Analisis Visual Branding Suplemen Herbal Sinargi Menggunakan Metode Komparatif dalam Upaya Membangun Citra Modern
DOI:
https://doi.org/10.9744/nirmana.25.1.20-31Keywords:
visual branding, citra, modern, Sinargi, suplemen, herbalAbstract
Sinar Herba Radix adalah perusahaan obat herbal Cina di Tangerang, yang memiliki komitmen untuk terus berinovasi dan mengolah pemberian terbaik alam untuk kebaikan hidup manusia. Setelah beberapa tahun beroperasi, Sinar Herba Radix berinisiasi untuk lebih fokus pada target market berusia muda yang sebagian besar masih skeptis dengan khasiat bahan-bahan herbal. Maka dari itu, dibangunlah brand baru bernama Sinargi. Sinargi memproduksi obat-obatan herbal berbentuk suplemen yang aman dikonsumsi rutin dan diharapkan bisa menjadi bagian dari gaya hidup anak muda. Berbeda dari obat-obat herbal Sinar Herba Radix yang kemasannya klasik dan menggunakan visual yang sangat tradisional, Sinargi melakukan branding dengan tujuan membangun citra modern. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif komparasi yang membandingkan visual branding antara Sinar Herba Radix dan Sinargi. Hasil dari penelitian ini memaparkan faktor-faktor pembentuk citra modern dalam visual branding Sinargi.
References
C., & Suttey, L. (2016). Sketching type : create your own hand-drawn type. Van Haren Publishing.
Cugelman, B. (2020). Color psychology for UX, design, marketing (2nd edition) [E-book]. Alterspark.
Liqi, R. (2013). Traditional Chinese visual design elements: Their applicability in contemporary Chinese design. Thesis. Arizona State University.
Lupton, E. (2010). Thinking with type: A Critical Guide for Designers, Writers, Editors, & Students (2nd, Revised, & Expanded Edition) [E-book]. Princeton Architectural Press.
Nugrahani, F. (2014). Metode penelitian kualitatif dalam penelitian pendidikan bahasa. [E-book]. Cakra Books.
Petterson, R. (2022). Graphic design. Diunduh 23 Mei 2022 dari https://www.researchgate.net/
Poulin, R. (2018). The language of graphic design revised and updated: An illustrated handbook for understanding fundamental design principles (2nd edition). Rockport Publishers.
Putra, M., Oemar, E. (2020). Analisis strategi visual branding Flip Burger dengan pendekatan teori branding Marty Neumeier. Diunduh 19 April 2022 dari https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/JDKV/
Ramayanti, D. (2020). Analisis identitas branding Kopi Dulu. Diunduh 24 Mei 2022 dari https://publikasi.mercubuana.ac.id/index.php/narada/issue/archive
Sinargi [@sinargi]. (n.d.). Sinargi [Instagram page]. Instagram. Retrieved May 31, 2022.
Wheeler, A. (2013). Designing brand identity: An essential guide for the whole branding team (4th edition) [E-book]. Wiley.
Yi, M. (2020). East-West/West-East东西西东. East-West/West-East. https://eastwestwesteast.info
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Elissa Vienna, Cindy Muljosumarto

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
- Jurnal Desain Komunikasi Visual Nirmana has the right of first publication while the author(s) retains copyright and the right to share and redistribute the work under a Creative Commons Attribution License. This license allows others to freely share and adapt the work, provided that they acknowledge the work's authorship and its initial publication in this journal.
- Upon publication, the author(s) agrees to the journal's terms of non-exclusive distribution, allowing the published version of the work to be used in other contexts (e.g., institutional repository or a book), with an acknowledgment of its initial publication in Jurnal Desain Komunikasi Visual Nirmana.
- The author(s) is also aware of the responsibility to obtain permission for the use of any copyrighted material from third parties as required by the journal.