Perancangan Animasi 2D sebagai Media Edukasi tentang Penyu bagi Anak-Anak

Authors

  • Angelia Lionardi Fakultas Industri Kreatif, Universitas Telkom

:

https://doi.org/10.9744/nirmana.21.1.17-28

Keywords:

Anak-anak, Animasi 2D, Media Edukasi, Penyu

Abstract

Penyu adalah salah satu biota laut yang jumlah populasinya semakin sedikit dan terancam punah di Indonesia. Laju kepunahan akan semakin cepat jika kesadaran masyarakat akan perlunya kelestarian penyu tidak ditumbuhkan sejak dini. Media edukasi yang berpotensi untuk memberikan informasi tentang kehidupan penyu adalah media narasi visual yaitu animasi 2D. Proses pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi terlibat, wawancara, menyebarkan kuesioner kepada audiens (anak-anak), dan kajian pustaka. Metode perancangan yang digunakan adalah metode design thinking. Proses uji coba dilakukan dengan cara menyebar kuesioner kepada anak-anak. Proses uji coba dilakukan dalam dua tahap. Tahap pertama adalah menyebarkan kuesioner pre-test (sebelum responden menonton animasi) dan tahap kedua adalah kuesioner post-test (setelah responden menerima stimulus berupa animasi 2D). Hasil uji kuesioner antara pre-test dan post-test akan dibandingkan untuk melihat peningkatan aspek pengetahuan/kognitif responden terkait tentang kehidupan penyu setelah dia menetas. Kesimpulan dari perancangan ini adalah secara umum terjadi peningkatan pada seluruh variabel pengetahuan anak terhadap penyu setelah menonton media animasi yang dirancang. Peningkatan itu antara lain: a) pengetahuan anak tentang karakteristik penyu (61%); b) pengetahuan anak tentang predator penyu (54%); dan c) pengetahuan anak mengenai faktor penyebab kepunahan penyu (24%).

References

Arsyad, A. (2013). Media Pembelajaran. Jakarta: Rajagrafindo Persada.

Baker, M. M., Grundy, M., Junmookda, K. D., Macer, D. R., Manzanero, L. I., Reyes, D. P., . . . Waller, A. R. (2019). Environmental Ethics Education. Christchurch: Eubios Ethics Institute.

Campbell, J. (2008). The Hero with A Thousand Faces. California: Novato.

Caputo, T. C. (2003). Visual Storytelling: The Art and Technique. New York: Watson-Guptill Publications.

Field, S. (1984). Screenplay: The Foundations of Screenwriting. New York: Bantam Dell.

Herman, D. (2009). Basic Elements of Narrative. West Sussex: Blackwell Publishing.

Isbister, K. (2006). Better Game Characters By Design. San Fransisco: Morgan Kaupmann Publisher.

Jahja, Y. (2015). Psikologi Perkembangan. Jakarta: Prenadamedia Group.

Krismono, A. S., Fitriyanto, A., & Wiadnyana, N. N. (2010). Aspek Morfologi, Reproduksi, dan Perilaku Penyu Hijau (Chelonia Mydas) di Pantai Pangumbahan, Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat. BAWAL, 3, 93-101.

Prakosa, G. (2010). Animasi: Pengetahuan Dasar Film Animasi Indonesia. Jakarta: Yayasan Visual Indonesia (Nalar).

Suparno, & Yunus, M. (2007). Keterampilan Dasar Menulis. Jakarta: Universitas Terbuka.

Yoh, K., Uchiyama, C., Hung, P.-H., & Doi, K. (2018). A Video-based Approach to Promote Safe Driving Among Foreign Visitors to Japan. IATSS Research, 00193.

Downloads

Published

2022-02-04

How to Cite

Lionardi, A. (2022). Perancangan Animasi 2D sebagai Media Edukasi tentang Penyu bagi Anak-Anak. Jurnal Desain Komunikasi Visual Nirmana, 21(1), 17-28. https://doi.org/10.9744/nirmana.21.1.17-28