Perancangan Animasi 2D sebagai Media Edukasi tentang Penyu bagi Anak-Anak
:
https://doi.org/10.9744/nirmana.21.1.17-28Keywords:
Anak-anak, Animasi 2D, Media Edukasi, PenyuAbstract
Penyu adalah salah satu biota laut yang jumlah populasinya semakin sedikit dan terancam punah di Indonesia. Laju kepunahan akan semakin cepat jika kesadaran masyarakat akan perlunya kelestarian penyu tidak ditumbuhkan sejak dini. Media edukasi yang berpotensi untuk memberikan informasi tentang kehidupan penyu adalah media narasi visual yaitu animasi 2D. Proses pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi terlibat, wawancara, menyebarkan kuesioner kepada audiens (anak-anak), dan kajian pustaka. Metode perancangan yang digunakan adalah metode design thinking. Proses uji coba dilakukan dengan cara menyebar kuesioner kepada anak-anak. Proses uji coba dilakukan dalam dua tahap. Tahap pertama adalah menyebarkan kuesioner pre-test (sebelum responden menonton animasi) dan tahap kedua adalah kuesioner post-test (setelah responden menerima stimulus berupa animasi 2D). Hasil uji kuesioner antara pre-test dan post-test akan dibandingkan untuk melihat peningkatan aspek pengetahuan/kognitif responden terkait tentang kehidupan penyu setelah dia menetas. Kesimpulan dari perancangan ini adalah secara umum terjadi peningkatan pada seluruh variabel pengetahuan anak terhadap penyu setelah menonton media animasi yang dirancang. Peningkatan itu antara lain: a) pengetahuan anak tentang karakteristik penyu (61%); b) pengetahuan anak tentang predator penyu (54%); dan c) pengetahuan anak mengenai faktor penyebab kepunahan penyu (24%).
References
Arsyad, A. (2013). Media Pembelajaran. Jakarta: Rajagrafindo Persada.
Baker, M. M., Grundy, M., Junmookda, K. D., Macer, D. R., Manzanero, L. I., Reyes, D. P., . . . Waller, A. R. (2019). Environmental Ethics Education. Christchurch: Eubios Ethics Institute.
Campbell, J. (2008). The Hero with A Thousand Faces. California: Novato.
Caputo, T. C. (2003). Visual Storytelling: The Art and Technique. New York: Watson-Guptill Publications.
Field, S. (1984). Screenplay: The Foundations of Screenwriting. New York: Bantam Dell.
Herman, D. (2009). Basic Elements of Narrative. West Sussex: Blackwell Publishing.
Isbister, K. (2006). Better Game Characters By Design. San Fransisco: Morgan Kaupmann Publisher.
Jahja, Y. (2015). Psikologi Perkembangan. Jakarta: Prenadamedia Group.
Krismono, A. S., Fitriyanto, A., & Wiadnyana, N. N. (2010). Aspek Morfologi, Reproduksi, dan Perilaku Penyu Hijau (Chelonia Mydas) di Pantai Pangumbahan, Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat. BAWAL, 3, 93-101.
Prakosa, G. (2010). Animasi: Pengetahuan Dasar Film Animasi Indonesia. Jakarta: Yayasan Visual Indonesia (Nalar).
Suparno, & Yunus, M. (2007). Keterampilan Dasar Menulis. Jakarta: Universitas Terbuka.
Yoh, K., Uchiyama, C., Hung, P.-H., & Doi, K. (2018). A Video-based Approach to Promote Safe Driving Among Foreign Visitors to Japan. IATSS Research, 00193.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
- Jurnal Desain Komunikasi Visual Nirmana has the right of first publication while the author(s) retains copyright and the right to share and redistribute the work under a Creative Commons Attribution License. This license allows others to freely share and adapt the work, provided that they acknowledge the work's authorship and its initial publication in this journal.
- Upon publication, the author(s) agrees to the journal's terms of non-exclusive distribution, allowing the published version of the work to be used in other contexts (e.g., institutional repository or a book), with an acknowledgment of its initial publication in Jurnal Desain Komunikasi Visual Nirmana.
- The author(s) is also aware of the responsibility to obtain permission for the use of any copyrighted material from third parties as required by the journal.