Perancangan Aplikasi sebagai Wadah Penggemar Kopi di Indonesia
:
https://doi.org/10.9744/nirmana.21.1.38-53Keywords:
Indonesia, Kopi, Spesial, Komunitas, Wadah, OnlineAbstract
Di Indonesia budaya minum kopi sudah ada semenjak jaman VOC (Vereenigde Oost-Indische Compagnie) datang ke Indonesia. Budaya tersebut terus berkembang hingga saat era kopi memasuki gelombang ketiga yang dikenal dengan Third Wave Coffee. Pada era ini, terjadi perubahan sudut pandang tentang kopi yang tidak hanya sebatas komoditas untuk diminum namun sudah menjadi seni dan pengetahuan dari hulu ke hilir hingga kopi disajikan pada cangkir. Adanya kopi gelombang ketiga dan terlahirnya Kopi spesial membuat komunitas terbentuk di Indonesia, bahkan lahirnya asosiasi kopi di Indonesia melambangkan perkembangan kopi di Indonesia. Dengan adanya komunitas yang terbentuk, belum ada media dengan wadah online yang memberi fasilitas untuk para penggemarnya. Oleh karena itu, Kavi coffee app hadir untuk menyelesaikan masalah sebagai wadah interaktif online untuk para penggemar kopi di Indonesia.
References
(2019, February 14). Pertumbuhan Industri Kopi Diharapkan Dorong Lahirnya Lebih Banyak Petani Kopi Milenial.
, Konsumsi Kopi Indonesia Diprediksi Mencapai 370 Ribu Ton| Databoks. (2018). https://databoks.katadata.co.id/datapublish/2018/07/31/2021konsumsikopi-indonesia-diprediksi-mencapai-370-ribu-ton
Aizeindra, Y. (2018,). 5 Tipe Green Coffee Buyer Ketika Membeli Biji Kopi. Majalah Otten Coffee. https://majalah.ottencoffee.co.id/5-tipe-green-coffee-buyer-ketika-membeli-bijikopi/
Aizeindra, Y. (2019a, June 23). Seperti Apa Sebenarnya Specialty Coffee. Majalah Otten Coffee. https://majalah.ottencoffee.co.id/seperti-apa sebenarnya-specialty-coffee/
Aizeindra, Y. (2019b, December 13). Coffee Trip: Tips Petik Kopi Dari Petani Kopi Mandailing. Majalah Otten Coffee. https://majalah.ottencoffee.co.id/ tips-petik-kopi/
Andani, M. (2020, January 10). Nongkrong Sambil Ngopi Jadi Tren Anak Muda Masa Kini. RMOLSUMUT. https://www.rmolsumut.id/nongkrong-sambilngopijadi-tren-anak-muda-masa-kini
Anjarwati, J. (2020, February 2). Media Sosial: Pengertian, Jenis, Fungsi, dan Contoh. FA Tekno. https://tekno.foresteract.com/media-sosial/antaranews.com.
Aplikasi Fore Coffee Trending di App Store dan Play Store, Apa sih itu? (2019, October 30). https://www.mainmain.id/r/3662/aplikasi-fore-coffee-trending-diapp-store-dan-play-store-apa-sih-itu
Cahyani, D. R. (2019). Cocok untuk Millenial, Bisnis Kopi Cukup Bermodal Rp 17 Juta-Bisnis Tempo.co. https://bisnis.tempo.co/read/1245208/cocok-untuk-millenial-bisnis-kopi-cukup bermodal-rp-17-juta
CNN, I. (2020). Pengguna Aplikasi Video Conference Imbas WFH di RI Meningkat. Teknologi. https://www.cnnindonesia.com/teknologi/20200323074557-213-485895/pengguna-aplikasi-video-conference-imbas-wfh-di-ri-meningkat
Colonna-Dashwood, M., & Jay, T. (2017). The Coffee Dictionary: An A--Z of Coffee, from Growing & Roasting to Brewing & Tasting. Chronicle Books.
Devvany, G., Ivana, S.H. (2017). Kajian Budaya Minum Kopi Indonesia. Retrieved from: https://trijurnal.lemlit.trisakti.ac.id/dimensi/article/view/1785
Dhir, R. (2019, June 25). How Interactive Media Works. Investopedia. https://www.investopedia.com/terms/i/interactive-media.asp
DP, Yustinus A. (2019). Penyebab Utama Anjloknya Harga Kopi Indonesia | Ekonomi. Bisnis.Com. https://ekonomi.bisnis.com/read/20190717/12/1125213/penyebab-utama-anjloknya-harga-kopi-indonesia
Freeman, J., Freeman, C., Duggan, T., McLachlan, C., & Ott, M. (2012). The Blue Bottle Craft of Coffee: Growing, Roasting, and Drinking, with Recipes (1st ed). Ten Speed Press.
