Analisis Visual Branding Suplemen Herbal Sinargi Menggunakan Metode Komparatif dalam Upaya Membangun Citra Modern

Authors

  • Elissa Vienna Universitas Kristen Petra
  • Cindy Muljosumarto Universitas Kristen Petra

DOI:

https://doi.org/10.9744/nirmana.25.1.20-31

Keywords:

visual branding, citra, modern, Sinargi, suplemen, herbal

Abstract

Sinar Herba Radix adalah perusahaan obat herbal Cina di Tangerang, yang memiliki komitmen untuk terus berinovasi dan mengolah pemberian terbaik alam untuk kebaikan hidup manusia. Setelah beberapa tahun beroperasi, Sinar Herba Radix berinisiasi untuk lebih fokus pada target market berusia muda yang sebagian besar masih skeptis dengan khasiat bahan-bahan herbal. Maka dari itu, dibangunlah brand baru bernama Sinargi. Sinargi memproduksi obat-obatan herbal berbentuk suplemen yang aman dikonsumsi rutin dan diharapkan bisa menjadi bagian dari gaya hidup anak muda.  Berbeda dari obat-obat herbal Sinar Herba Radix yang kemasannya klasik dan menggunakan visual yang sangat tradisional, Sinargi melakukan branding dengan tujuan membangun citra modern. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif komparasi yang membandingkan visual branding antara Sinar Herba Radix dan Sinargi. Hasil dari penelitian ini memaparkan faktor-faktor pembentuk citra modern dalam visual branding Sinargi.

References

C., & Suttey, L. (2016). Sketching type : create your own hand-drawn type. Van Haren Publishing.

Cugelman, B. (2020). Color psychology for UX, design, marketing (2nd edition) [E-book]. Alterspark.

Liqi, R. (2013). Traditional Chinese visual design elements: Their applicability in contemporary Chinese design. Thesis. Arizona State University.

Lupton, E. (2010). Thinking with type: A Critical Guide for Designers, Writers, Editors, & Students (2nd, Revised, & Expanded Edition) [E-book]. Princeton Architectural Press.

Nugrahani, F. (2014). Metode penelitian kualitatif dalam penelitian pendidikan bahasa. [E-book]. Cakra Books.

Petterson, R. (2022). Graphic design. Diunduh 23 Mei 2022 dari https://www.researchgate.net/

Poulin, R. (2018). The language of graphic design revised and updated: An illustrated handbook for understanding fundamental design principles (2nd edition). Rockport Publishers.

Putra, M., Oemar, E. (2020). Analisis strategi visual branding Flip Burger dengan pendekatan teori branding Marty Neumeier. Diunduh 19 April 2022 dari https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/JDKV/

Ramayanti, D. (2020). Analisis identitas branding Kopi Dulu. Diunduh 24 Mei 2022 dari https://publikasi.mercubuana.ac.id/index.php/narada/issue/archive

Sinargi [@sinargi]. (n.d.). Sinargi [Instagram page]. Instagram. Retrieved May 31, 2022.

Wheeler, A. (2013). Designing brand identity: An essential guide for the whole branding team (4th edition) [E-book]. Wiley.

Yi, M. (2020). East-West/West-East东西西东. East-West/West-East. https://eastwestwesteast.info

Downloads

Published

2025-01-31

How to Cite

Vienna, E., & Muljosumarto, C. (2025). Analisis Visual Branding Suplemen Herbal Sinargi Menggunakan Metode Komparatif dalam Upaya Membangun Citra Modern. Jurnal Desain Komunikasi Visual Nirmana, 25(1), 20–31. https://doi.org/10.9744/nirmana.25.1.20-31