Iklan Go-Jek Versi “Munculnya Gozali” dalam Kajian Poskolonialisme

Authors

  • Cynthia Caroline Program Studi Desain Komunikasi Visual, Fakultas Seni dan Desain Universitas Kristen Petra
  • Obed Bima Wicandra Program Studi Desain Komunikasi Visual, Fakultas Seni dan Desain, Universitas Kristen Petra
  • Asthararianty Asthararianty Program Studi Desain Komunikasi Visual, Fakultas Seni dan Desain, Universitas Kristen Petra

:

https://doi.org/10.9744/nirmana.19.2.109-116

Keywords:

Iklan, GO-JEK, Munculnya Gozali, Gozali, Hibriditas, Mimikri, Poskolonialisme

Abstract

Penelitian ini mengkaji penggunaan visual figur dan bahasa hibrid dalam iklan GO-JEK versi “Munculnya Gozali” yang diunggah ke sosial media GO-JEK pada April 2018. Visual figur dan bahasa hibrid yang ada di dalam iklan GO-JEK ini menggunakan campuran antara unsur budaya Jepang dan Indonesia. Akan tetapi di dalam hal ini unsur budaya Jepang yang digunakan adalah unsur dari serial televisi superhero dan kaijyuu. Hal tersebut dapat dilihat dari tokoh, setting, dialog, subtitle, alur cerita, dan lain sebagainya yang merupakan obyek penelitian. Dalam proses penelitian ini akan digunakan teori semiotika pertelevisian oleh John Fiske sebagai instrumen pertama dari proses penelitian. Kemudian, obyek penelitian yang ada akan dianalisis dengan menggunakan teori hibriditas dan mimikri dalam kajian poskolonialisme oleh Homi K. Bhabha. Di mana kedua teori tersebut bekerja secara bersamaan dan sangat kompleks di dalam iklan. Sehingga melalui bentuk visual iklan demikian dapat dimaknai sebagai penggambaran rasa kurang percaya diri masyarakat Indonesia berkaitan dengan kemampuan anak-anak bangsa. Meskipun sebenarnya apa yang dihasilkan oleh anak-anak bangsa lebih menjawab masalah yang ada dan sesuai dengan budaya masyarakat Indonesia.

References

Aguilar, E. C. 2018, Godzilla vs Mechagodzilla 2 1993. Retrieved from https://www.youtube.com/watch?v=BvPmh-EgWR8

Ashcroft, B., Griffiths, G., & Tiffin, H. 2002, Place and Displacement. In B. Ashcroft, G. Griffiths, & H. Tiffin, The Empire Writes Back (pp. 8-11), Routledge, New York.

Ashcroft, B., Griffiths, G., & Tiffin, H. 2007, Post-Colonial Studies-The Key Concepts (2nd ed.), Routledge, New York. http://staff.uny.ac.id/sites/default/files/pendidikan/else-liliani-ssmhum/postcolonialstudiesthekeyconceptsroutledgekeyguides.pdf

Bhabha, H. K. 1994, The Location of Culture, Routledge, London.

Conway, K. 2017, Encoding/Decoding as Translation. International Journal of Communication, 710-727. Retrieved from https://ijoc.org/index.php/ijoc/article/viewFile/5922/1928

Dianti, D. E. 2013, Implementasi Konsep Kreatif Pendekatan Parodi dalam Iklan Televisi AXIS, Universitas Atma Jaya Yogyakarta, Yogyakarta. Retrieved from http://e-journal.uajy.ac.id/4296/2/1KOM02853.pdf

Dise, J. 2017, Filmmaking 101: Camera Shot Types, Retrieved from https://www.bhphotovideo.com/explora/video/tips-and-solutions/filmmaking-101-camera-shot-types

Fanon, F. 1963, On Violence. In F. Fanon, Wretched of the Earth (pp. 1-62), Groove Press, New York.

Fiske, J. 1990, Introduction to Communication Studies, Routledge, London.

Fiske, J. 1997, Television Culture. Routledge, London.

