Visualisasi “Nriman” sebagai Seni Ekspresi Visual dengan Teknik Fotografi Makro
:
https://doi.org/10.9744/nirmana.22.2.129-136Keywords:
Fotografi, nriman, ekspresi, makro fotografi, cairanAbstract
Nriman adalah proses di mana manusia menerima sebuah keadaan yang ada tanpa berani berargumen untuk melawan dan membantah. Keadaan nriman itu sendiri merupakan warisan tradisi adat ketimuran yang sudah mendarah daging. Proses nriman sendiri menggiring manusia mengikuti arus, tanpa ada pegangan. Sama halnya dengan benda cair yang selalu mengikuti bentuk sesuai wadahnya. Proses nriman dicoba diangkat oleh penulis dengan memvisualisasikan-nya sebagai seni ekspresi visual dengan teknik fotografi makro. Dengan memanfaatkan sifat benda cair, penulis mengombinasikan beberapa medium untuk menghasilkan sebuah tampilan visual menarik dan penuh makna, untuk merepresentasikan proses nriman tersebut.
References
__________. (2012). Macro World Mania: Indonesia Macrophotobook. Jakarta: PT Elex Media Komputindo.
Feininger, A. (1969). The Complete Photographer. Englewood Cliffs. New York: Prentice-Hall.
Freeman, M. (008). Mastering Digital Photography. United Kingom: Lewes East Sussex.
Han, L., CPS. Hon, PAF. (1998). Sejarah Fotografi, Bandung: Cahaya.
Kartasasmit, S. (2008). Di Belantara Fotografi Indoneisa. Yogyakarta: BP ISI Yogyakarta dan LPP Yogyakarta.
Marah, R. (1993). RANA, Seni Jurnal Pengetahuan dan Perancangan Seni No. III. Yogyakarta.
Marianto, M. D. (2011). Menempa Quanta Mengurai Seni. Yogyakarta: BP ISI Yogyakarta.
Rusman, A. (1983). Tanya Jawab Dasar-Dasar Fotografi. Bandung: Amirco.
Santosa, T. (2013). Bersujud Aku dalam Detail CiptaanMu. Yogyakarta: Jentera Intermedia.
Soedjono, S. (2007). Pot-Pourri Fotografi. Jakarta: Penerbit Univeritas Trisakti.
Turner, P. (1987). History of Photography. 15 Sherwood Place, Greenwich USA: Brompton Books Corp.
Wibowo, D. S. (2009). Anatomi Tubuh Manusia, Yogyakarta: Graha Ilmu.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
- Jurnal Desain Komunikasi Visual Nirmana has the right of first publication while the author(s) retains copyright and the right to share and redistribute the work under a Creative Commons Attribution License. This license allows others to freely share and adapt the work, provided that they acknowledge the work's authorship and its initial publication in this journal.
- Upon publication, the author(s) agrees to the journal's terms of non-exclusive distribution, allowing the published version of the work to be used in other contexts (e.g., institutional repository or a book), with an acknowledgment of its initial publication in Jurnal Desain Komunikasi Visual Nirmana.
- The author(s) is also aware of the responsibility to obtain permission for the use of any copyrighted material from third parties as required by the journal.