontes desain online dan pengerjaan logo dalam branding perusahaan multinasional oleh korporasi desain grafis

References

Amstrong, Helen (ed.) terj., Graphic Design Theory Reading from the Field, Penerbit Andi, 2010, Yogyakarta.

Arifin, Elin Najar, wawancara, 28-29 November 2014.

________, wawancara, 30 September 2015.

Carter, David E., Designing Corporate Identity Programs for Small Corporations, Art Direc¬tion Book, New York, 1985.

Jones, John Chris, Design Methods, Van Nostrand Reinhold, New York, 1992.

Landor and Associates, Pertamina Brand Strategy Recommendations, tidak dipublikasikan, materi presentasi, 2005.

Rustan, Surianto, Mendesain Logo, Gramedia Pus¬taka Utama, 2011, Jakarta.

Wiryawan, Mendiola B., Kamus Brand, Red & White Publishing, Jakarta, 2008.

www.99designs.com

www.entrepreneurs-journey.com

www.youtube.com

Downloads

Published

2018-10-22

How to Cite

Bangsa, P. G. (2018). Antara Pengrajin dan Desainer. Jurnal Desain Komunikasi Visual Nirmana, 17(1), 10–15. https://doi.org/10.9744/nirmana.17.1.10-15