Potensi Penggunaan Kinect sebagai Alat Motion Capture untuk Animasi Karakter Digital

Authors

  • Aristarchus Pranayama Kuntjara International Program in Digital Media, Fakultas Seni dan Desain, Universitas Kristen Petra
  • Erandaru Erandaru International Program in Digital Media, Fakultas Seni dan Desain, Universitas Kristen Petra
  • Tommy Gunawan Program Studi Desain Komunikasi Visual, Fakultas Seni dan Desain, Universitas Kristen Petra
  • Christian Hensel Program Studi Desain Komunikasi Visual, Fakultas Seni dan Desain, Universitas Kristen Petra

:

https://doi.org/10.9744/nirmana.21.1.1-7

Keywords:

Kinect, Motion Capture, Karakter Digital, 3D

Abstract

Kinect merupakan perangkat sensor motion capture yang mulanya dipakai untuk video game controller, tapi kini digunakan untuk berbagai macam keperluan yang membutuhkan sensor gerak. Kinect relatif murah dan mudah untuk didapatkan dan dipakai sebagai motion capture untuk menggerakkan karakter digital 3D. Dalam penelitian ini, uji coba dilakukan terhadap kemampuan Kinect dalam set-up sistem motion capture yang sesederhana mungkin dan mudah untuk dapat diakses oleh awam. Dari hasil uji coba didapatkan hasil dan saran atau anjuran pemakaian dan set-up yang paling efektif untuk dapat menggerakkan sebuah karakter digital 3D. Diharapkan hasil ini dapat mendorong penggunaan potensi Kinect lebih maksimal.

References

Bilesan A., Konno, A., Behzadipour S., Tsujita, T., & Komizunai, S. (2019). Markerless Human Motion Tacking Using Microsoft Kinect SDK and Inverse Kinematics. Research Gate Human motion capture project, June 2019. https://www.researchgate.net/publication/334049964

Dutta, T. (2012). Evaluation of the KinectTM Sensor for 3-D Kinematic Measurement in the Workplace. Applied Ergonomics, 43(4), 645–649. https://doi.org/10.1016/j.apergo.2011.09.011

Microsoft. Kinect for Windows Sensor Components and Specifications. https://docs.microsoft.com/en-us/previous-versions/windows/kinect-1.8/jj131033(v=ieb.10)

Schmitz, A., Ye, M., Shapiro, R., Yang, R., & Noehren, B. (2013). Accuracy and Repeatability of Joint Angles Measured Using A Single Camera Markerless Motion Capture System. Journal of Biomechanics, 47(2), 587-591. https://doi.org/10.1016/j.jbiomech.2013.11.031

van Diest ., Stegenga, J., Wörtche, H.J., Klaas, P., Gijsbertus J, V., Claudine J.C., L. (2014). Suitability of Kinect for Measuring Whole Body Movement Patterns During Exergaming. Journal of Biomechanics, 47(12), 2925-2932. https://doi.org/10.1016/j.jbiomech.2014.07.017

Vera, L., Gimeno, J., Coma, I., Fernandez, M. (2011). Augmented Mirror: Interactive Augmented Reality System Based on Kinect. LNCS 6949, 483-486.

Zhang, Z. (2012). Microsoft Kinect Sensor and Its Effect. IEEE MultiMedia, 19(2), pp. 4-10, https://doi.org/10.1109/MMUL.2012.24

Downloads

Published

2022-02-04

How to Cite

Kuntjara, A. P., Erandaru, E., Gunawan, T., & Hensel, C. (2022). Potensi Penggunaan Kinect sebagai Alat Motion Capture untuk Animasi Karakter Digital. Jurnal Desain Komunikasi Visual Nirmana, 21(1), 1-7. https://doi.org/10.9744/nirmana.21.1.1-7