Representasi Perempuan dalam Iklan Televisi “Downy” Varian Parfum Collection dan Premium Parfum
:
https://doi.org/10.9744/nirmana.19.1.41-51Keywords:
Downy, representasi perempuan, semiotika, feminisme, postkolonialAbstract
Bersamaan dengan diluncurkannya produk Downy Parfum Collection dan Premium Parfum, Downy juga mengeluarkan dua iklan yang ditayangkan di televisi nasional. Kedua iklan ini merepresentasikan tokoh perempuan dengan cara yang berbeda dari iklan-iklan sebelumnya, dimana sebelumnya perempuan selalu digambarkan sebagai ibu rumah tangga. Selain itu, elemen “luar negeri” dan “orang asing” terlihat jelas meski iklan ini ditayangkan di Indonesia. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui representasi perempuan yang disampaikan dalam iklan Downy tersebut. Penelitian ini bersifat kualitatif dan dianalisis menggunakan semiologi Roland Barthes. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Downy merepresentasikan perempuan sebagai figur yang percaya diri, mandiri, dan tidak lagi hanya bekerja di ranah domestik tetapi juga ranah publik. Hal ini sejalan dengan pandangan fenimisme yaitu menyamakan derajat pria dan wanita. Meskipun begitu, perempuan ternyata tetap tunduk kepada tuntutan publik bahwa ia harus selalu tampil wangi dan cantik. Terdapat budaya postkolonial yang terkandung dalam iklan ini, dilihat dari orang Barat yang mengagumi dan memuji tokoh utama (orang Timur). Rasa kagum dan pujian dari orang Barat lebih berkesan bagi orang Timur, karena budaya postkolonial yang masih berlaku saat ini.
References
Barthes, R. (1981). Elements of Semiology. London: Cape.
Barthes, R. (1990). Imaji/Musik/Teks. (Terj. Agustinus Hartono.). Yogyakarta: Jalasutra.
Beauvoir, S.D. (2011). The Second Sex. (Constance Borde & Sheila Malovany-Chevallier). New York:Vintage Books.
Said, E. (1978). Orientalism. New York: Pantheon.
Sobur, A. (2001). Analisis Teks Media: Suatu Pengantar untuk Analisis Wacana, Analisis Semiotik dan Analisis Framing. Bandung: Penerbit PT Remaja Rosdakarya.
Sobur, A. (2006). Semiotika Komunikasi. Bandung: Penerbit PT Remaja Rosdakarya.
Sumartono. (2002). Terperangkap Dalam Iklan: Meneropong Imbas Pesan Iklan Televisi. Bandung: Alfabeta.
Tinarbuko, S. (2007). Semiotika Iklan Sosial (bagian I). Yogyakarta: Jalasutra.
Vera, N. (2014). Semiotika dalam Riset Komuni-kasi. Bogor: Ghalia Indonesia.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
- Jurnal Desain Komunikasi Visual Nirmana has the right of first publication while the author(s) retains copyright and the right to share and redistribute the work under a Creative Commons Attribution License. This license allows others to freely share and adapt the work, provided that they acknowledge the work's authorship and its initial publication in this journal.
- Upon publication, the author(s) agrees to the journal's terms of non-exclusive distribution, allowing the published version of the work to be used in other contexts (e.g., institutional repository or a book), with an acknowledgment of its initial publication in Jurnal Desain Komunikasi Visual Nirmana.
- The author(s) is also aware of the responsibility to obtain permission for the use of any copyrighted material from third parties as required by the journal.