Perancangan Branding ”Ceripta” Kerajinan Perca Batik dengan Nilai Jual Tinggi Bagi Milenial

Authors

  • Ceicillia Jeanne Program Studi Desain Komunikasi Visual, Fakultas Seni dan Desain, Universitas Kristen Petra
  • Ahmad Adib Program Studi Desain Komunikasi Visual, Fakultas Seni dan Desain, Universitas Kristen Petra
  • Ani Wijayanti Suhartono Program Studi Desain Komunikasi Visual, Fakultas Seni dan Desain, Universitas Kristen Petra

:

https://doi.org/10.9744/nirmana.21.1.54-62

Keywords:

Ceripta, Kerajinan Perca, Batik Perca, Aksesoris Batik Perca

Abstract

Ceripta merupakan sebuah brand kerajinan batik perca yang menyediakan produk kerajinan seperti tas dan dompet sebagai produk utama dan aksesoris pelengkap lainya, semua produk menggunakan utama batik perca sebagai bahan utama. Usaha ini dirintis berlatar belakang keinginan untuk merubah pandangan milenial lokal yang beranggapan bahwa batik itu kuno dan kain perca dianggap kurang layak untuk di-styling dengan fashion masa kini. Berdasarkan kesimpulan di atas maka perancangan yang dilakukan meliputi perancangan produk, branding dan media promosinya. Produk dirancang supaya memiliki model yang lebih modern. Sedangkan branding dirancang beserta implementasi brand bertujuan agar Ceripta sebagai brand baru dapat memiliki nyawa sehingga dapat menghidupkan brand dengan identitas yang jelas dan pas dengan target audience-nya. Perancangan promosi juga disesuaikan menggunakan media yang relevan dengan milenial. Perancangan ini diharapkan dapat meningkatkan awareness, mengembangkan bisnis dari Ceripta, dan membantu Ceripta bersaing dengan brand lokal lain.

References

Negara Tujuan Ekspor Batik Indonesia. (2017). Retrieved from http://montypythondirect.com/4-negara-tujuan-ekspor-batik-indonesia/

Ajrun, M. (n.d). Pengertian Batik dan Jenis Batik. Retrived from https://www.academia.edu/38043595/Pengertian_Batik_dan_Jenis_Batik

Binus, Library. (n.d.). Retrieved from https://library.binus.ac.id/eColls/eThesisdoc/Bab2/Bab%202_09-219.pdf

Fajar, M. (2019, September 17). Ingin Bisnis? Ini 5 Peluang Usaha yang Menjanjikan di Tahun 2020. Retrieved from https://www.suara.com/ yoursay/2019/09/16/200000/ingin-bisnis-ini-5-peluang-usaha-yang-menjanjikan-di-tahun-2020

Kamus Besar Bahasa Indonesia. (n.d.). Kerajinan. Retrieved from https://kbbi.web.id/kerajinan

Kamus Besar Bahasa Indonesia. (n.d.). Perca. Retrieved from https://kbbi.web.id/perca

Kamus Besar Bahasa Indonesia. (n.d.). Perancangan. Retrieved from https://kbbi.web.id/perancangan

Koesno, D. (2016, October 20). Pria Kreatif Ini Merajut Untung dari Limbah Kain Perca. Retrieved from https://www.liputan6.com/bisnis/read/2630203/pria-kreatif-ini-merajut-untung-dari-limbah-kain-perca

Kotler, P., & Amstrong, G. (2004). Dasar-Dasar Pemasaran. Jakarta: PT.Indeks.

Kurniawan, Denny. (2008). Perancangan Logo dan Mascot untuk Mendukung Promosi

Wisata Kuliner Malam Warung Tradisional di Surabaya. (TA No. 00111229/DKV/2008).

Undergraduate Thesis, Universitas Kristen Petra, Surabaya.

Novia. (2017, November 2). Semua Tentang Branding yang Harus Anda Tahu. Retrieved from https://www.jurnal.id/id/blog/2017-semua-tentang-branding-yang-harus-anda-tahu/

Putri, B. R. T., (2017). Manajemen Pemasaran. Denpasar: Fakultas Peternakan Universitas Udayana

Ramanda, Akhmad. (2011). Tinjauan Makna Visual Logo Bank BJB. Jurusan Desain Komunikasi Visual, Fakultas Desain. Bandung: Universitas Komputer Indonesia

Rangkuti, F. (2004). The Power of Brands. Jakarta, Indonesia: PT Gramedia Pustaka Utama

Riani, A. (208, Desember). Detail Pembeda Batik Yogya dan Solo, Sudahkah Anda Tahu?. Retrieved from https://www.liputan6.com/lifestyle/read/3814104/detail-pembeda-batik-yogya-dan-solo-sudahkah-anda-tahu

Rita. (2018). Brand Equity. Retrieved from http://bbs.binus.ac.id/international-marketing/2018/09/brand-equity/

Sitorus, O. F., & Utami, N. (2017). Strategi Promosi Pemasaran. Jakarta: FKIP UHAMKA

Sukirno, S. (2013). Pengantar Bisnis Edisi Pertama (1 ed.). Jakarta: Kencana.

Yasmin, P. (2020). Milenial Jadi Kata Terpopuler di KBBI dan Google 2019, Apasih Artinya ?. Retrieved from https://news.detik.com/berita/d-4849528/milenial-jadi-kata-terpopuler-di-kbbi-dan-google-2019-apa-sih-artinya

Downloads

Published

2022-02-04

How to Cite

Jeanne, C., Adib, A., & Suhartono, A. W. (2022). Perancangan Branding ”Ceripta” Kerajinan Perca Batik dengan Nilai Jual Tinggi Bagi Milenial. Jurnal Desain Komunikasi Visual Nirmana, 21(1), 54-62. https://doi.org/10.9744/nirmana.21.1.54-62