Reartikulasi Makna Citra Yesus: Analisis Visual “Yesus Naik Harley Davidson”
:
https://doi.org/10.9744/nirmana.17.2.78-86Keywords:
Reartikulasi, Citra, Seni Visual, Estetika, Citra Yesus.Abstract
Dalam perspektif agama Kristen, paling tidak pada beberapa dekade masa terakhir ini, muncul seni visual citra Yesus “yang baru”. Jika pada masa pertengahan Yesus sering dicitrakan sebagai sosok dan figur yang sederhana, pada seni visual yang baru atas citra Yesus ini, Dia ditampilkan lebih stylish. Artikel ini akan memfokuskan analisis pada seni visual citra Yesus yang digambarkan sedang mengendarai Harley Davidson. Citra Yesus kontemporer melalui seni visual, yang menggambarkan Dia sedang mengendarai motor Harley Davidson, seakan-akan hendak meneguhkan manusia yang hidup di abad modern ini, bahwa kehidupan dalam ruang dan dimensi apapun dapat dinikmati dan memberikan kebahagiaan. Citra Yesus dengan mengendarai Harley Davidson secara implisit dan eksplisit telah menenggelamkan Yesus tidak lagi memiliki citra sebagai Putera Allah, tetapi meletakkan Yesus seperti kita, manusia yang “imago dei”, hanya pada tataran “mirip dengan Tuhan”. Ketika kemudian citra Yesus dipergunakan untuk kepentingan yang bersifat politis maka akan menimbulkan reartikulasi makna yang paradoks dan ironik.References
Panofsky, Erwin. 1939. Studies in Iconology: Humanistic Themes In the Art of the Renaissance. Oxford: Oxford University Press. Hal. 3.
Downloads
Published
2019-02-06
How to Cite
Setyawan, P. B., & Natadjaja, L. (2019). Reartikulasi Makna Citra Yesus: Analisis Visual “Yesus Naik Harley Davidson”. Jurnal Desain Komunikasi Visual Nirmana, 17(2), 78-86. https://doi.org/10.9744/nirmana.17.2.78-86
Issue
Section
Articles
License
- Jurnal Desain Komunikasi Visual Nirmana has the right of first publication while the author(s) retains copyright and the right to share and redistribute the work under a Creative Commons Attribution License. This license allows others to freely share and adapt the work, provided that they acknowledge the work's authorship and its initial publication in this journal.
- Upon publication, the author(s) agrees to the journal's terms of non-exclusive distribution, allowing the published version of the work to be used in other contexts (e.g., institutional repository or a book), with an acknowledgment of its initial publication in Jurnal Desain Komunikasi Visual Nirmana.
- The author(s) is also aware of the responsibility to obtain permission for the use of any copyrighted material from third parties as required by the journal.