Perancangan Video Iklan Destination Branding Kabupaten Kediri

Authors

  • Hen Dian Yudani Program Studi Desain Komunikasi Visual, Fakultas Seni dan Desain Universitas Kristen Petra Surabaya, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.9744/nirmana.17.1.22-29

Keywords:

Video ilkan, destination branding, pariwisata Kabupaten Kediri

Abstract

Kabupaten Kediri memiliki wilayah yang cukup luas. Kediri memiliki beberapa potensi untuk dijual dan bersaing dengan kota yang lain diantaranya budaya dan pariwisata. Destination branding Kediri dengan tagline “Kediri Lagi” memiliki beberapa media promosi. Setiap media memiliki kesatuan konsep yang baik. Media video merupakan salah satu media yang dirancang untuk promosi Kediri. Perancangan video iklan ini merupakan wujud media yang harus dipunyai karena kelebihan media ini memiliki gambar dan suara dimana cukup efektif sebagai media promosi Kediri. Tahapan perancangan yang digunakan adalah tahapan dalam membuat video yaitu tahap praproduksi, produksi dan paskaproduksi. Video iklan sebagai hasil dari perancangan ini merupakan video iklan yang dipublish di media online. Video iklan Kediri cukup efektif dalam mempromosikan wilayah Kediri yang memiliki potensi wisata alam, peninggalan sejarah dan budaya lokal.

References

Arsyad, Azhar. (2006). Media Pembelajaran. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Kaplanidou, K., and C. Vogt. (2003). Destination branding: Concept and measurement. Working paper, Michigan State University.

Kotler, Philip dan Armstrong, Gary. (2003). Dasar-Dasar Pemasaran. Diterjemahkan oleh Alexander Sindoro. Jakarta: PT. Indeks, 2003.

McDaniel, Lamb Hair. (2001). Pemasaran. Edisi Pertama. Jakarta: Salemba Empat.

M.Suyanto. (2005), Multimedia" Alat Untuk Mening-katkan Keunggulan Bersaing", Yogyakarta: Andi.

Ritchie, J. R. Brent, and Robin J. B. Ritchie (1998). The Branding of Tour- ism Destinations: Past Achievements and Future Challenges”. Pro-ceedings of the 1998 Annual Congress of the International Association of Scientific Experts in Tourism, Destination Marketing: Scopes and Limitations, edited by Peter Keller. Marrakech, Morocco: International Association of Scientific Experts in Tourism, 89–116.

Downloads

Published

2018-10-22