Perancangan Card Game “Happy Teeth” sebagai Media Edukasi Menjaga Kesehatan Gigi dan Mulut
:
https://doi.org/10.9744/nirmana.22.2.78-88Keywords:
Media edukasi, kesehatan gigi dan mulut, card gameAbstract
Kesehatan gigi dan mulut sangat berpengaruh bagi kehidupan anak. Di Indonesia, masih banyak anak yang merasakan sakit gigi dari sedang hingga berat dan bisa menyebabkan anak mengalami kesulitan di sekolah dalam hal prestasi maupun bersosialisasi. Penyuluhan tentang kesehatan gigi dan mulut sudah dilakukan ke sekolah dasar, tetapi kurang efektif karena dilakukan di jangka waktu yang tidak tetap, sehingga sulit membentuk kebiasaan pada anak. Untuk membangun perhatian dan kebiasaan pada anak, harus ada media yang menarik dan interaktif untuk membantu anak dalam belajar menjaga kesehatan gigi dan mulutnya. Tujuan penelitian ini adalah untuk merancang permainan kartu atau card game “Happy Teeth” sebagai media edukasi untuk anak tentang menjaga kesehatan gigi dan mulutnya. Metode deskriptif, pendekatan kualitatif, dan strategi linear digunakan dalam penelitian ini. Hasil dari penelitian ini adalah bahwa anak, dalam hal ini siswa sekolah dasar, mampu memahami tentang hal yang bisa di lakukan untuk menjaga kesehatan gigi dan mulutnya setelah memainkan card game “Happy Teeth”.
References
Adnamazida, R. (2013). 14 Penyakit yang Mengancam Akibat Malas Gosok Gigi. Pesan disampaikan dalam https://www.merdeka.com/sehat/14-penyakit-yang-mengancam-akibat-malas-gosok-gigi.html, diakses tanggal 4 Mei 2020.
Adrian, K. (2018). Hargai Kesehatan Gigi dan Mulut Sebagaimana Menghargai Diri Sendiri. Pesan disampaikan dalam https://www.alodokter.com/hargai-kesehatan-gigi-dan-mulut-sebagaimana-menghargai-diri-sendiri. Diakses tanggal 1 Mei 2020.
Argentina, C. (2020). Daftar Seafood yang Bermanfaat bagi Tulang dan Gigi. Pesan disampaikan dalam https://www.klikdokter.com/info-sehat/read/2697766/daftar-seafood-yang-bermanfaat-bagi-tulang-dan-gigi. Diakses tanggal 4 Mei 2020.
Aritonang, N. J., & Purba, R. (2017). Gambaran Efektifitas Penyuluhan dengan Media Poster dan Phantom Gigi terhadap Tingkat Pengetahuan Tentang Cara Menyikat Gigi yang Baik dan Benar pada Siswa/I Kelas IV SDN 065015 Kemenangan Tani. Jurnal Ilmiah PANNMED, 11(3).
Avianto, Y. F., & Prasida, T. A. S. (2018). Pembelajaran Aksara Jawa untuk Siswa Sekolah Dasar dengan Menggunakan Media Board Game. Jurnal Aksara, 30(1).
BoardGameGeek. (2020). Action/Dexterity. https://boardgamegeek.com/boardgamecategory/1032/action-dexterity. Diakses tanggal 2 Mei 2020.
Gayatri, R. W. (2017). Hubungan Tingkat Pengetahuan dengan Perilaku Pemeliharaan Kesehatan Gigi Anak SDN Kauman 2 Malang. Journal of Health Education, 2(2).
Kholishah, Z. (2017). Pengaruh Pendidikan Kesehatan dengan Video Animasi terhadap Praktik Gosok Gigi pada Anak Kelas IV dan V di SDN 1 Bendungan Temanggung. Universitas Aisyiyah Yogyakarta
Narbuko, C., & Achmadi, A. (2015). Metodologi Penelitian. Jakarta: PT Bumi Aksara.
Nugroho, W. A. (2019). PDGI: Kondisi Kesehatan Gigi-Mulut Penduduk Indonesia Menurun. Pesan disampaikan dalam https://www.antaranews.com/berita/791564/pdgi-kondisi-kesehatan-gigi-mulut-penduduk-indonesia-menurun, Diakses tanggal 2 Mei 2020
Pepsodent. (n.d.) Merawat Kesehatan Gigi Keluarga Anda Semudah Menghitung 1,2,3. Pesan disampaikan dalam tanyapepsodent.com/artikel/diet-gaya-hidup/merawat-kesehatan-gigi-keluarga-anda-semudah-menghitung-123.html. Diakses tanggal 3 Mei 2020.