GAIN. (2019). Indonesia: Coffee Semi-annual | USDA Foreign Agricultural Service. https://www.fas.usda.gov/data/indonesia-coffee-semi-annual-5
Guntoro. (2020, September 17). √ Apa itu Aplikasi Mobile ? Inilah Ulasan Lengkapnya ! Badoy Studio. https://badoystudio.com/aplikasi-mobile/
Handayani, I. (2018, March 15). Kopi Jadi Bagian Gaya Hidup Kaum Milenial. beritasatu.com. https://www.beritasatu.com/feri-awan hidayat/archive/483382/kopi-jadi-bagian-gaya-hidup-kaum-milenial
Herlangga, K. G. D. (2016, July 3). Virtual Reality dan Perkembangannya. CodePolitan.Com. https://www.codepolitan.com/virtual-reality-dan perkembangannya
Herlyana, E. (2012). Fenomena Coffee Shop Sebagai Gejala Gaya Hidup Baru Kaum Muda. Retrieved from Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta: https://www.google.com/url?sa=t&rct=j&q=&esrc=s&source=web&cd=&ved=2ahUKEwic0tGZvKnsAhWHIbcAHUoyDDoQFjAAegQIBhAC&url=http%3A%2F%2Fejournal.uinsuka.ac.id%2Fadab%2Fthaqafiyyat%2Farticle% 2Fdownload%2F43%2F42&usg= AOvVaw2ptAt23tHZ47YU4LQlhcRR
Hidayah, Manarul. (2020). Sempat Diremehkan, 3 Pekerjaan ini Malah Semakin Diminati. https://www.rancah.com/life-style/15517/sempat-diremehkan-3-pekerjaan-ini-malah-semakin-diminati/
Holl, Konstantin, & Elberzhager, F. (2019). Mobile Application - An Overview Science Direct Topics. https://www.sciencedirect.com/topics/computer science/mobile-application
Indozone. (2019, October 8). Kopi, Jadi Ladang Bisnis yang Menjanjikan Bagi Milenial. https://www.indozone.id/news/jzsyRl/kopi-jadi-ladang-bisnis-yang-menjanjikan-bagi-milenial
JawaPos.com. (2019). Jadi Tongkrongan Anak-Anak Millenial, Harus Rajin Bikin Inovasi Produk. https://radarbali.jawapos.com/read/2019/12/01/168320/jadi-tongkrongan-anak-anak-millenial-harus-rajin-bikin-inovasi-produk
Jogiyanto, H. M. (2005). Analisa dan Desain Sistem Informasi Pendekatan Terstruktur Teori dan Aplikasi Bisnis. Yogyakarta: CV. Andi Offset.
Kasapakis, V., & Gavalas, D. (2015). Pervasive Gaming: Status, Trends and Design Principles. Retrieved from Department of Cultural Technology and Communication University of the Aegean, Mytilene, Greece : http://portal.lib.aegean.gr/
Keepo.me. (2018, November 16). Café Bagi Milenial, Lebih dari Sekadar Tempat Mengisi Perut! | Keepo.me. LINE TODAY. https://today.line.me/id/v2/article/MQwEya
Kramer, W. (2000). What Is A Game? http://www.thegamesjournal.com/articles/WhatIsaGame.shtml
Kurniawan, K. (2019). Pengertian Website Lengkap 2020: Definisi, Jenis, Manfaat. Projasaweb. https://projasaweb.com/pengertian- website/
Linda. (2020, June 26). Yuk Kenali Pengertian Teknologi Virtual Reality (VR). Carisinyal. https://carisinyal.com/teknologi-virtual-reality/
Masdakaty, Y.(2015, November 3). Mengenal Macam-Macam Proses Pengolahan Kopi. Majalah Otten Coffee. https://majalah.ottencoffee.co.id/mengenal- macam-macamproses-kopi/
Morel, G. (2015). Linear vs. Non-Linear Television. https://www.linkedin.com/pulse/linear-vs-non-linear-television-guillaume-morel
Mubarok, I. (2018, April 11). Memaksimalkan Media Sosial untuk Bisnis Online. Niagahoster Blog. https://www.niagahoster.co.id/blog/media-sosial untuk-bisnis/
Mustofa, R.H. (2019, January 22). “The Third Wave Coffee” Halamanall — Kompasiana.com. https://www.kompasiana.com/rochman_hadi/5c4616df677ffb590f236758/thethird-wave-coffee?page=all
Nurhanisah, Yuli. (2019). Yuk, Kenalan dengan Millenial Indonesia! | Indonesia Baik. http://indonesiabaik.id/infografis/yuk-kenalan-dengan-millenialindonesia
Nurikhsan, F., Indrianie, W.S., & Safitri, D. (2019). Fenomena Coffee Shop di Kalangan Konsumen Remaja. Widya Komunika. 9( 2).