GO-JEK. (n.d.). About Us. Retrieved from GO-JEK Indonesia: https://www.go-jek.com/about/

GO-JEK Indonesia. 2018, Your GO-JEK: Gozali [Video File], Retrieved from https://www.youtube.com/watch?time_continue=8&v=-6gRSEj1PkA

Hai-tao, T. (n.d.). 2019, A Theory of Ideology, 1-11. Retrieved from http://www2.nsysu.edu.tw/sis/discuss/3A-1.pdf

Halim, A. N. 2014, Pengaruh Iklan Politik di Televisi Terhadap Sikap Pemilih Pemula pada Pemilihan Umum 2014, Universitas Lampung, Lampung. Retrieved from http://digilib.unila.ac.id/2732/7/BAB%20II.pdf

Hamadi, L. 2014, Edward Said: The Postcolonial Theory and The Literature of Decolonization, European Scientific Journal, 39-45. Retrieved from https://eujournal.org/index.php/esj/article/view/3689/3488

Hartono, Y. P. 2014, Kajian Poskolonial Terhadap Iklan Televisi Semen Tiga Roda "Pemandian 1000 Pintu", Petra Christian University, Surabaya. Retrieved from https://dewey.petra.ac.id/catalog/digital/detail?id=31541

Hutcheon, L. 1978, Parody Without Ridicule: Observations on Modern Literary Parody, Canadian Review of Comparative Literature, 5(2), 201-211. Retrieved from https://tspace.library.utoronto.ca/bitstream/1807/10261/3/TSpace0172.pdf

Inverse. 2016, Political Monster: The Secret Messages in Godzilla Movies. Retrieved https://www.inverse.com/article/22023-shin-godzilla-s-japanese-politics-and-meaning-of-godzilla-films

Ivan. 2014, Representasi Gaya Hidup pada Iklan Televisi 3 Always On: Bebas Itu Nyata Versi “Sasha”, Universitas Kristen Petra, Surabaya. Retrieved from https://dewey.petra.ac.id/catalog/digital/detail?id=31287

Jannah, V. N. 2014, Penanaman Nilai-Nilai Pancasila Khususnya Nilai Persatuan Indonesia pada Etnis Tionghoa (Studi Kasus Perkumpulan Masyarakat Surakarta 2014). Universitas Muhammadiyah Surakarta, Surakarta. http://eprints.ums.ac.id/29638/2/BAB_1.pdf

Justin, C. 2017, The History and Evolution of Godzilla [Video File]. Retrieved from https://www.youtube.com/watch?v=mO0zkzaE748

Karanja, L. 2010, "Homeless" at Home: Linguistic, Cultural, and Identity Hybridity and Third Space Positioning of kenyan Urban Youth, Education Cannadienne et Internationale, 39, 1-11. https://www.edu.uwo.ca/research/rice/downloads/karanja_cie.pdf

KBBI. 2019, Iklan. Retrieved from kbbi.web.id

KBBI. 2019, Kaji, Retrieved from kbbi.web.id/kaji

Keane, W. 2018, On Semiotic Ideology, Signs and Society, 6, 64-87. Retrieved from https://www.journals.uchicago.edu/doi/pdfplus/10.1086/695387

Korkut, N. 2005, Kinds of Parody from the Medieval to the Postmodern, Middle East Technical University, Ankara. Retrieved https://etd.lib.metu.edu.tr/upload/12606707/index.pdf

Lunga, V. B. 1997, An Examination of An African Postcolonial Experience of Language, Culture, and Identity, Amakhosi Theater Ako Bulawayo, Zimbabwe, Simon Fraser University, Ottawa. Retrieved from https://www.collectionscanada.gc.ca/obj/s4/f2/dsk3/ftp04/nq24330.pdf

Downloads

Published

2021-10-11

How to Cite

Caroline, C., Wicandra, O. B., & Asthararianty, A. (2021). Iklan Go-Jek Versi “Munculnya Gozali” dalam Kajian Poskolonialisme. Jurnal Desain Komunikasi Visual Nirmana, 19(2), 109-116. https://doi.org/10.9744/nirmana.19.2.109-116

Issue

Section

Articles