Perancangan Board Game Edukasi Menggunakan Mekanik Hand Management Tentang Pemahaman Spesifikasi Gadget
:
https://doi.org/10.9744/nirmana.19.2.98-108Keywords:
Media pembelajaran , Spesifikasi, Gadget, Handphone, Board gameAbstract
Di zaman modernisasi seperti sekarang ini, manusia sudah sangat bergantung pada teknologi salah satunya adalah gadget, yang keberadaannya berkembang pesat dan paling penting adalah handphone. Gadget handphone terdapat komponen yang disebut sebagai spesifikasi untuk menjalankan sistem. Banyak sekali anak-anak malas membaca dan tidak paham mengenai istilah spesifikasi yang dibutuhkan sehingga ketika aplikasi yang diinginkan tidak bisa dijalankan, pengguna akan menyalahkan developer ataupun handphone tersebut. Penelitian ini membahas tentang pemahaman spesifikasi gadget untuk siswa Sekolah Menengah Pertama kelas 7 menggunakan media board game. Tujuan penelitian ini adlaah merancang board game Spec sebagai media pembelajaran dan menumbuhkan minat keingintahuan siswa terhadap spesifikasi gadget handphone. Metode deskriptif dibuat dengan strategi linear dalam penelitian ini. Didapatkan hasil bahwa siswa menjadi lebih mengerti mengenai spesfiikasi handphone menggunakan board game Spec dan dapat digunakan untuk tujuan pendidikan.
References
Atmodjo, G. E. 2016, Preferensi Konsumen Terhadap Merek Smartphone Berdasarkan Sistem Operasi, http://eprints.dinus.ac.id/8821/1/jurnal_13604.pdf. (Diakses 13 Agustus 2019).
Belladino, V. 2019, Mekanik 101: Hand Management, Kedalam Taktis dalam Mekanik Sederhana. https://boardgame.id/mekanik-101-hand-management-kedalaman-taktis-dalam-mekanik-sederhana-2/. (Diakses 5 Agustus 2019).
Hermawan. 2019, Pengertian Gadget Beserta Fungsi dan Macam-Macam Gadget. https://www.nesabamedia.com/pengertian-gadget/. (Diakses 7 Agustus 2019).
Hurd, D., Jennings E. 2009, Standardized Educational Games Ratings: Suggested Criteria. scribd.com/document/16445410/Educational-Game-Ratings. (Diakses 20 Febuari 2019).
Isa. 2015, Digital Game vs Board Game. https://kummara.com/author/isa/.(Diakses 11 Febuari 2019).
Manikmaya. 2015, Glosarium 51 Game Mekanik dalam Tabletop Game. manikmaya.com/blog/glosarium-game-mekanik-dalam-tabletop-game. (Diakses 11 Febuari 2019).
Rozi, Z. F. 2010, Perancangan Game Mouse Hunter Menggunakan Adobe Flash CS 3. repository.amikom.ac.id/files/PUBLIKASI_06.12.1711.pdf. (Diakses 24 Februari 2019).
Saputra, B.R.P. 2012, Perancangan Game Edukasi Sebagai Alat Bantu Pembelajaran Konsep 5R. digilib.uns.ac.id/dokumen/ download/26665. (Diakses 13 Febuari 2019).
Supendi, P., & Nurhidayat. 2016, Fun Game: 50 Permainan Menyenangkan di Indoor dan Outdoor. Jakarta: Niaga Swadaya.
Swastika, Vanessa Mayrahma. 2015, Perkembangan Teknologi di Indonesia. https://www.kompasiana.com/vanessams/55547634b67e615e14ba545b/perkembangan-teknologi-di-indonesia. (Diakses 6 Agustus 2019).
Tangidy, Allez Martin. 2017, Toleransi Melalui Model Kehidupan Budaya Pela Gandong Dengan Menggunakan Media Board Game Untuk Mahasiswa, Semarang, Universitas Diponegoro.
TeknoGee. 2017, Pengaruh Gadget Pada Anak SMP. http://teknogee.com/2017/09/17/pengaruh-gadget-pada-anak-smp/. (Diakses 6 Agustus 2019).
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
- Jurnal Desain Komunikasi Visual Nirmana has the right of first publication while the author(s) retains copyright and the right to share and redistribute the work under a Creative Commons Attribution License. This license allows others to freely share and adapt the work, provided that they acknowledge the work's authorship and its initial publication in this journal.
- Upon publication, the author(s) agrees to the journal's terms of non-exclusive distribution, allowing the published version of the work to be used in other contexts (e.g., institutional repository or a book), with an acknowledgment of its initial publication in Jurnal Desain Komunikasi Visual Nirmana.
- The author(s) is also aware of the responsibility to obtain permission for the use of any copyrighted material from third parties as required by the journal.