Perancangan Personal Branding Michael Aldi untuk Berkontribusi dalam Menghadapi College Depression pada Mahasiswa

Authors

  • Yesica Suyanti Program Studi Desain Komunikasi Visual, Fakultas Seni dan Desain, Universitas Kristen Petra
  • Maria Nala Damajanti Program Studi Desain Komunikasi Visual, Fakultas Seni dan Desain, Universitas Kristen Petra
  • Cindy Muljosumarto Program Studi Desain Komunikasi Visual, Fakultas Seni dan Desain, Universitas Kristen Petra

:

https://doi.org/10.9744/nirmana.20.2.95-105

Keywords:

College Depression, Personal Brand, Michael Aldi, Musisi Independent

Abstract

College depression merupakan depresi yang dialami oleh banyak mahasiswa dikarenakan perasaan tertekan dari bertambahnya tanggung jawab serta gaya hidup yang tidak sehat. Maka dari itu mahasiswa membutuhkan sebuah sosok atau media yang dekat dan dapat menghibur mereka, yaitu musik. Musik menjadi media yang praktis dan dapat dilakukan bersamaan disaat mereka menyelesaikan tanggung jawab mereka. Michael Aldi merupakan musisi baru dan dekat dengan mahasiswa. Michael Aldi menginginkan musiknya dapat memberikan dampak positif dan membantu pendengarnya, namun musik Michael Aldi belum tersampaikan kepada target dengan tepat karena belum memiliki Brand Identity yang jelas. Lewat perancangan dengan menggunakan metode analisis SWOT dan Product Life Cycle dapat menghasilkan personal brand serta konten media yang dapat meningkatkan awareness dan mengurangi tekanan college depression pada mahasiswa. Hasil dari perancangan menunjukan bahwa perasaan sendiri dapat menimbulkan banyak dampak buruk bagi mahasiswa yang sedang mengalami tekanan sehingga besar peran sosok teman dalam kehidupan mahasiswa, seseorang teman yang dapat mengerti memahami yang mereka rasakan sehingga mereka merasa tidak sendiri serta dapat menghibur untuk mengurangi tekanan mereka.

References

Ahsan, I. A., & Khalika, N. N. (2019, January 7). Depresi Karena Skripsi, Kampus & Dosen Wajib Menolong Mahasiswa. Retrieved from https://tirto.id/depresi-karena-skripsi-kampus-dosen-wajib-menolong-mahasiswa

Danhauer, K. J. (2005). Music as Therapy. Southern Medical Journal.

DeAnnah R. Byrd MS & Kristen J. McKinney PhD. (2012). Individual, Interpersonal, and Institutional Level Factors Associated with the Mental Health of College Students, Journal of American College Health, 60:3, 185-193, 10.1080/07448481.2011.584334

Haroen, D. (2014). Personal Branding. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama.

Kedher, M. (2013). Power Branding: Towards Conceptualization. International Conference of Business, Economics, Marketing, & Management, 2, 7-12.

Kellert, S. R., Heerwagen, J., & Mador, M. (2008). Biophilic Design: The Theory, Science and Practice of Bringing Buildings to Life.

Laasgard, M., Goossens, L., & Elklit, A. (2010). Loneliness, Depressive Symptomatology, and Suicide Ideation in Adolescence: Cross-Sectional and Longitudinal Analyses.

“Music Therapy for Depression: An Efficient, Cost-Effective Way to Treat Children and Teens”. (2014, October 22). Retrieved February 5, 2020, from www.medicaldaily.com: https://www.medicaldaily.com/music-therapy-depression-efficient-cost-effective-way-treat-children- and-teens-307725

Rampersad, H. K. (2008). Authentic Personal Branding: A New Blueprint for Building and Aligning A Powerful Leadership Brand. North Carolina: Age Publishing Inc.

Wiryawan, M. B. (2008). Kamus Brand A-Z. (V. Wardana, & D. K. Homan, Eds.) Jakarta, Indonesia: Red & White Publishing.

Downloads

Published

2022-02-04

How to Cite

Suyanti, Y., Damajanti, M. N., & Muljosumarto, C. (2022). Perancangan Personal Branding Michael Aldi untuk Berkontribusi dalam Menghadapi College Depression pada Mahasiswa. Jurnal Desain Komunikasi Visual Nirmana, 20(2), 95-105. https://doi.org/10.9744/nirmana.20.2.95-105

Issue

Section

Articles