Kafe sebagai Gaya Hidup Masyarakat Konsumerisme (Studi Kasus pada Starbucks)
DOI:
https://doi.org/10.9744/nirmana.17.1.53-58Keywords:
Kafe, konsumerisme, fetisisme komoditiAbstract
Akhir-akhir ini perubahan sosial terjadi pada masyarakat kota besar di Indonesia seiring berkembangnya teknologi dan informasi yang begitu cepat. Pola hidup masyarakat kota besar kian bersifat konsumtif akibat serangkaian iklan televisi atau pun sosial media yang menawarkan berbagai produk yang dimaknai secara simbolik. Pola konsumtif masyarakat kini tak hanya sekedar bertujuan untuk pemenuhan kebutuhan dasar atau nilai guna dari produk yang dibeli tetapi lebih pada nilai dan prestise yang didapatkan dengan membeli produk tersebut. Dalam makalah ini akan dibahas mengenai perilaku konsumerisme masyarakat kota terhadap kafe ditinjau dari teori konsumerisme dan fetisisme komoditi.References
Jakarta Veneu (http://jakartavenue.com/2011/07/ tradisi-minum-kopi-khas-indonesia/), diunduh tanggal 20 Desember 2012.
Piliang, Yasraf Amir. (2010). Dunia yang Dilipat: Konsumerisme dan Hiper-Realitas Gaya hidup. Bandung: Matahari.
Piliang, Yasraf Amir. (2010). Dunia yang Dilipat: Terkurung dalam Realitas Semu. Bandung: Matahari.
Starbucks (http://www.starbucks.com/about-us/our- heritage), diunduh tanggal 20 Desember 2012
Starbucks (http://www.starbucks.co.id/en-US/_Merc-handise+and+Gifts/), diunduh tanggal 20 Desember 2012.
Lima Tradisi Minum Kopi di Dunia. https://natio-nalgeographic.co.id/berita/2017/07/lima-tradisi-minum-kopi-di-dunia.
Rebellion (26 Februari 2017). Kopi Arabica di Kedai Starbucks. http://www.kopisiana.com/ kopi-arabika-sumatera-di-kedai-starbucks/
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
- Jurnal Desain Komunikasi Visual Nirmana has the right of first publication while the author(s) retains copyright and the right to share and redistribute the work under a Creative Commons Attribution License. This license allows others to freely share and adapt the work, provided that they acknowledge the work's authorship and its initial publication in this journal.
- Upon publication, the author(s) agrees to the journal's terms of non-exclusive distribution, allowing the published version of the work to be used in other contexts (e.g., institutional repository or a book), with an acknowledgment of its initial publication in Jurnal Desain Komunikasi Visual Nirmana.
- The author(s) is also aware of the responsibility to obtain permission for the use of any copyrighted material from third parties as required by the journal.