Semiotika dan Unsur Agama Katolik - Kristen dalam Haute Couture Fashion Rihanna dan Madonna pada Met Gala 2018
DOI:
https://doi.org/10.9744/nirmana.22.2.107-114Keywords:
Met Gala, fashion, semiotika, Rihanna, MadonnaAbstract
Met Gala merupakan salah satu ajang fashion tahunan terbesar yang ditunggu-tunggu oleh peminat fashion, maupun bagi penggemar dari pesohor tertentu yang terlibat di dalamnya. Sebagai ajang fashion tahunan, tentu Met Gala menyiapkan tema-tema yang berbeda tiap tahunnya. Euforia tahunan Met Gala selalu membawa kilas balik ke tema-tema Met Gala tahun sebelumnya, salah satunya di tahun 2018 yaitu “Heavenly Bodies: Fashion and the Catholic Imagination“. Tema Met Gala tahun 2018 memadukan antara haute couture fashion dengan kultur, icon, simbol agama (unsur keagamaan) Katolik dan Kristen, dan ornamen abad pertengahan. Salah satu penampilan yang menarik perhatian audience dari Met Gala 2018 adalah gaun yang dikenakan Rihanna dan Madonna. Penelitian ini dilakukan dengan membedah tampilan visual gaun Rihanna dan Madonna dengan metode penelitian estetika A.A.M Djelantik, dan semiotika C.S. Pierce serta ditinjau dari makna dalam sudut pandang agama Katolik dan Kristen.
References
Algo, J., & Megan. (2022, Apr 27). 140 of the Most Iconic Met Gala Dresses of All Time. Diakses pada https://www.harpersbazaar.com/celebrity/red-carpet-dresses/g20116178/best-met-gala-dresses-of-all-time/
Alkitab. (2002). Alkitab. Jakarta. Lembaga Alkitab Indonesia.
Bakar, A. (2012). Studi terhadap Theologi Katolik dan Protestan. Jurnal Toleransi. 4(1). DOI:
http://dx.doi.org/10.24014/trs.v4i1.1031
Djelantik, A. A. M. (2019). Estetika Sebuah Pengantar. Bandung: Masyarakat Seni Pertunjukan Indonesia.
Doulton, M. (2018, May 08). The Best Jewelry of the Met Gala 2018. Diakses pada http://www.thejewelleryeditor.com/jewellery/article/best-jewels-met-gala-2018-rihanna-cartier-lily-alridge-bulgari-jennifer-lopez-tiffany-winnie-harlow/
Fitri, A. (2018, May 08). Hadiri Met Gala 2018, Madonna Kenakan Mahkota dan Kalung Buatan Desainer Indonesia. Diakses pada https://kaltim.tribunnews.com/2018/05/08/hadiri-met-gala-2018-madonna-kenakan-mahkota-dan-kalung-buatan-desainer-indonesia
Hauskeller, M. (2015). Seni – Apa Itu? Posisi Estetika dari Platon sampai Danto. Daerah Istimewa Yogyakarta: Kanisius.
Lokadata.id. (2019). Pertumbuhan Produksi Pakaian Jadi 2011-2019 Diakses pada https://lokadata.id/data/pertumbuhan-produksi-pakaian-jadi-2011-2019-1557312893
Oktaviani. K. (2018, May 08). Madonna Pakai Mahkota Karya Desainer Indonesia di Met Gala 2018. Diakses pada https://wolipop.detik.com/fashion-news/d-4010411/madonna-pakai-mahkota-karya-desainer-indonesia-di-met-gala-2018
Siregar, M. A. (2018). Met Gala 2018: Best-Dressed List. Diakses pada https://www.prestigeonline.com/id/style/met-gala-2018-best-dressed-list/
Van Peursen, C. A., (1988). Strategi Kebudayaan. Daerah Istimewa Yogyakarta: Kanisius.
Wulandari, S., & Erik D. (2020). Kajian Semiotika Charles Sanders Pierce: Relasi Trikotomi (Ikon, Indeks dan Simbol) dalam Cerpen Anak Mercusuar Karya Mashdar Zainal. Jurnal Titian. 4(1). DOI: https://doi.org/10.22437/titian.v4i1.9554
Downloads
Published
Issue
Section
License
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.\
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).