Adobe Flash untuk Mendukung Pembelajaran dalam Pelajaran Seni Budaya
:
https://doi.org/10.9744/nirmana.19.1.33-40Keywords:
Pengembangan, Media Pembelajaran, Adobe FlashAbstract
Perkembangan Teknlogi yang kini membuat para pengajar harus meng-upgrade ilmu dan kreativitas dalam proses belajar mengajar, supaya pembelajaran tidak terasa menjemukan. Salah satunya belajar dengan menggunakan animasi komputer untuk memungkinkan siswa belajar secara dinamis dan lebih interaktif. Penggunaan media komputer sebagai media pembelajaran ini menghadirkan banyak manfaat, salah satu program yang mampu mendukung proses pembelajaran adalah program Adobe Flash. Adalah standar program aplikasi yang digunakan untuk membuat vektor animasi dan bitmap yang luar biasa untuk keperluan membuat situs Web yang interaktif dan dinamis. Aplikasi ini diimplementasikan sebagai media belajar. Pesan yang disampaikan melalui media, dalam bentuk konten atau bahan ajar itu harus diterima oleh siswa, dengan menggunakan satu atau kombinasi beberapa organ indera mereka. Bahkan lebih baik, ketika semua perangkat penginderaan yang dimiliki mampu menerima konten pesan yang disampaikan. Melalui makalah sebagai pustaka studi ini yang menggunakan SMP PGRI 5 Taman sebagai objek penelitian, dapat ditemukan bahwa kreativitas sangat diperlukan dalam hal pembelajaran, sedangkan animasi adalah alat dalam proses mengajar yang mampu menjadikan belajar menjadi lebih mudah dipahami oleh para siswa.
References
Arsyad, Azhar. (2015). Media Pembelajaran. Jakarta: Raja Grafmdo Persada.
Munadi, Yudhi. (2013). Media Pembelajaran (Sebuah Pendekatan Baru). Jakarta: Referensi (GP Press Group).
Suyono & Hariyanto. 2015. Belajar dan pembelajaran. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.
Pardosi, Mico. (2007). Pengantar Instalasi Jaringan, Bandung: Penerbit Informatika.
Reksowardojo, Bambang P., Djalle, Zaharuddin G. (2005). Kreativitas Visual dengan 3Ds MAX. Bandung: Informatika.
Sopandi, Dede. (2006). Instalasi dan Konfigurasi Jaringan Komputer. Bandung: Penerbit Informatika.
Fanani, Zainul. (2006). Tip dan Trik Animasi Macromedia Flash. Yogyakarta: Graha Ilmu.
Hamalik. (2009). Kurikulum dan Pembelajaran. Jakarta: Bumi Aksara.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
- Jurnal Desain Komunikasi Visual Nirmana has the right of first publication while the author(s) retains copyright and the right to share and redistribute the work under a Creative Commons Attribution License. This license allows others to freely share and adapt the work, provided that they acknowledge the work's authorship and its initial publication in this journal.
- Upon publication, the author(s) agrees to the journal's terms of non-exclusive distribution, allowing the published version of the work to be used in other contexts (e.g., institutional repository or a book), with an acknowledgment of its initial publication in Jurnal Desain Komunikasi Visual Nirmana.
- The author(s) is also aware of the responsibility to obtain permission for the use of any copyrighted material from third parties as required by the journal.