Analisis Dramatisasi Shot Video pada Iklan Sampo “Pantene”
:
https://doi.org/10.9744/nirmana.22.1.1-7Keywords:
video, iklan, pantene, analisis, dramatikAbstract
Pada studi kasus iklan sampo “Pantene” ini metode kualitatif diterapkan oleh penulis sebagai acuan mendalami subjek dan pengamatan terhadap studi kasus merujuk iklan yang dibintangi Anggun C. Sasmi yang menjadi brand ambassador “Pantene” dari tahun ke tahun. Penelitian kualitatif menurut Cresswell merupakan metode yang bertujuan pemahaman terhadap makna. Pembuatan video iklan tidak lepas dari potongan shot yang sudah dipersiapkan sangat matang, karena di dalam shot banyak sekali makna maupun pesan yang ingin disampaikan sutradara kepada penonton. Salah satunya pesan produk yang sedang ditawarkan. Selain dramatis shot naskah juga berpengaruh di dalam iklan sampo “Pantene” terbukti dari analisis struktur 3 babak, bahwa iklan tersebut memiliki awal, konflik hingga penyelesaian.
References
Aristyani, I. A. R., & Yasa, N. N. K. (2013). Perbandingan Brand Equity Produk Sampoo Merek Sunsilk dengan Merek “Pantene”. Jurnal Manajemen dan Kewirausahaan, 15(2), 179-190.
Arsyad, A. (2011). Media Pembelajaran. Jakarta: Raja Grafindo Persada.
Ayala, F. J., & Kiger, J.A. (1984). Modern Genetics. 2nd ed. Menlo Park and London: Cummings Publishing Company.
Bang Tutorial (2017). Cara Edit Youtube Pemula. Diunduh tanggal 12 Juli 2021, https://www.google.com/search.
Boim Lenno (2016). Langkah - Langkah Membuat Flog. Diunduh tanggal 12 Juli 2021, https://www.google.com/search.
Creswell, J. W. (2014). Research Design Pendekatan Kualitatif, Kuantitatif, dan Mixed. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Film Matrix 2015). 20 Tahun Kehadiran Film Matrix BBC.Diunduh tanggal 15 Juli 2021, https://www.google.com/search?q=film+matrix&source
Mascelli, J. V. (2010). The Five C’S Cinematography. Motion Picture Filming.
Sukiman. (2012). Pengembangan Media Pembelajaran. Yogyakarta: Pedajogja.
Survei Internet APJII. (2016). Hasil Survei Pengguna Internet. Diunduh tanggal 12 Juli 2021. https://apjii.or.id/content/read/39/ 264.
Vaughan, T. (2011). Multimedia: Making It Work. McGraw-Hill.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
- Jurnal Desain Komunikasi Visual Nirmana has the right of first publication while the author(s) retains copyright and the right to share and redistribute the work under a Creative Commons Attribution License. This license allows others to freely share and adapt the work, provided that they acknowledge the work's authorship and its initial publication in this journal.
- Upon publication, the author(s) agrees to the journal's terms of non-exclusive distribution, allowing the published version of the work to be used in other contexts (e.g., institutional repository or a book), with an acknowledgment of its initial publication in Jurnal Desain Komunikasi Visual Nirmana.
- The author(s) is also aware of the responsibility to obtain permission for the use of any copyrighted material from third parties as required by the journal.