Pepsodent. (n.d.). Perawatan Gigi dan Gusi yang Mudah Dilakukan di Rumah. Pesan disampaikan dalam https://www.tanyapepsodent.com/artikel/gusi-lidah/perawatan-gigi-dan-gusi-yang-mudah-dilakukan-di-rumah.html. Diakses tanggal 3 Mei 2020.
PressRelease.id. (2020). Pepsodent Kampanyekan Pentingnya Sikat Gigi Malam di Hari Kesehatan Gigi dan Mulut Sedunia 2020. Pesan disampaikan dalam https://pressrelease.kontan.co.id/release/pepsodent-kampanyekan-pentingnya-sikat-gigi-malam-di-hari-kesehatan-gigi-dan-mulut-sedunia-2020. Diakses tanggal 4 Mei 2020.
Priya, T. S. S. J. (2020). Penerapan Model Inkuiri Terbimbing dengan Media Card Game untuk Mengetahui Hasil Belajar Peserta Didik. Thesis Universitas Pendidikan Indonesia.
Reza. (2019). Pada BKGN 2019, Riset: 80 Persen Masyarakat Indonesia Memiliki Masalah Gigi Berlubang. Pesan disampaikan dalam https://www.liputan6.com/health/read/4067653/pada-bkgn-2019-riset-80-persen-masyarakat-indonesia-memiliki-masalah-gigi-berlubang#. Diakses tanggal 2 Mei 2020.
Ridwan, A. (2017). Pentingnya Peran Orang Tua dalam Menjaga Kesehatan Gigi dan Mulut Anak. Pesan disampaikan dalam http://dental.id/pentingnya-peran-orang-tua-dalam-menjaga-kesehatan-gigi-dan-mulut-anak/. Diakses tanggal 3 Mei 2020.
Sarah, O. A. (2019). Biaya Dokter Mahal, Warga Jadi Malas Periksa Kesehatan Gigi. Pesan disampaikan dalam https://health.detik.com/berita-detikhealth/d-4741194/biaya-dokter-mahal-warga-jadi-malas-periksa-kesehatan-gigi?_ga=2.18654777.1642523848.1589181576-1772119880.1539250577. Diakses tanggal 5 Mei 2020.
Sarwono, J., & H. Lubis. (2007). Metode Riset untuk Desain Komunikasi Visual. Yogyakarta: Andi.
Sherlyta, M., dkk. (2017). Tingkat Kebersihan Gigi dan Mulut Siswa Sekolah Dasar Negeri di Desa Tertinggal Kabupaten Bandung. J Ked Gi Unpad, 29(1): 69-76.
Taylor, G. S. (2017). Pentingnya Orang Tua Peduli Perawatan Gigi Anak Sejak Dini. Pesan disampaikan dalam https://www.cnnindonesia.com/gaya-hidup/20170228171402-255-196820/pentingnya-orang-tua-peduli-perawatan-gigi-anak-sejak-dini. Diakses tanggal 3 Mei 2020.
Unilever. (2019). Pepsodent Ungkapkan Fakta Terbaru Mengenai Korelasi Antara Gigi Sehat dengan Masa Depan Anak. Pesan disampaikan dalam https://www.unilever.co.id/news/press-releases/2019/wohd-2019.html. Diakses tanggal 3 Mei 2020.
Vagansza. (2020). Jangan Bingung! Ini Bedanya Board Game, Card Game, dan Tabletop Game. Pesan disampaikan dalam https://boardgame.id/bedanya-board-game-card-game-tabletop-game/. Diakses 5 Mei 2020.
Vagansza. (2020). Scot Osterweil: Belajar Hal Baru Lewat Bermain Game. Pesan disampaikan dalam https://boardgame.id/scot-osterweil-belajar-lewat-game/, Diakses tanggal 5 Mei 2020.
Vagansza. (2020). 5 Alasan Mengapa Orang Tua Wajib Ikut Bermain Board Game Bersama Anak. Pesan disampaikan dalam https://boardgame.id/5-alasan-orang-tua-wajib-bermain-game-anak/. Diakses 5 Mei 2020.
WHO. (2020). Oral Health. Pesan disampaikan dalam https://www.who.int/news-room/fact-sheets/detail/oral-health. Diakses 1 Mei 2020.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
- Jurnal Desain Komunikasi Visual Nirmana has the right of first publication while the author(s) retains copyright and the right to share and redistribute the work under a Creative Commons Attribution License. This license allows others to freely share and adapt the work, provided that they acknowledge the work's authorship and its initial publication in this journal.
- Upon publication, the author(s) agrees to the journal's terms of non-exclusive distribution, allowing the published version of the work to be used in other contexts (e.g., institutional repository or a book), with an acknowledgment of its initial publication in Jurnal Desain Komunikasi Visual Nirmana.
- The author(s) is also aware of the responsibility to obtain permission for the use of any copyrighted material from third parties as required by the journal.