Pengaruh Teknologi Digital pada Industri Kuliner. (2019, May 10). https://highlight.id/pengaruh-teknologi-digital-pada-industrikuliner/
Radiegtya, W. E. (2018, March 29). 3 Teknologi yang Terbukti Handal untuk Membangun Aplikasi Mobile Multi Platform. Medium. https://medium.com/@radiegtya/3-teknologi-yang-terbukti-handal-untuk-membangun-aplikasi-mobile-multi-platform-1001ca69e4ba
Ramadhan, B. (2020, April 8). Data Internet di Indonesia dan Perilakunya Tahun 2020. Medium. https://teknoia.com/data-internet-di-indonesia-dan-perilakunya880c7bc7cd19
Riyadi, S. (2017, July 13). 27 Istilah Informasi Teknologi di Jagad Maya - Kompasiana.com. https://www.kompasiana.com/pipot/5966ed9282386a14a322fc62/27-istilah-informasi-teknologi-di-jagad- raya
Saffer, & (n.d.). Designing for Interaction: Creating Innovative Application and Devices.
Satria. (2018, July 31). Milenial yang Rakus Kopi. Blog Kopi Paling Enak. http://kopikopikopi. com/milenial-rakus-kopi/
Setiawan, S. (2020, August 5). Pengertian Advertising – Periklanan, Tujuan, Fungsi, Manfaat, Dampak, Ciri, Komponen, Syarat. GuruPendidikan.Com. https://www.gurupendidikan.co.id/pengertian-advertising/
Soekanto, S. (2002). Sosiologi: Suatu Pengantar. RajaGrafindo Persada.
Solikatun, Drajat, T.K., Argyo D. (2015). Perilaku Konsumsi Kopi Sebagai Budaya Masyarakat Konsumsi: Studi Fenomenologi pada Peminum Kopi di Kedai Kopi Kota Semarang. Retrieved from: https://jurnal.uns.ac.id/jas/article/view/17410
Somantri, I.Z. (2011). Hyakugo Sebagai Multimedia Interaktif Pembelajaran Kanji N5. Retrieved from: https://elib.unikom.ac.id/download.php?id=146806
Sutrisni, A. (2019, October 12). Interaksi Sosial: Pengertian, Syarat, Ciri, Jenis, dan Faktornya Halaman all—Kompas.com. https://www.kompas.com/skola/read/2019/12/10/161818569/interaksi-sosial-pengertian-syarat-ciri-jenis-dan-faktornya?page=all
Toffin. (2020, July 12). Riset Toffin – Toffin. https://toffin.id/?p=2830
Trautman, E. (2018, July 12). Interactive Video: How to Keep The Attention of Your Audience. Kaltura. https://corp.kaltura.com/blog/interactive- video-what-it-is-why-it-matters-and-why-it-doesnt- always-work/
Treisna, M. (2015, August 27). 6 Profesi Penting dalam Dunia Kopi. Majalah Otten Coffee. https://majalah.ottencoffee.co.id/6-profesi-penting- dalam dunia-kopi/
Vosmeer, M., & Schouten, B. (2014). Interactive Cinema: Engagement and Interaction Games & Play Research Group, CREATE-IT Applied Research. Retrieved from Amsterdam University of Applied Sciences, Amsterdam, The Netherlands: https://www.amsterdamuas.com/research/publication s/publications.html
Vyond. (2020, February 3). Interactive Videos: 68 Best Examples We’ve Ever Seen Vyond. https://www.vyond.com/resources/interactive-video-examples/
What is a Mobile Application? - Definition from Techopedia. (2020). Techopedia.Com. http://www.techopedia.com/definition/2953/mobile application-mobile-app
What is Application Software? - Definition from Techopedia. (2020). https://www.techopedia.com/definition/4224/application-software
Wijaya, Y. (2014, April 24). Pengertian Multimedia Interaktif. Blog Yoga Permana Wijaya. https://yogapermanawijaya.wordpress.com/2014/04/24/pengertian-multimediainteraktif-2/
Wijayanti, S. (2020, June 27). 10 Ciri Dasar Generasi Millennial, Kamu TermasukGakNih? https://www.idntimes.com/life/inspiration/sintawijayantid/10-ciri-dasar-generasi-millennial-c1c2/9
Yolanda, V. (2020). Strategi Kedai Kopi untuk Bertahan Dikala Serangan Pandemik COVID-19! Journal. https://wia.id/journal/strategi-kedai-kopi- untuk-bertahan-dikala-serangan-pandemik-covid-19/
Yuliandri, M. Triesna. (2015, August 6). Sejarah “First, Second and Third Wave Coffee.” Majalah Otten Coffee. https://majalah.ottencoffee.co.id/sejarah-first-second-and-third-wave-coffee/
Yusron. (2020). Pengertian Seni Adalah: Jenis dan Contoh-Contohnya [Lengkap]. Belajar Giat. https://belajargiat.id/seni/
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
- Jurnal Desain Komunikasi Visual Nirmana has the right of first publication while the author(s) retains copyright and the right to share and redistribute the work under a Creative Commons Attribution License. This license allows others to freely share and adapt the work, provided that they acknowledge the work's authorship and its initial publication in this journal.
- Upon publication, the author(s) agrees to the journal's terms of non-exclusive distribution, allowing the published version of the work to be used in other contexts (e.g., institutional repository or a book), with an acknowledgment of its initial publication in Jurnal Desain Komunikasi Visual Nirmana.
- The author(s) is also aware of the responsibility to obtain permission for the use of any copyrighted material from third parties as required by the journal.