Perancangan Branding ”Ceripta” Kerajinan Perca Batik dengan Nilai Jual Tinggi Bagi Milenial
:
https://doi.org/10.9744/nirmana.21.1.54-62Keywords:
Ceripta, Kerajinan Perca, Batik Perca, Aksesoris Batik PercaAbstract
Ceripta merupakan sebuah brand kerajinan batik perca yang menyediakan produk kerajinan seperti tas dan dompet sebagai produk utama dan aksesoris pelengkap lainya, semua produk menggunakan utama batik perca sebagai bahan utama. Usaha ini dirintis berlatar belakang keinginan untuk merubah pandangan milenial lokal yang beranggapan bahwa batik itu kuno dan kain perca dianggap kurang layak untuk di-styling dengan fashion masa kini. Berdasarkan kesimpulan di atas maka perancangan yang dilakukan meliputi perancangan produk, branding dan media promosinya. Produk dirancang supaya memiliki model yang lebih modern. Sedangkan branding dirancang beserta implementasi brand bertujuan agar Ceripta sebagai brand baru dapat memiliki nyawa sehingga dapat menghidupkan brand dengan identitas yang jelas dan pas dengan target audience-nya. Perancangan promosi juga disesuaikan menggunakan media yang relevan dengan milenial. Perancangan ini diharapkan dapat meningkatkan awareness, mengembangkan bisnis dari Ceripta, dan membantu Ceripta bersaing dengan brand lokal lain.
References
Negara Tujuan Ekspor Batik Indonesia. (2017). Retrieved from http://montypythondirect.com/4-negara-tujuan-ekspor-batik-indonesia/
Ajrun, M. (n.d). Pengertian Batik dan Jenis Batik. Retrived from https://www.academia.edu/38043595/Pengertian_Batik_dan_Jenis_Batik
Binus, Library. (n.d.). Retrieved from https://library.binus.ac.id/eColls/eThesisdoc/Bab2/Bab%202_09-219.pdf
Fajar, M. (2019, September 17). Ingin Bisnis? Ini 5 Peluang Usaha yang Menjanjikan di Tahun 2020. Retrieved from https://www.suara.com/ yoursay/2019/09/16/200000/ingin-bisnis-ini-5-peluang-usaha-yang-menjanjikan-di-tahun-2020
Kamus Besar Bahasa Indonesia. (n.d.). Kerajinan. Retrieved from https://kbbi.web.id/kerajinan
Kamus Besar Bahasa Indonesia. (n.d.). Perca. Retrieved from https://kbbi.web.id/perca
Kamus Besar Bahasa Indonesia. (n.d.). Perancangan. Retrieved from https://kbbi.web.id/perancangan
Koesno, D. (2016, October 20). Pria Kreatif Ini Merajut Untung dari Limbah Kain Perca. Retrieved from https://www.liputan6.com/bisnis/read/2630203/pria-kreatif-ini-merajut-untung-dari-limbah-kain-perca
Kotler, P., & Amstrong, G. (2004). Dasar-Dasar Pemasaran. Jakarta: PT.Indeks.
Kurniawan, Denny. (2008). Perancangan Logo dan Mascot untuk Mendukung Promosi
Wisata Kuliner Malam Warung Tradisional di Surabaya. (TA No. 00111229/DKV/2008).
Undergraduate Thesis, Universitas Kristen Petra, Surabaya.
Novia. (2017, November 2). Semua Tentang Branding yang Harus Anda Tahu. Retrieved from https://www.jurnal.id/id/blog/2017-semua-tentang-branding-yang-harus-anda-tahu/
Putri, B. R. T., (2017). Manajemen Pemasaran. Denpasar: Fakultas Peternakan Universitas Udayana
Ramanda, Akhmad. (2011). Tinjauan Makna Visual Logo Bank BJB. Jurusan Desain Komunikasi Visual, Fakultas Desain. Bandung: Universitas Komputer Indonesia
Rangkuti, F. (2004). The Power of Brands. Jakarta, Indonesia: PT Gramedia Pustaka Utama
Riani, A. (208, Desember). Detail Pembeda Batik Yogya dan Solo, Sudahkah Anda Tahu?. Retrieved from https://www.liputan6.com/lifestyle/read/3814104/detail-pembeda-batik-yogya-dan-solo-sudahkah-anda-tahu
Rita. (2018). Brand Equity. Retrieved from http://bbs.binus.ac.id/international-marketing/2018/09/brand-equity/
Sitorus, O. F., & Utami, N. (2017). Strategi Promosi Pemasaran. Jakarta: FKIP UHAMKA
Sukirno, S. (2013). Pengantar Bisnis Edisi Pertama (1 ed.). Jakarta: Kencana.
Yasmin, P. (2020). Milenial Jadi Kata Terpopuler di KBBI dan Google 2019, Apasih Artinya ?. Retrieved from https://news.detik.com/berita/d-4849528/milenial-jadi-kata-terpopuler-di-kbbi-dan-google-2019-apa-sih-artinya
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
- Jurnal Desain Komunikasi Visual Nirmana has the right of first publication while the author(s) retains copyright and the right to share and redistribute the work under a Creative Commons Attribution License. This license allows others to freely share and adapt the work, provided that they acknowledge the work's authorship and its initial publication in this journal.
- Upon publication, the author(s) agrees to the journal's terms of non-exclusive distribution, allowing the published version of the work to be used in other contexts (e.g., institutional repository or a book), with an acknowledgment of its initial publication in Jurnal Desain Komunikasi Visual Nirmana.
- The author(s) is also aware of the responsibility to obtain permission for the use of any copyrighted material from third parties as required by the journal.