Membongkar Identitas pada Film “Wandu"

Authors

  • Ghalif Putra Sadewa Program Studi Penciptaan dan Pengkajian Seni Program Pascasarjana Institut Seni Indonesia Yogyakarta, Jalan Suryodiningratan No 8 Yogyakarta 55143

DOI:

https://doi.org/10.9744/nirmana.18.1.20-26

Keywords:

Identitas, Waria, Film Wandu

Abstract

Wandu (The Effeminate) adalah film pendek televisi yang bercerita tentang problematika tiga orang waria dalam proses pencarian identitas dan haknya sebagai manusia ditengah masyarakat yang majemuk. Penolakan aspirasi waria dan citra negatif telah melekat erat pada masyarakat dan berdampak pada segala sepak terjang waria. Semua waria sama saja, itulah ungkapan yang jamak. Diskriminasi, upaya penolakan, dan perlakuan yang tidak manusiawi merupakan tekanan sosial yang terjadi akibat nihilnya identitas bagi waria. Oleh sebab itu, identitas menjadi hal terpenting bagi waria. Identitas adalah bentuk keberadaan yang kongkrit untuk mendapatkan kesejahteraan sosial yang lebih baik dan setara

References

Bastaman, Hanna Djumhana. 1996. Meraih Hidup Bermakna: Kisah Pribadi dengan Pengalaman Tragis. Jakarta Selatan: Paramadina.

Desmita. 2005. Psikologi Perkembangan. Bandung: Remaja Rosda Karya.

Faturochman. 2002. Keadilan Perspektif Psikologi. Yogyakarta: Pustaka Pelajar Offset.

Fuady, Munir. 2007. Sosiologi Hukum Kontemporer: Interaksi Hukum, Kekuasaan, dan Masyarakat. Bandung: Citra Aditya Bakti.

Koeswinarno. 2004. Hidup Sebagai Waria. Yogyakarta: LKiS Pelangi Aksara.

Marianto, M Dwi. 2017. Art & Life Force in a Quantum Perspective. Yogyakarta: Scritto Books Publisher.

Pratista, Himawan. 2008. Memahami Film. Yogyakarta: Homerian Pustaka.

Kompas. 16 Februari 2013. Waria Cantik Ditemukan di Saluran Irigasi. (http://tekno.kompas. com/read/2013/02/16/14171748/waria.cantik.ditemukan.tewas.di.saluran.irigasi)

Merah Putih. 17 November 2015. Waria Curhat soal Diskriminasi Ke GKR Hemas (https:// merah-putih.com/post/read/para-waria-curhat-soal-diskriminasi-ke-gkr-hemas).

Downloads

Published

2020-10-15