Promosi Kampung Unggulan Kue Rusun Penjaringan untuk Meningkatkan Nilai Jual Produk Sebagai Pemberdayaan Masyarakat

Authors

  • Putri Dwitasari Departemen Desain Komunikasi Visual, Fakultas Arsitektur dan Desain Perencanaan, Institut Teknologi Sepuluh Nopember, Surabaya
  • Nurina Orta D. Departemen Desain Komunikasi Visual, Fakultas Arsitektur dan Desain Perencanaan, Institut Teknologi Sepuluh Nopember, Surabaya
  • Denny Indrayana S. Departemen Desain Komunikasi Visual, Fakultas Arsitektur dan Desain Perencanaan, Institut Teknologi Sepuluh Nopember, Surabaya
  • Luri Renaningtyas Program Studi Desain Komunikasi Visual, Fakultas Seni dan Desain, Universitas Kristen Petra, Surabaya

DOI:

https://doi.org/10.9744/nirmana.18.1.1-5

Keywords:

Pemberdayaan, Promosi, Nilai Jual, Kampung Unggulan Kue Rusun Penjaringan.

Abstract

Kampung Kue Rusun Penjaringan, Kelurahan Penjaringan Sari merupakan salah satu sentra produksi kue tradisional dan jajanan yang cukup dikenal di Surabaya. Salah satu produksi mereka yaitu keripik melinjo telah dipasarkan hingga ke Thailand. Meskipun cukup terkenal luas tetapi harga jual produk tersebut terbilang sangat murah. Keuntungan yang didapat masih harus diputar untuk biaya promosi dan kemasan. Karena keuntungan yang tidak terlalu banyak tersebut, para pengrajin kue selama ini hanya menggunakan kemasan yang seadanya, sehingga tidak memiliki perbedaan dengan produk-produk lain yang sejenis. Dari latar belakang tersebut dapat diambil kesimpulan, pengembangan Kampung Unggulan Kue sebagai pemberdayaan masyarakat yang akan dilakukan setelah perancangan program branding pada perancangan sebelumnya adalah kegiatan promosi. Promosi merupakan salah satu faktor penentu keberhasilan pemasaran sebuah produk, terlebih bagi merek yang hadir ditengah produk sejenis sebagai pesaingnya, sehingga dituntut untuk mempromosikan dirinya sedemikian rupa sehingga menjadi merek yang memiliki citra tersendiri, nilai jual dan dapat bertahan dalam persaingan

References

Kotler, Philip, (2002), Manajemen Pemasaran, Edisi Milenium, Jilid I, Edisi Kesepuluh, Penerbit Erlangga, Jakarta.

Tjiptono. (2001). Manajemen Pemasaran dan Analisa Perilaku Konsumen, Yogyakarta: BPFE.

Tjiptono, Fandy. (2002). Strategi Pemasaran. Yogyakarta: Andy Offset.

Wheeler, Alina. (2009). Designing Brand Identity: An Essential Guide for the Whole Branding Team. New Jearsey: John Wiley & Sons, Inc.

Downloads

Published

2020-10-15