Kafe sebagai Gaya Hidup Masyarakat Konsumerisme (Studi Kasus pada Starbucks)

Authors

  • Mendy Hosiana Melkisedek Program Studi Desain Komunikasi Visual, Fakultas Seni dan Desain, Universitas Kristen Petra, Surabaya, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.9744/nirmana.17.1.53-58

Keywords:

Kafe, konsumerisme, fetisisme komoditi

Abstract

Akhir-akhir ini perubahan sosial terjadi pada masyarakat kota besar di Indonesia seiring berkembangnya teknologi dan informasi yang begitu cepat. Pola hidup masyarakat kota besar kian bersifat konsumtif akibat serangkaian iklan televisi atau pun sosial media yang menawarkan berbagai produk yang dimaknai secara simbolik. Pola konsumtif masyarakat kini tak hanya sekedar bertujuan untuk pemenuhan kebutuhan dasar atau nilai guna dari produk yang dibeli tetapi lebih pada nilai dan prestise yang didapatkan dengan membeli produk tersebut. Dalam makalah ini akan dibahas mengenai perilaku konsumerisme masyarakat kota terhadap kafe ditinjau dari teori konsumerisme dan fetisisme komoditi.

References

Jakarta Veneu (http://jakartavenue.com/2011/07/ tradisi-minum-kopi-khas-indonesia/), diunduh tanggal 20 Desember 2012.

Piliang, Yasraf Amir. (2010). Dunia yang Dilipat: Konsumerisme dan Hiper-Realitas Gaya hidup. Bandung: Matahari.

Piliang, Yasraf Amir. (2010). Dunia yang Dilipat: Terkurung dalam Realitas Semu. Bandung: Matahari.

Starbucks (http://www.starbucks.com/about-us/our- heritage), diunduh tanggal 20 Desember 2012

Starbucks (http://www.starbucks.co.id/en-US/_Merc-handise+and+Gifts/), diunduh tanggal 20 Desember 2012.

Lima Tradisi Minum Kopi di Dunia. https://natio-nalgeographic.co.id/berita/2017/07/lima-tradisi-minum-kopi-di-dunia.

Rebellion (26 Februari 2017). Kopi Arabica di Kedai Starbucks. http://www.kopisiana.com/ kopi-arabika-sumatera-di-kedai-starbucks/

Downloads

Published

2018-10-22