Perancangan Iklan Layanan Masyarakat ”Hargai Hak Pejalan Kaki” di Kota Medan

Authors

  • John John Program Studi Desain Komunikasi Visual, Fakultas Seni dan Desain, Universitas Potensi Utama
  • Joko Bintarto Program Studi Desain Komunikasi Visual, Fakultas Seni dan Desain, Universitas Potensi Utama

:

https://doi.org/10.9744/nirmana.19.1.1-7

Keywords:

Analisis Data 5W dan 1H, Hak pejalan kaki, Iklan Layanan Masyarakat, Kota Medan

Abstract

Berjalan merupakan kegiatan yang dilakukan setiap saat oleh manusia, namun berjalan kaki di kota Medan mungkin saat ini menjadi kegiatan yang kurang aman dan nyaman. Hal ini dikarenakan hak-hak pejalan kaki di Kota Medan diambil oleh para pengendara kendaraan bermotor seperti, trotoar yang menjadi parkir liar oleh oknum-oknum tertentu, trotoar yang dipakai sebagai jalur sepeda motor, trotoar sebagai tempat berjualan pedagang kaki lima, dan zebra cross jadi tempat pemberhentian lampu merah yang seharusnya para pengendara berhenti di belakang garis zebra cross. Penelitian ini menggunakan metode pengumpulan data kualitatif dan kuantitatif dalam mengumpulkan data visual dan data-data yang diperlukan. Penelitian ini juga menggunakan metode analisis data 5W dan 1 H untuk merancang kampanye sosial ini. Hasil dari perancangan ILM ini berupa poster, plang jalan, beberapa merchendise (pin, gantungan kunci, kaos, goodie bag, stiker). Tujuan dari perancangan ILM ini adalah untuk menyadarkan para pengendara kendaraan bermotor agar lebih menghargai hak-hak pejalan kaki di Kota Medan.

References

Ardhi, Y. (2013). Merancang Media Promosi Unik dan Menarik. TAKA.

Arikunto, S., Suharjo, & Supardi. (2006). Penelitian Tindakan Kelas. Bumi Aksara.

Cenadi, C. S. (1999). Elemen-Elemen dalam Desain Komunikasi Visual. Nirmana, 1, 1–11. https://doi.org/10.3181/00379727-206-43745

John, Asril, & Waspada, A. E. B. (2017). Analisis Semiotika Logo Rumah Makan Patinku. Proporsi, Vol 3, No, 33–43. http://e-journal. potensi-utama.ac.id/ojs/index.php/PROPORSI/ article/view/551

John, & Sirait, S. (2016). Perancangan Iklan Layanan Masyarakat Save Kendeng. Proporsi, 1(2), 202–214.

Kasali, R. (1992). Manajemen Periklanan. Pustaka Utama Grafiti.

Kusrianto, A. (2007). Pengantar Desain Komunikasi Visual (R. W. Rosari (ed.); I). ANDI.

Nisa, N. K. (2015). Strategi Kreatif Iklan Layanan Masyarakat (Ilm) Dalam Pemasaran Sosial. Strategi Kreatif Iklan Layanan Masyarakat (ILM) Dalam Pemasaran Sosial, 4(2), 158–164. https://doi.org/10.14710/interaksi,4,2,158-164

Downloads

Published

2021-10-05

How to Cite

John, J., & Bintarto, J. . (2021). Perancangan Iklan Layanan Masyarakat ”Hargai Hak Pejalan Kaki” di Kota Medan. Jurnal Desain Komunikasi Visual Nirmana, 19(1), 1-7. https://doi.org/10.9744/nirmana.19.1.1-7