Analisis Pengaruh Brand Identity terhadap Brand Awareness dan Brand Image pada Brand “Menantea”

Authors

  • Shania Caroline Mochtar Universitas Kristen Petra
  • Cindy Muljosumarto Universitas Kristen Petra

DOI:

https://doi.org/10.9744/nirmana.25.2.107-118

Keywords:

brand identity, brand image, brand awareness, “Menantea”, teh

Abstract

Seperti yang dilansir dari Badan Pusat Statistik (BPS), statistika produksi teh di Indonesia meningkat sebanyak20,3% dari tahun sebelumnya, yakni 94,1 ton pada tahun 2021 dan 78,2 ton pada tahun 2020. Peningkatan jumlah produksi teh tersebut berkaitan erat dengan meningkatnya penikmat teh di Indonesia. Meningkatnya penikmat teh di Indonesia menarik para brand minuman teh untuk bersaing dalam industri minuman teh, seperti “Menantea”. “Menantea” merupakan sebuah brand minuman yang menjual berbagai varian teh yang didalam racikannya terdapat buah asli. Semakin padatnya persaingan didalam pasar menjadikan brand identity sebagai aset yang diperlukan dalam membentuk brand image dan brand awareness sebuah brand. Hal ini bertujuan untuk membuat brand menonjol dan menjadi pembeda dari kompetitornya. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui adanya pengaruh brand identity terhadap brand awareness dan brand image pada “Menantea”. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif deskriptif yang akan menganalisa elemen-elemen brand dan brand anatomy “Menantea”. Hasil analisa nantinya akan dibandingkan dengan hasil metode penelitian eksperimen yang termasuk dalam metode penelitian kuantitatif. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa brand identity memberikan pengaruh pada brand awareness dan brand image pada “Menantea”.

References

Aaker, D.A. dan McLoughlin, D. (2010), Strategic Market Management. West Sussex: John Wiley & Sons Ltd.

Davis, M. (2005). More Than a Name. Ava Publishing SA.

Ghodeswar, B. M. (2008), Building Brand Identity in Competitive Markets: a Conceptual Model. Journal of Product & Brand Management, 17(1), 4-12. https://doi.org/10.1108/10610420810856468

Kotler, P., & Armstrong, G. (2003). Dasar-Dasar Pemasaran. Jakarta: Penerbit Erlangga.

Kotler & Keller. (2006). Manajemen Pemasaran. Jakarta: PT. Indeks.

Kotler & Keller. (2009). Manajemen Pemasaran. Jakarta: Penerbit Erlangga.

Kotler, P., & Pfoertsch, W. (2008). B2B Brand Management. Surabaya: Bhuana Ilmu Populer.

Kotler, P. & Keller, K.L. (2012), Manajemen Pemasaran. Jakarta: Penerbit Erlangga.

Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Kombinasi (Mixed Methods). Bandung: CV Alfabeta.

Sugiyama, K., & Andree, T. (2011). The Dentsu Way: Secrets of Cross Switch Marketing From The Worlds Most Innovative Advertising Age. New York: McGraw Hill.

Sutojo, S. (2004). Membangun Citra Perusahaan. Jakarta: Damar Mulia Pustaka.

Wheeler, A. (2013). Designing Brand Identity. West Sussex: John Wiley & Sons, Inc.

Downloads

Published

2025-07-31

How to Cite

Mochtar, S. C., & Muljosumarto, C. (2025). Analisis Pengaruh Brand Identity terhadap Brand Awareness dan Brand Image pada Brand “Menantea”. Jurnal Desain Komunikasi Visual Nirmana, 25(2), 107–118. https://doi.org/10.9744/nirmana.25.2.107-118

Issue

Section

Articles