Perancangan Video Game Sebagai Media Edukasi Tentang Pandangan Kontra dari Amnesty International Terhadap Pelaksanaan Hukuman Mati

Authors

  • Liana Atmaja Program Studi Desain Komunikasi Visual, Fakultas Seni dan Desain, Universitas Kristen Petra
  • Denny Tri Ardianto Program Studi Desain Komunikasi Visual, Fakultas Seni dan Desain, Universitas Kristen Petra
  • Paulus Benny Setyawan Program Studi Desain Komunikasi Visual, Fakultas Seni dan Desain, Universitas Kristen Petra

DOI:

https://doi.org/10.9744/nirmana.21.2.63-72

Keywords:

Hukuman Mati, Permainan, Amnesty International, Kontra

Abstract

Perubahan paradigma manusia secara kolektif di berbagai aspek kehidupan, seperti moralitas, filosofi, dan ilmu pengetahuan terjadi sebagai bagian dari perkembangan sejarah dunia, salah satunya dalam bidang hukum. Hukum yang pada mulanya bersifat retributif, di masa ini mulai mengalami pergeseran ke arah restoratif, yang mana tercermin dalam pandangan masyarakat dunia terhadap hukuman mati, di mana konsep dari hukuman mati menjadi cenderung semakin dikritisi. Indonesia mengalami ketertinggalan dalam hal itu. Dengan demikian, perancangan ini dilaksanakan sebagai respon terhadap fakta tersebut. Perancangan ini dilakukan untuk membuat media interaktif digital yang dapat menjadi media pembelajaran bagi masyarakat umum di Indonesia mengenai pandangan kontra Amnesty International terhadap isu hukuman mati. Bentuk media interaktif yang dipilih adalah Interactive Fiction, di mana materi pembelajaran dimasukkan dalam satu bentuk permainan yang bersifat naratif dan berbasis teks. Setelah dilakukan tes terhadap target audiens, hasil perancangan dinilai dapat menimbulkan ketertarikan terhadap topik yang diangkat, tetapi kurang mampu mempertahankan ketertarikan dan perhatian pemain terhadap media sebagai sebuah permainan.

References

Amnesty International. (2019). Death Penalty. Retrieved from https://www.amnesty.org/en/what-we-do/death-penalty/

Amnesty International. (2018) Abolitionist and retentionist countries as of July 2018. Retrieved March 18, 2020 from https://www.amnesty.org/download/Documents/ACT5066652017ENGLISH.pdf

Bayuni, Endy. (2015, January 23). Commentary: capital punishment and public opinion. Retrieved from https://www.thejakartapost. com/ news/2015/01/23/commentary-capital-punishment-and-public-opinion.html

Dessoff, Alan. (2010). Reaching Digital Natives on Their Terms. District Administration.

Deterding, Sebastian, Dixon, Dan, Khaled, Rilla & Nacke, Lennart. (2011). From Game Design Elements to Gamefulness: Defining Gamification. Proceedings of the 15th International Academic MindTrek Conference: Envisioning Future Media Environments, MindTrek 2011.11.9-15.10.1145/2181037.2181040.

Djaouti, Damien, Alvarez, Julian, Jessel, Jean-Pierre. (2011). Classifying Serious Games: the G/P/S model. France: University of Toulouse.

Hayati, Titin, Radiana, Usman, Sulistyarini. (2014). Pengembangan Media Pembelajaran berbasis Weblog dalam Pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan untuk Kecakapan Belajar Kelas X. Retrieved from http://jurnal. untan.ac.id/index.php/jpdpb/article/view/4568.

Hood, R. (2019, December 26). Capital punishment. Encyclopedia Britannica. Retrieved March 16, 2020 from https://www.britannica.com/topic/amnesty.

Johnson, David T. (2010). Asia’s Declining Death Penalty. The Journal of Asian Studies, 69, 337-346

Katadata. (2018, February 23). Usia Produktif Mendominasi Pengguna Internet. Retrieved from https://databoks.katadata.co.id/datapu-blish/2018/02/23/usia-produktif-mendominasi- pengguna-internet/

Katsaounidou, Anastasia, Vrysis, Lazaros, Kotsa-kis, Rigas, Dimoulas, Charalampos, & Veglis, Andreas. (2019) MAthE the Game: A Serious Game for Education and Training in News Verification. Retrieved from https://www.mdpi.com/2227-7102/9/2/155/htm

Kronenwetter, Michael (2001). Capital Punish-ment: A Reference Handbook (2 ed.). Retrieved from https://books.google.co.id/books?id=SOiuzOv061EC&lpg=PP1&dq=isbn%3A9781576074329&pg=PA1#v=onepage&q&f=false

Lancy, David F., Hayes, Bernard L. (1988). Interactive Fiction and the Reluctant Reader. The English Journal. 77(7), 42-46.

Lubis, Todung Mulya. (2015). Death Penalty and the Road Ahead: A Case Study of Indonesia (CILIS report no. 9, ALS report no. 4). Retrieved from Asian Law Centre-Centre for Indonesian Law, Islam and Society website.

Martin, Algonso G., Tyner, Kathleen. (2012). Media Education, Media Literacy and Digital Competence. Comunicar Journal 38: Media Literacy in Multiple Contexts, 19(3), 31-39.

McGuire, Eric. (2015, April 6). How Harry Gleeson was wrongly hanged for murder in 1941. Retrieved fromhttps://www.irishtimes.com/ news/crime-and-law/how-harry-gleeson-was-wrongly-hanged-for-murder-in-1941-1.2165731

McRae, Dave (2012) A Key Domino? Indonesia’s Death Penalty Politics. Sydney: Lowey Institute for International Policy.

Montfort, Nick. (2005). Twisty Little Passages: An Approach to Interactive Fiction. Massachusetts: MIT Press.

Mulyadi, Mahmud (2010). Perlindungan Terhadap Anak Yang Berkonflik Dengan Hukum: Upaya Menggeser Keadilan Retributif Menuju Keadilan Restoratif. Medan: University of Sumatera Utara Institutional Repository.

Novak, Andrew. (2013). The Future of the Manda-tory Death Penalty in Malaysia and Singapore: “Asian Values” and Abolition in Comparative Perspective with Implications for Indonesia. Indonesia: Institute for Migrant Rights https://law.unimelb.edu.au/centres/cilis/research/publications/cilis-policy-papers/death-penalty-and-the- road-ahead-a-case-study-of-indonesia

Oxford Analytica. (2019). Concern over death penalty will grow in Asia-Pacific. Retrieved March 19, 2020 from https://www.emerald.com/insight/content/doi/10.1108/OXAN-GA24 6791/full/html

Ryan, Marie-Laure. (2009). From Narrative Games to Playable Stories: Toward a Poetics of Interactive Narrative. Storyworlds: A Journal of Narrative Studies. 1(3), 43-59.

Suara Pembaruan. (2015). Bergeming pada Eksekusi Mati. Retrieved from http://sp.beritasatu.com

Van Ness, Daniel W., Karen Heetderks Strong. (2010). Restoring Justice – An Introduction to Restorative Justice. 4th ed. New Province, N.J.: Matthew Bender & Co., Inc.

Video game. (2019). In Merriam-Webster.com. Retrieved May 27, 2019, from https://www. merriam

Downloads

Published

2022-02-07

Issue

Section

Articles