Perancangan Iklan Layanan Masyarakat ”Hargai Hak Pejalan Kaki” di Kota Medan
:
https://doi.org/10.9744/nirmana.19.1.1-7Keywords:
Analisis Data 5W dan 1H, Hak pejalan kaki, Iklan Layanan Masyarakat, Kota MedanAbstract
Berjalan merupakan kegiatan yang dilakukan setiap saat oleh manusia, namun berjalan kaki di kota Medan mungkin saat ini menjadi kegiatan yang kurang aman dan nyaman. Hal ini dikarenakan hak-hak pejalan kaki di Kota Medan diambil oleh para pengendara kendaraan bermotor seperti, trotoar yang menjadi parkir liar oleh oknum-oknum tertentu, trotoar yang dipakai sebagai jalur sepeda motor, trotoar sebagai tempat berjualan pedagang kaki lima, dan zebra cross jadi tempat pemberhentian lampu merah yang seharusnya para pengendara berhenti di belakang garis zebra cross. Penelitian ini menggunakan metode pengumpulan data kualitatif dan kuantitatif dalam mengumpulkan data visual dan data-data yang diperlukan. Penelitian ini juga menggunakan metode analisis data 5W dan 1 H untuk merancang kampanye sosial ini. Hasil dari perancangan ILM ini berupa poster, plang jalan, beberapa merchendise (pin, gantungan kunci, kaos, goodie bag, stiker). Tujuan dari perancangan ILM ini adalah untuk menyadarkan para pengendara kendaraan bermotor agar lebih menghargai hak-hak pejalan kaki di Kota Medan.
References
Ardhi, Y. (2013). Merancang Media Promosi Unik dan Menarik. TAKA.
Arikunto, S., Suharjo, & Supardi. (2006). Penelitian Tindakan Kelas. Bumi Aksara.
Cenadi, C. S. (1999). Elemen-Elemen dalam Desain Komunikasi Visual. Nirmana, 1, 1–11. https://doi.org/10.3181/00379727-206-43745
John, Asril, & Waspada, A. E. B. (2017). Analisis Semiotika Logo Rumah Makan Patinku. Proporsi, Vol 3, No, 33–43. http://e-journal. potensi-utama.ac.id/ojs/index.php/PROPORSI/ article/view/551
John, & Sirait, S. (2016). Perancangan Iklan Layanan Masyarakat Save Kendeng. Proporsi, 1(2), 202–214.
Kasali, R. (1992). Manajemen Periklanan. Pustaka Utama Grafiti.
Kusrianto, A. (2007). Pengantar Desain Komunikasi Visual (R. W. Rosari (ed.); I). ANDI.
Nisa, N. K. (2015). Strategi Kreatif Iklan Layanan Masyarakat (Ilm) Dalam Pemasaran Sosial. Strategi Kreatif Iklan Layanan Masyarakat (ILM) Dalam Pemasaran Sosial, 4(2), 158–164. https://doi.org/10.14710/interaksi,4,2,158-164
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
- Jurnal Desain Komunikasi Visual Nirmana has the right of first publication while the author(s) retains copyright and the right to share and redistribute the work under a Creative Commons Attribution License. This license allows others to freely share and adapt the work, provided that they acknowledge the work's authorship and its initial publication in this journal.
- Upon publication, the author(s) agrees to the journal's terms of non-exclusive distribution, allowing the published version of the work to be used in other contexts (e.g., institutional repository or a book), with an acknowledgment of its initial publication in Jurnal Desain Komunikasi Visual Nirmana.
- The author(s) is also aware of the responsibility to obtain permission for the use of any copyrighted material from third parties as required by the journal.