Analisis Dramatisasi Shot Video pada Iklan Sampo “Pantene”

Authors

  • Nicholaus Wayong Kabelen Program Studi Desain Komunikasi Visual, Institut Teknologi Bisnis Asia

:

https://doi.org/10.9744/nirmana.22.1.1-7

Keywords:

video, iklan, pantene, analisis, dramatik

Abstract

Pada studi kasus iklan sampo “Pantene” ini metode kualitatif diterapkan oleh penulis sebagai acuan mendalami subjek dan pengamatan terhadap studi kasus merujuk iklan yang dibintangi Anggun C. Sasmi yang menjadi brand ambassador “Pantene” dari tahun ke tahun. Penelitian kualitatif menurut Cresswell merupakan metode yang bertujuan pemahaman terhadap makna. Pembuatan video iklan tidak lepas dari potongan shot yang sudah dipersiapkan sangat matang, karena di dalam shot banyak sekali makna maupun pesan yang ingin disampaikan sutradara kepada penonton. Salah satunya pesan produk yang sedang ditawarkan. Selain dramatis shot naskah juga berpengaruh di dalam iklan sampo “Pantene” terbukti dari analisis struktur 3 babak, bahwa iklan tersebut memiliki awal, konflik hingga penyelesaian.

References

Aristyani, I. A. R., & Yasa, N. N. K. (2013). Perbandingan Brand Equity Produk Sampoo Merek Sunsilk dengan Merek “Pantene”. Jurnal Manajemen dan Kewirausahaan, 15(2), 179-190.

Arsyad, A. (2011). Media Pembelajaran. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Ayala, F. J., & Kiger, J.A. (1984). Modern Genetics. 2nd ed. Menlo Park and London: Cummings Publishing Company.

Bang Tutorial (2017). Cara Edit Youtube Pemula. Diunduh tanggal 12 Juli 2021, https://www.google.com/search.

Boim Lenno (2016). Langkah - Langkah Membuat Flog. Diunduh tanggal 12 Juli 2021, https://www.google.com/search.

Creswell, J. W. (2014). Research Design Pendekatan Kualitatif, Kuantitatif, dan Mixed. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Film Matrix 2015). 20 Tahun Kehadiran Film Matrix BBC.Diunduh tanggal 15 Juli 2021, https://www.google.com/search?q=film+matrix&source

Mascelli, J. V. (2010). The Five C’S Cinematography. Motion Picture Filming.

Sukiman. (2012). Pengembangan Media Pembelajaran. Yogyakarta: Pedajogja.

Survei Internet APJII. (2016). Hasil Survei Pengguna Internet. Diunduh tanggal 12 Juli 2021. https://apjii.or.id/content/read/39/ 264.

Vaughan, T. (2011). Multimedia: Making It Work. McGraw-Hill.

Downloads

Published

2022-07-18

How to Cite

Kabelen, N. W. (2022). Analisis Dramatisasi Shot Video pada Iklan Sampo “Pantene”. Jurnal Desain Komunikasi Visual Nirmana, 22(1), 1-7. https://doi.org/10.9744/nirmana.22.1.1-7