Perancangan Personal Branding Michael Aldi untuk Berkontribusi dalam Menghadapi College Depression pada Mahasiswa
:
https://doi.org/10.9744/nirmana.20.2.95-105Keywords:
College Depression, Personal Brand, Michael Aldi, Musisi IndependentAbstract
College depression merupakan depresi yang dialami oleh banyak mahasiswa dikarenakan perasaan tertekan dari bertambahnya tanggung jawab serta gaya hidup yang tidak sehat. Maka dari itu mahasiswa membutuhkan sebuah sosok atau media yang dekat dan dapat menghibur mereka, yaitu musik. Musik menjadi media yang praktis dan dapat dilakukan bersamaan disaat mereka menyelesaikan tanggung jawab mereka. Michael Aldi merupakan musisi baru dan dekat dengan mahasiswa. Michael Aldi menginginkan musiknya dapat memberikan dampak positif dan membantu pendengarnya, namun musik Michael Aldi belum tersampaikan kepada target dengan tepat karena belum memiliki Brand Identity yang jelas. Lewat perancangan dengan menggunakan metode analisis SWOT dan Product Life Cycle dapat menghasilkan personal brand serta konten media yang dapat meningkatkan awareness dan mengurangi tekanan college depression pada mahasiswa. Hasil dari perancangan menunjukan bahwa perasaan sendiri dapat menimbulkan banyak dampak buruk bagi mahasiswa yang sedang mengalami tekanan sehingga besar peran sosok teman dalam kehidupan mahasiswa, seseorang teman yang dapat mengerti memahami yang mereka rasakan sehingga mereka merasa tidak sendiri serta dapat menghibur untuk mengurangi tekanan mereka.
References
Ahsan, I. A., & Khalika, N. N. (2019, January 7). Depresi Karena Skripsi, Kampus & Dosen Wajib Menolong Mahasiswa. Retrieved from https://tirto.id/depresi-karena-skripsi-kampus-dosen-wajib-menolong-mahasiswa
Danhauer, K. J. (2005). Music as Therapy. Southern Medical Journal.
DeAnnah R. Byrd MS & Kristen J. McKinney PhD. (2012). Individual, Interpersonal, and Institutional Level Factors Associated with the Mental Health of College Students, Journal of American College Health, 60:3, 185-193, 10.1080/07448481.2011.584334
Haroen, D. (2014). Personal Branding. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama.
Kedher, M. (2013). Power Branding: Towards Conceptualization. International Conference of Business, Economics, Marketing, & Management, 2, 7-12.
Kellert, S. R., Heerwagen, J., & Mador, M. (2008). Biophilic Design: The Theory, Science and Practice of Bringing Buildings to Life.
Laasgard, M., Goossens, L., & Elklit, A. (2010). Loneliness, Depressive Symptomatology, and Suicide Ideation in Adolescence: Cross-Sectional and Longitudinal Analyses.
“Music Therapy for Depression: An Efficient, Cost-Effective Way to Treat Children and Teens”. (2014, October 22). Retrieved February 5, 2020, from www.medicaldaily.com: https://www.medicaldaily.com/music-therapy-depression-efficient-cost-effective-way-treat-children- and-teens-307725
Rampersad, H. K. (2008). Authentic Personal Branding: A New Blueprint for Building and Aligning A Powerful Leadership Brand. North Carolina: Age Publishing Inc.
Wiryawan, M. B. (2008). Kamus Brand A-Z. (V. Wardana, & D. K. Homan, Eds.) Jakarta, Indonesia: Red & White Publishing.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
- Jurnal Desain Komunikasi Visual Nirmana has the right of first publication while the author(s) retains copyright and the right to share and redistribute the work under a Creative Commons Attribution License. This license allows others to freely share and adapt the work, provided that they acknowledge the work's authorship and its initial publication in this journal.
- Upon publication, the author(s) agrees to the journal's terms of non-exclusive distribution, allowing the published version of the work to be used in other contexts (e.g., institutional repository or a book), with an acknowledgment of its initial publication in Jurnal Desain Komunikasi Visual Nirmana.
- The author(s) is also aware of the responsibility to obtain permission for the use of any copyrighted material from third parties as required by the journal.