Perancangan Fotografi Ragam Hias Damar Kurung Khas Gresik dalam Fashion

Authors

  • Melia Christie Program Studi Desain Komunikasi Visual, Fakultas Seni dan Desain, Universitas Kristen Petra
  • Petrus Gogor Bangsa Program Studi Desain Komunikasi Visual, Fakultas Seni Rupa, Institut Seni Indonesia
  • Aniendya Christianna Program Studi Desain Komunikasi Visual, Fakultas Seni dan Desain, Universitas Kristen Petra

:

https://doi.org/10.9744/nirmana.20.1.38-45

Keywords:

Fotografi, Fashion, Ragam Hias Damar Kurung, Damar Kurung Gresik

Abstract

Generasi muda masih mengenal ragam hias Damar Kurung sebagai bentuk lampionnya. Padahal, Damar Kurung merupakan sebutan untuk ragam hias yang menghiasi setiap sisi lampion dan sudah diresmikan sebagai warisan budaya tak bendawi nasional. Analisis data pada perancangan ini menggunakan metode deskriptif kualitatif untuk mengetahui fenomena yang berkembang di kalangan subjek penelitian dengan lebih dalam, serta pemahaman mengenai ragam hias Damar Kurung. Tujuan perancangan ini untuk memperkenalkan Damar Kurung sebagai ragam hias pada generasi muda melalui fotografi fashion. Ragam hias Damar Kurung diaplikasikan dalam busana bergaya kasual. Pendekatan fotografi bertujuan agar dapat menunjukkan visual ragam hias Damar Kurung dengan baik. Perancangan ini menghasilkan fashion item, merchandise, dan promotion tools berupa postcard, buku katalog, dan kalender.

References

Admin. 2017, 20 Teknik Komposisi Foto untuk Meningkatkan Skill Fotografi, Retrieved from: https://www.kamerashot.com/belajar-komposisi-foto/

Andina, Y. 2019, Mengenal 11 Jenis Aturan Komposisi dalam Fotografi, Retrieved from: https://kreativv.com/fotografi/komposisi- dalam-fotografi/

Andina, Y. 2020, Mengenal Fashion Photography dan Jenis-Jenisnya. Retrieved from: https://kreativv.com/fotografi/fashion- photography/

Annisaa, R. 2014, Damar Kurung: Perjalanan Kesenian Tradisi Rakyat Gresik, Dukut Publishing, Surabaya.

Ardiati, S. 2017, Teknik-Teknik Fotografi. Retrieved from: https://www.kompasiana.com/shellyardiati11/59e6f98863eae71a3f63a072/teknik-teknik- fotografi

Awaliyah, F. 2020, Pengertian Fotografi Menurut Para Ahli dan Jenis Fotografi. Retrieved from: https://sukagitu.com/pengertian-fotografi/

Christianna, A., dan Renaningtyas, L. 2017/2018, Penelitian Ragam Hias Damar Kurung Sebagai Pengembangan Motif Batik Khas Gresik. Universitas Kristen Petra, Surabaya.

Editor02. 2017, Damar Kurung Diakui Sebagai Warisan Budaya, Retrieved from: http://www.kabargresik.com/damar-kurung- diakui-sebagai-warisan-budaya/

Gitgita. 2018, Sejarah Asal Mula dan Nama Kota Gresik, Retrieved from: http://sejarahunik.net/sejarah-kota/sejarah- asal-mula-dan-nama-kota-gresik.html

International Design School. 2015, Arti Fotografi Menurut Para Ahli. Retrieved from:https://idseducation.com/articles/fotografi- menurut-para-ahli/

Karyadi, B. 2017, Fotografi. NahlMedia, Bogor.

Koeshandari, I. I. 2009, Damar Kurung dari Masa ke Masa. Dewan Kesenian Jawa Timur, Surabaya.

Kusumabrata, R. 2015, Fotografi Fashion & Beauty Shot. Retrieved from: http://www.rkusumabrata.com/post/fotografi-fashion-beauty-shot

Nahak, H. M. 2019, Upaya Melestarikan Budaya Indonesia di Era Globalisasi. Jurnal Sosiologi Nusantara, p. 65-76.

Setiawan, S. 2020, Pengertian Fashion-Stylist, Sejarah, Manfaat, Ciri, Perkembangan, Faktor, Para Ahli, Retrieved from: https://www.gurupendidikan.co.id/pengertian-fashion/

Thalia, N. 2019, Macam-Macam Fashion Styles Ini, Menggambarkan Kepribadianmu! Style Kamu Yang Mana Nih? Retrieved from: https://www.theshonet.com/articles/macam- macam-fashion-styles-yang-menggambarkan-kepribadianmu

Tim kamerabudaya.com. 2018, Batik Gresik-Sejarah, Motif, Ciri Khas, Filosofi, Makna dan Perkembangannya. Retrieved from: https://www.kamerabudaya.com/2018/06/batik-gresik-sejarah-motif-ciri-khas-filosofi- makna-dan-perkembangannya.html

Downloads

Published

2021-12-09

How to Cite

Christie, M., Bangsa, P. G., & Christianna, A. (2021). Perancangan Fotografi Ragam Hias Damar Kurung Khas Gresik dalam Fashion. Jurnal Desain Komunikasi Visual Nirmana, 20(1), 38-45. https://doi.org/10.9744/nirmana.20.1.38-45