Perancangan Online Market Place Makanan Tradisional Untuk Usaha Kecil dan Menengah di Surabaya

Authors

  • Didit Prasetyo Desain Komunikasi Visual, Fakultas Arsitektur Desain dan Perencanaan, Institut Teknologi Sepuluh Nopember
  • Putri Dwitasari Desain Komunikasi Visual, Fakultas Arsitektur Desain dan Perencanaan, Institut Teknologi Sepuluh Nopember
  • Nurina Orta Darmawati Desain Komunikasi Visual, Fakultas Arsitektur Desain dan Perencanaan, Institut Teknologi Sepuluh Nopember

:

https://doi.org/10.9744/nirmana.18.2.74-79

Keywords:

Aplikasi, marketplace, kampung kue, UKM

Abstract

Perkembangan teknologi yang pesat di saat sekarang ini membawa konsekuensi terjadinya disrupsi, perubahan pola hidup dan perubahan gaya hidup menjadi efek yang dirasakan paling awal pada disrupsi, penggunaan teknologi menjadi syarat bagi sebuah bisnis untuk berkembang dan bertahan diantara ekosistem bisnis itu sendiri, dalam hal ini UKM menjadi sektor usaha yang rentan menghadapi era disrupsi, pembekalan dan penerapan teknologi bagi UKM menjadi syarat agar UKM dapat terus berkembang. Dalam hal pengembangan teknologi informasi ini maka perancangan mengambil objek pada Kampung Kue di Rungkut Penjaringan Kota Surabaya, Selama ini UKM di Kota Surabaya tersebut hanya dikenal melalui brosur maupun secara lisan kepada masyarakat. Hal ini dirasa kurang efektif karena membutuhkan waktu yang lama dan informasi yang didapat pun kurang lengkap. Oleh karena itu perancangan aplikasi online market place UKM Kampung Kue Rungkut Penjaringan sebagai media informasi, transaksi dan sebagai media yang mampu meningkatkan kredibilitas para pelaku usaha produksi makanan tradisional. Peranan aplikasi ini diharapkan menjadi bagian yang terintegrasi dengan branding Kampung Kue Rungkut Penjaringan, dimana salah satu branding yang dirancang adalah branding melalui media online, aplikasi Kampung kue diharapkan dapat menjadi pilihan konsumen jaman kini untuk mencari kebutuhannya.

References

Griffiths, Stephen. "Mobile App UX Principles". Google, 2015.

Kujala, Sari; Roto, Virpi; Väänänen-Vainio-Mattila, Kaisa; Karapanos, Evangelos; Sinneläa, Arto. “UX Curve: A method for evaluating longterm user experience”. Interacting With Computers, 2011: 473–483.

Ben Shneiderman. Designing User Interface: Strategies for Effective Human Computer Interaction. Michigan University: Addison Wesley Longman, 1998: 74.

Hanington, Bruce & Martin, Bella. Universal Methods of Design: 100 Ways to Research Complex Problems. Pennsylvania: Rockport Publisher, 2012.

Rainer, R. Kelly Jr and Casey G. Cegielski. Introduction to Information System: Support and Transforming Business Fourth Edition. New Jersey: John Wiley and Sons, Inc., 2012.

Ridder, D. Lennard. 2018. 9 Cutting Web Design Trens for 2018.

Downloads

Published

2021-09-27

How to Cite

Prasetyo, D. ., Dwitasari, P. ., & Darmawati, N. O. . (2021). Perancangan Online Market Place Makanan Tradisional Untuk Usaha Kecil dan Menengah di Surabaya. Jurnal Desain Komunikasi Visual Nirmana, 18(2), 74-79. https://doi.org/10.9744/nirmana.18.2.74-79

Issue

Section

Articles