Unsur Sinematografi untuk Mendukung Ketegangan dalam Film Sasmita Narendra

Authors

  • Rony Ramadhan Penciptaan Seni Videografi, Program Pascasarjana, Institut Seni Indonesia Yogyakarta

:

https://doi.org/10.9744/nirmana.20.1.9-16

Keywords:

Unsur Dramatik, Ketegangan, Unsur Sinematografi

Abstract

Unsur dramatik pada cerita memiliki peran penting dan tidak dapat dipisahkan dari proses penciptaan karya film. Terdapat empat unsur dramatik yaitu conflict, curiosity, surprise, dan suspense. Keempat unsur tadi merupakan unsur-unsur penting dalam membangun dramatisasi pada sebuah film. Film “Sasmita Narendra” adalah sebuah film fiksi bergenre thriller dengan latar belakang kehidupan sosial budaya masyarakat Yogyakarta yang dikerucutkan pada polemik kehidupan sosial yang terjadi dalam hubungan pernikahan. Konsep karya pada film ini adalah bagaimana membangun salah satu unsur dramatik yaitu ketegangan dengan menerapkan unsur sinematografi. Proses perwujudan karya ini dilakukan melalui analisis pada tiap sequence dengan titik ketegangan yang telah ditentukan untuk mengidentifikasi bagaimana ketegangan tersebut dapat dibangun dengan unsur sinematografi. Unsur sinematografi tersebut antara lain adalah komposisi, angle kamera, pergerakan kamera, dan pencahayaan.

References

Biran, M. Y. 2006, Teknik Menulis Skenario Film Cerita, PT Dunia Pustaka Jaya dan PT Demi Gisela Citra Pro, Jakarta.

Hall, C.S & Lindzey, G., 1998. Theories of Personality. New York: J. Wiley and Sons.

Lutters, E. 2010, Kunci Sukses Menulis Skenario, PT Grasindo, Jakarta.

Masceli, A.S.C., and Joseph V. 1987, Angle Kontiniti-Editing-Closeup-Komposisi dalam Sinematografi, Proyek Terjemahan Yayasan Citra, Jakarta.

Downloads

Published

2021-12-09

How to Cite

Ramadhan, R. (2021). Unsur Sinematografi untuk Mendukung Ketegangan dalam Film Sasmita Narendra. Jurnal Desain Komunikasi Visual Nirmana, 20(1), 9-16. https://doi.org/10.9744/nirmana.20.1.9-16