Perancangan Buku Ilustrasi Anxiety Disorder sebagai Media Edukasi Bagi Usia 19-24 Tahun

Authors

  • Ardika Priyata Program Studi Desain Komunikasi Visual, Fakultas Seni dan Desain, Universitas Kristen Petra
  • Heru Dwi Waluyanto Program Studi Desain Komunikasi Visual, Fakultas Seni dan Desain, Universitas Kristen Petra
  • Aznar Zacky Program Studi Desain Komunikasi Visual, Fakultas Seni Rupa, Institut Seni Indonesia Yogyakarta

DOI:

https://doi.org/10.9744/nirmana.20.2.52-61

Keywords:

anxiety disorder, media edukasi, ilustrasi, 19-24 tahun

Abstract

Masalah anxiety disorder banyak mendapat stigma buruk dari masyarakat karena dikaitkan dengan kegilaan. Media untuk mempelajari anxiety disorder ini masih kurang diminati oleh masyarakat, mengakibatkan kurangnya wawasan masyarakat tentang masalah ini. Bentuk buku tebal dan padat membuat kesan intimidatif bagi orang yang ingin membacanya. Maka dari itu situasi ini memerlukan media yang dapat menarik minat orang untuk membacanya. Maka dari itu media yang dipilih adalah buku ilustrasi. Ilustrasi di sini akan dijadikan sebagai cara untuk menampilkan konsep anxiety disorder dalam wujud visual. Konsep tentang macam-macam tipe anxiety disorder akan dijelaskan melalui narasi karakter. Target audiens merupakan masyarakat berusia 19- 24 tahun. Dengan adanya media ini diharapkan dapat menarik minat, menambah wawasan, serta mengubah persepsi yang mengaitkan anxiety disorder dengan kegilaan dan pengasingan.

References

Aleixo, P., & Baillon, M. (2008). Biological Psychology an Illustrated Survival Guide. John Wiley & Sons Ltd.

Artikelsiana.com. (2017). Pengertian Ilustrasi, Fungsi, Tujuan, Jenis & Contoh Ilustrasi. Retrieved from www.artikelsiana.com/2017/09/pengertian-ilustrasi-fungsi-tujuan.html

BBC News Indonesia. (2019, Oktober 10). Hari Kesehatan Jiwa Sedunia: 'Saya merasa benar-benar sendiri hingga sempat ingin bunuh diri'. Retrieved from www.bbc.com/indonesia/indonesia-49987127

Essays UK. (2018, November). The Effect of Colours: Emotion and Symbolism of Colour. Retrieved from www.ukessays.com/essays/film-studies/how-colour-affects-mood-and-emotion-film-studies-essay.php?vref=1

Goleman, D. (1995). Emotional Intelligence. Bantam Books.

Kompas. (2019, Oktober 15). Berkaca dari Kasus Sulli Mengapa Banyak Tokoh Terkenal Alami Depresi? Retrieved from Kompas.com: www.kompas.com/tren/read/2019/10/15/111052265/berkaca-dari-kasus-sulli-mengapa-banyak-tokoh-terkenal-alami-depresi?page=all

KQED Inc. US. (2017, March). These Fighting Fruit Flies Are Superheroes of Brain Science. Retrieved from KQED Science: www.kqed.org/science/1494923/these-fighting-fruit-flies-are-superheroes-of-brain-science

Maramis, W. F., & Maramis, A. A. (2010). Catatan Ilmu Kedokteran Jiwa (Edisi 2). Airlangga University Press.

Rohidi, & Tjetjep, R. (1984). Lintasan Peristiwa dan Tokoh Seni Rupa Indonesia Baru. Semarang: IKIP Semarang Press.

Soedarso. (1990). Tinjauan Seni Sebuah Pengantar Untuk Apresiasi Seni. Yogyakarta: Saku Dayar Sana.

Triadi, D., & Sugiarto, A. (2014). Color Vision. Kompas.

Tribun News. (2020, January 21). Siswi SMP yang Lompat dari Lantai 4 Sekolah Ternyata Pernah Curhat Soal ini ke Kakak. Retrieved January 30, 2020, from Tribun-Timur.com: makassar.tribunnews.com/2020/01/21/siswi-smp-yang-lompat-dari-lantai-4-sekolah-ternyata-pernah-curhat-soal-ini-ke-kakak

Weiten, W. (2013). Psychology Themes and Variations 9th edition. Wadsworth: Cengage Learning.

Witabora, J. (2012, Oktober). Peran dan Per-kembangan Ilustrasi. Humaniora. 3(2), 659-667

Downloads

Published

2022-01-13

Issue

Section

Articles