Representasi Perempuan dalam Iklan Televisi “Downy” Varian Parfum Collection dan Premium Parfum

Authors

  • Jessica Alicia Surya Program Studi Desain Komunikasi Visual, Fakultas Seni dan Desain, Universitas Kristen Petra
  • Listia Natadjaja Program Studi Desain Komunikasi Visual, Fakultas Seni dan Desain, Universitas Kristen Petra
  • Rika Febriani Program Studi Desain Komunikasi Visual, Fakultas Seni dan Desain, Universitas Kristen Petra

:

https://doi.org/10.9744/nirmana.19.1.41-51

Keywords:

Downy, representasi perempuan, semiotika, feminisme, postkolonial

Abstract

Bersamaan dengan diluncurkannya produk Downy Parfum Collection dan Premium Parfum, Downy juga mengeluarkan dua iklan yang ditayangkan di televisi nasional. Kedua iklan ini merepresentasikan tokoh perempuan dengan cara yang berbeda dari iklan-iklan sebelumnya, dimana sebelumnya perempuan selalu digambarkan sebagai ibu rumah tangga. Selain itu, elemen “luar negeri” dan “orang asing” terlihat jelas meski iklan ini ditayangkan di Indonesia. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui representasi perempuan yang disampaikan dalam iklan Downy tersebut. Penelitian ini bersifat kualitatif dan dianalisis menggunakan semiologi Roland Barthes. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Downy merepresentasikan perempuan sebagai figur yang percaya diri, mandiri, dan tidak lagi hanya bekerja di ranah domestik tetapi juga ranah publik. Hal ini sejalan dengan pandangan fenimisme yaitu menyamakan derajat pria dan wanita. Meskipun begitu, perempuan ternyata tetap tunduk kepada tuntutan publik bahwa ia harus selalu tampil wangi dan cantik. Terdapat budaya postkolonial yang terkandung dalam iklan ini, dilihat dari orang Barat yang mengagumi dan memuji tokoh utama (orang Timur). Rasa kagum dan pujian dari orang Barat lebih berkesan bagi orang Timur, karena budaya postkolonial yang masih berlaku saat ini.

References

Barthes, R. (1981). Elements of Semiology. London: Cape.

Barthes, R. (1990). Imaji/Musik/Teks. (Terj. Agustinus Hartono.). Yogyakarta: Jalasutra.

Beauvoir, S.D. (2011). The Second Sex. (Constance Borde & Sheila Malovany-Chevallier). New York:Vintage Books.

Said, E. (1978). Orientalism. New York: Pantheon.

Sobur, A. (2001). Analisis Teks Media: Suatu Pengantar untuk Analisis Wacana, Analisis Semiotik dan Analisis Framing. Bandung: Penerbit PT Remaja Rosdakarya.

Sobur, A. (2006). Semiotika Komunikasi. Bandung: Penerbit PT Remaja Rosdakarya.

Sumartono. (2002). Terperangkap Dalam Iklan: Meneropong Imbas Pesan Iklan Televisi. Bandung: Alfabeta.

Tinarbuko, S. (2007). Semiotika Iklan Sosial (bagian I). Yogyakarta: Jalasutra.

Vera, N. (2014). Semiotika dalam Riset Komuni-kasi. Bogor: Ghalia Indonesia.

Downloads

Published

2021-10-05

How to Cite

Surya, J. A. ., Natadjaja, L. ., & Febriani, R. . (2021). Representasi Perempuan dalam Iklan Televisi “Downy” Varian Parfum Collection dan Premium Parfum. Jurnal Desain Komunikasi Visual Nirmana, 19(1), 41-51. https://doi.org/10.9744/nirmana.19.1.41-51