Logo “Petitenget Festival 2018” Dalam Budaya Postmodern
:
https://doi.org/10.9744/nirmana.19.1.52-58Keywords:
Postmodern, Idiom Pastiche, Logo “Petitenget Festival”Abstract
Postmodernisme adalah suatu pergerakan ide yang menggantikan ide-ide zaman modern. Dalam logo “Petitenget Festival 2018” memiliki konteks postmodern. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis logo “Petitenget Festival 2018” dalam budaya postmodern. Penelitian ini juga diharapkan dapat memberikan manfaat untuk memberikan informasi tentang nilai estetika postmodern dan makna yang terdapat pada logo. Teori yang digunakan adalah teori postmodern, dan estetika postmodern. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif. Hasil dari penelitian ini berupa bagaimana penerapan logo “Petitenget Festival” dalam konteks postmodern. Postmodern itu sendiri dapat diliht melalui nilai estetika yang memiliki idiom idiom yang terkandung di dalam logo tersebut. Idiom estetika postmodern yang paling kuat terkait kasus diatas terdapat pada idiom pastiche. Selain itu, terdapat makna denotasi dan konotasi pada logo “Petitenget Festival 2018”.
References
Kusrianto, Adi. (2007). Pengantar Desain Komunikasi Visual. Yogyakarta: ANDI.
Pilliang, Yasraf Amir. (2010). Hypersemiotika: Tafsir Cultural Studies Atas Matinya Makna. Yogyakarta: Jalasutra.
Pilliang, Yasraf Amir. (2012). Semiotika dan Hypersemiotika. Bandung: Matahari.
Sugiyono. (2010). Metode Penelitian Pendidikan: Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R & D). Bandung: Alfabeta.
Sunarto, Wargiono. (2013). Gaya Desain: Tinjauan Sejarah. Jakarta : Pascasarjana IKJ.
Tinarbuko, Sumbo. (2009). Semiotika Komunikasi Visual. Yogyakarta: Jalasutra.
Darmawan, Ferry. (2006). Posmodernisme Kode Visual Dalam Iklan Komersial. Diunduh 25/06/19 dari https://ejournal.unisba.ac.id/ index.php/mediator/article/view/1219
..............., Jurnal PRABANGKARA. Vol. 21, No. 2 Desember 2017, pp. 68–79 diakses pada tanggal 08/01/19
Kamus Besar Bahasa Indonesia. (25 juni 2019). Tradsi. https://kbbi.web.id/tradisi
Desertasi Swandi (25 juli 2019). Estetika Post-modern. http://eprints.dinus.ac.id/ diakses pada tanggal 25/06/19.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
- Jurnal Desain Komunikasi Visual Nirmana has the right of first publication while the author(s) retains copyright and the right to share and redistribute the work under a Creative Commons Attribution License. This license allows others to freely share and adapt the work, provided that they acknowledge the work's authorship and its initial publication in this journal.
- Upon publication, the author(s) agrees to the journal's terms of non-exclusive distribution, allowing the published version of the work to be used in other contexts (e.g., institutional repository or a book), with an acknowledgment of its initial publication in Jurnal Desain Komunikasi Visual Nirmana.
- The author(s) is also aware of the responsibility to obtain permission for the use of any copyrighted material from third parties as required by the journal.