Perancangan Buku Ilustrasi Anxiety Disorder sebagai Media Edukasi Bagi Usia 19-24 Tahun
:
https://doi.org/10.9744/nirmana.20.2.52-61Keywords:
anxiety disorder, media edukasi, ilustrasi, 19-24 tahunAbstract
Masalah anxiety disorder banyak mendapat stigma buruk dari masyarakat karena dikaitkan dengan kegilaan. Media untuk mempelajari anxiety disorder ini masih kurang diminati oleh masyarakat, mengakibatkan kurangnya wawasan masyarakat tentang masalah ini. Bentuk buku tebal dan padat membuat kesan intimidatif bagi orang yang ingin membacanya. Maka dari itu situasi ini memerlukan media yang dapat menarik minat orang untuk membacanya. Maka dari itu media yang dipilih adalah buku ilustrasi. Ilustrasi di sini akan dijadikan sebagai cara untuk menampilkan konsep anxiety disorder dalam wujud visual. Konsep tentang macam-macam tipe anxiety disorder akan dijelaskan melalui narasi karakter. Target audiens merupakan masyarakat berusia 19- 24 tahun. Dengan adanya media ini diharapkan dapat menarik minat, menambah wawasan, serta mengubah persepsi yang mengaitkan anxiety disorder dengan kegilaan dan pengasingan.
References
Aleixo, P., & Baillon, M. (2008). Biological Psychology an Illustrated Survival Guide. John Wiley & Sons Ltd.
Artikelsiana.com. (2017). Pengertian Ilustrasi, Fungsi, Tujuan, Jenis & Contoh Ilustrasi. Retrieved from www.artikelsiana.com/2017/09/pengertian-ilustrasi-fungsi-tujuan.html
BBC News Indonesia. (2019, Oktober 10). Hari Kesehatan Jiwa Sedunia: 'Saya merasa benar-benar sendiri hingga sempat ingin bunuh diri'. Retrieved from www.bbc.com/indonesia/indonesia-49987127
Essays UK. (2018, November). The Effect of Colours: Emotion and Symbolism of Colour. Retrieved from www.ukessays.com/essays/film-studies/how-colour-affects-mood-and-emotion-film-studies-essay.php?vref=1
Goleman, D. (1995). Emotional Intelligence. Bantam Books.
Kompas. (2019, Oktober 15). Berkaca dari Kasus Sulli Mengapa Banyak Tokoh Terkenal Alami Depresi? Retrieved from Kompas.com: www.kompas.com/tren/read/2019/10/15/111052265/berkaca-dari-kasus-sulli-mengapa-banyak-tokoh-terkenal-alami-depresi?page=all
KQED Inc. US. (2017, March). These Fighting Fruit Flies Are Superheroes of Brain Science. Retrieved from KQED Science: www.kqed.org/science/1494923/these-fighting-fruit-flies-are-superheroes-of-brain-science
Maramis, W. F., & Maramis, A. A. (2010). Catatan Ilmu Kedokteran Jiwa (Edisi 2). Airlangga University Press.
Rohidi, & Tjetjep, R. (1984). Lintasan Peristiwa dan Tokoh Seni Rupa Indonesia Baru. Semarang: IKIP Semarang Press.
Soedarso. (1990). Tinjauan Seni Sebuah Pengantar Untuk Apresiasi Seni. Yogyakarta: Saku Dayar Sana.
Triadi, D., & Sugiarto, A. (2014). Color Vision. Kompas.
Tribun News. (2020, January 21). Siswi SMP yang Lompat dari Lantai 4 Sekolah Ternyata Pernah Curhat Soal ini ke Kakak. Retrieved January 30, 2020, from Tribun-Timur.com: makassar.tribunnews.com/2020/01/21/siswi-smp-yang-lompat-dari-lantai-4-sekolah-ternyata-pernah-curhat-soal-ini-ke-kakak
Weiten, W. (2013). Psychology Themes and Variations 9th edition. Wadsworth: Cengage Learning.
Witabora, J. (2012, Oktober). Peran dan Per-kembangan Ilustrasi. Humaniora. 3(2), 659-667
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
- Jurnal Desain Komunikasi Visual Nirmana has the right of first publication while the author(s) retains copyright and the right to share and redistribute the work under a Creative Commons Attribution License. This license allows others to freely share and adapt the work, provided that they acknowledge the work's authorship and its initial publication in this journal.
- Upon publication, the author(s) agrees to the journal's terms of non-exclusive distribution, allowing the published version of the work to be used in other contexts (e.g., institutional repository or a book), with an acknowledgment of its initial publication in Jurnal Desain Komunikasi Visual Nirmana.
- The author(s) is also aware of the responsibility to obtain permission for the use of any copyrighted material from third parties as required by the journal.