Perancangan Komik “Bayu Samudera” sebagai Media Promosi Potensi Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) di Karimunjawa

Authors

  • Satriana Didiek Isnanta Jurusan Seni Murni, Institut Seni Indonesia Surakarta
  • Afri Wita Institut Seni Budaya Indonesia Bandung
  • Apip Apip Institut Seni Budaya Indonesia Bandung

DOI:

https://doi.org/10.9744/nirmana.22.2.89-95

Keywords:

Karimunjawa, komik, promosi, UMKM, MSME

Abstract

Kepulauan Karimunjawa terdiri dari 27 pulau yang secara administratif terletak di Kabupaten Jepara, Jawa Tengah. Karimunjawa mempunyai potensi alam yang luar biasa, pantai pasir putih dengan ombak lautnya yang landai serta keindahan karang laut beserta habitat yang ada di dalamnya membuatnya memjadi surga bagi pecinta snorkeling dan diving. Selain alam bawah lautnya yang indah, Karimunjawa juga memiliki potensi lainnya seperti makam Sunan Nyamplungan, hutan bakau, dan kayu khas Karimunjawa, yaitu Dewandaru. Selain itu, ada juga produk UMKM yang berkembang, tetapi sayang semuanya kalah oleh potensi alam bawah lautnya. Oleh karena itu, penting kiranya membuat media promosi kreatif yang menginformasikan potensi tersebut, yaitu melalui komik bahari berjudul “Bayu Samudera”. Metode perancangan yang dilakukan menggunakan metode kualitatif yang bersifat dekriptif dalam menganalisis sebuah peristiwa, aktivitas dan objek. Analisis yang digunakan adalah sintesis analisis, yang hasilnya sebagai dasar perancangan komik “Bayu Samudera”. Hasil dari perancangan komik ini adalah komik cetak maupun digital yang bertujuan untuk mempromosikan potensi produk UMKM di Karimunjawa.

References

Bachri, B. S. (2010). Meyakinkan Validitas Data Melalui Triangulasi pada Penelitian Kualitatif. Jurnal Teknologi, 10(1):46–62

Moleong, L. J. (2006). Metode Penelitian Kualitatif. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Pinasti, R. D., Fianto, A. Y. A., & Hidayat, W. (2015). Penciptaan Buku Komik Sebagai

Upaya Pengenalan Permainan Tradisional Kepada Remaja. Jurnal Art Nouveau, 4(1).

Putri, A. A., Prayitno, B., & Wihardyanto, D. (2018). Analisis Produk Wisata Situs Bawah Air Sebagai Salah Satu Wisata Minat Khusus di Taman Nasional Karimunjawa. Jurnal Langkau Betang, 5(1).

Rachminingsih, I., & Hanif, W. (2020). Komik sebagai Media Pembelajaran Konsep English Tenses dan Aspect. Jurnal Panggung V 30/N1/01/2020.

Sudarmin, Mastur, Z., & Parmin. (2017). Pengetahuan Ilmiah Berbasis Budaya dan Kearifan Lokal di Karimunjawa untuk Menumbuhkan Soft Skill Konservasi. Jurnal Pendidikan Sains Pascasarjana Universitas Negeri Surabaya, 6(2).

Waluyanto, H. D. (2005). Komik Sebagai Media Komunikasi Visual Pembelajaran. Jurnal Desain Komunikasi Visual Nirmana, 7(1), 45-55.

Wungo, G. L., Mussadun, Ma’rif, S. (2020). Edukasi Penerapan Konsep Ecotourism di Kepulauan Karimunjawa. Jurnal Pasopati, 2(3).

Yenny. (2018). Pesona Pulau Karimunjawa sebagai Daya Tarik Wisata Bahari di Jepara. Domestic Case Study Paper. Sekolah Tinggi Pariwasata Ambarrukmo Yogyakarta.

Downloads

Published

2022-08-10

Issue

Section

Articles