Perancangan Realtime Board Game untuk Melestarikan Alat Musik Tradisional Jawa Tengah dengan Menggunakan Soundtrack dan Mechanics Tile Placement
:
https://doi.org/10.9744/nirmana.19.2.74-83Keywords:
Musik Tradisional, Jawa, Board game, Gamelan, Gameplay, Soundtrack.Abstract
Alat musik tradisional adalah sebuah warisan budaya dalam suatu daerah. Namun dengan adanya perkembangan jaman, musik tradisional mulai ditinggalkan oleh masyarakat setempat. Masyarakat lebih suka mendengarkan dan memainkan alat musik modern dibandingkan musik tradisional yang kedepannya bisa menimbulkan kepunahan dari warisan budaya itu sendiri. Salah satu alat musik tradisional yang harus dilestarikan adalah gamelan. Gamelan berasal dari Jawa yang terdiri dari beberapa alat musik yang dimainkan secara bersamaan. Gamelan dimainkan ketika acara adat dan pertunjukan tari tradisional seperti kuda lumping. Maka dari itu dibutuhkan sebuah media untuk melestarikan dan memperkenalkan musik tradisional kepada masyarakat yang belum sadar akan pentingnya menjaga warisan budaya tersebut yaitu Board Game. Board Game dengan Gameplay yang menggunakan Soundtrack untuk mengenalkan gambaran musik gamelan dipilih karena bukan hanya sekedar permainan, namun juga bisa menjadi media edukasi untuk melestarikan alat musik tradisional bagi pemainya. Setelah memainkan permainan ini, pemain lebih tertarik untuk melestarikan kebudayaan daerah dan secara tidak langsung pengetahuan mengenai alat musik tradisonal Jawa Tengah bisa tersebar melalui permainan ini.
References
Arsyad, A. 2011, Media Pembelajaran, Retrieved from https://s3.amazonaws.com/academia.edu.documents/31182216/jiptiain--umarhadini-8584-5-baii.pdf?AWSAccessKeyId=AKIAIWOWYYGZ2Y53UL3A&Expires=1531219666&Signature=snJlnkd%2BA4fdRoyFipTK8xif9tE%3D&response-content-disposition=inline%3B%20filename%3DMedia_pembe.
Granic, I., Lobel, A., & Rutger. 2014, The Benefits of Playing Video Game, American Psychologist, 66.
Limantara, D. 2015, Perancangan Board Game Untuk Menumbuhkan Nilai-Nilai Moral Pada Remaja, Program Studi Desain Komunikasi Visual, Fakultas Seni dan Desain Universitas Kristen Petra, 3.
Manikmaya. 2014, Interaksi Langsung Dalam Bermain Itu Penting, Retrieved from http://manikmaya.com/interaksi-langsung-dalam-bermain-itu-penting/.
Nugroho, E. 2013, Game Design Process. Retrieved from
www.slideshare.net/kummara/game-design-process-2013-kummara.
Rahim, F. 2016, Game Edukasi Pengenalan Alat Musik Tradisional di Indonesia Berbasis Android, 1-2.
Saputro, D. 2016, Perancangan Media Edukasi Kandungan Berbahaya Junk Food bagi Anak Sekolah Dasar Menggunakan Teknologi Augmented Reality Berbasis Android. Skripsi Universitas Kristen Satya Wacana.
Sarwono, J, 2007, Strategi Penelitian, Graha Ilmu.
Senibudayaku, 2017, Mengenal Kebudayaan Daerah Jawa Tengah,
Retrieved from senibudayaku https://www.senibudayaku.com
Sugiyono. 2005, Definisi Metode Deskriptif, Retrieved from https://idtesis.com/metode-deskriptif/
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
- Jurnal Desain Komunikasi Visual Nirmana has the right of first publication while the author(s) retains copyright and the right to share and redistribute the work under a Creative Commons Attribution License. This license allows others to freely share and adapt the work, provided that they acknowledge the work's authorship and its initial publication in this journal.
- Upon publication, the author(s) agrees to the journal's terms of non-exclusive distribution, allowing the published version of the work to be used in other contexts (e.g., institutional repository or a book), with an acknowledgment of its initial publication in Jurnal Desain Komunikasi Visual Nirmana.
- The author(s) is also aware of the responsibility to obtain permission for the use of any copyrighted material from third parties as required by the journal.