Analisis Pengaruh Brand Identity terhadap Brand Awareness dan Brand Image pada Brand “Menantea”
DOI:
https://doi.org/10.9744/nirmana.25.2.107-118Keywords:
brand identity, brand image, brand awareness, “Menantea”, tehAbstract
Seperti yang dilansir dari Badan Pusat Statistik (BPS), statistika produksi teh di Indonesia meningkat sebanyak20,3% dari tahun sebelumnya, yakni 94,1 ton pada tahun 2021 dan 78,2 ton pada tahun 2020. Peningkatan jumlah produksi teh tersebut berkaitan erat dengan meningkatnya penikmat teh di Indonesia. Meningkatnya penikmat teh di Indonesia menarik para brand minuman teh untuk bersaing dalam industri minuman teh, seperti “Menantea”. “Menantea” merupakan sebuah brand minuman yang menjual berbagai varian teh yang didalam racikannya terdapat buah asli. Semakin padatnya persaingan didalam pasar menjadikan brand identity sebagai aset yang diperlukan dalam membentuk brand image dan brand awareness sebuah brand. Hal ini bertujuan untuk membuat brand menonjol dan menjadi pembeda dari kompetitornya. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui adanya pengaruh brand identity terhadap brand awareness dan brand image pada “Menantea”. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif deskriptif yang akan menganalisa elemen-elemen brand dan brand anatomy “Menantea”. Hasil analisa nantinya akan dibandingkan dengan hasil metode penelitian eksperimen yang termasuk dalam metode penelitian kuantitatif. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa brand identity memberikan pengaruh pada brand awareness dan brand image pada “Menantea”.
References
Aaker, D.A. dan McLoughlin, D. (2010), Strategic Market Management. West Sussex: John Wiley & Sons Ltd.
Davis, M. (2005). More Than a Name. Ava Publishing SA.
Ghodeswar, B. M. (2008), Building Brand Identity in Competitive Markets: a Conceptual Model. Journal of Product & Brand Management, 17(1), 4-12. https://doi.org/10.1108/10610420810856468
Kotler, P., & Armstrong, G. (2003). Dasar-Dasar Pemasaran. Jakarta: Penerbit Erlangga.
Kotler & Keller. (2006). Manajemen Pemasaran. Jakarta: PT. Indeks.
Kotler & Keller. (2009). Manajemen Pemasaran. Jakarta: Penerbit Erlangga.
Kotler, P., & Pfoertsch, W. (2008). B2B Brand Management. Surabaya: Bhuana Ilmu Populer.
Kotler, P. & Keller, K.L. (2012), Manajemen Pemasaran. Jakarta: Penerbit Erlangga.
Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Kombinasi (Mixed Methods). Bandung: CV Alfabeta.
Sugiyama, K., & Andree, T. (2011). The Dentsu Way: Secrets of Cross Switch Marketing From The Worlds Most Innovative Advertising Age. New York: McGraw Hill.
Sutojo, S. (2004). Membangun Citra Perusahaan. Jakarta: Damar Mulia Pustaka.
Wheeler, A. (2013). Designing Brand Identity. West Sussex: John Wiley & Sons, Inc.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Shania Caroline Mochtar, Cindy Muljosumarto

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
- Jurnal Desain Komunikasi Visual Nirmana has the right of first publication while the author(s) retains copyright and the right to share and redistribute the work under a Creative Commons Attribution License. This license allows others to freely share and adapt the work, provided that they acknowledge the work's authorship and its initial publication in this journal.
- Upon publication, the author(s) agrees to the journal's terms of non-exclusive distribution, allowing the published version of the work to be used in other contexts (e.g., institutional repository or a book), with an acknowledgment of its initial publication in Jurnal Desain Komunikasi Visual Nirmana.
- The author(s) is also aware of the responsibility to obtain permission for the use of any copyrighted material from third parties as required by the journal.