Analisis Semiotika pada Produk Kemasan Kaleng Kopi “Starbucks BPJS”
:
https://doi.org/10.9744/nirmana.23.2.106-112Keywords:
Starbucks, kemasan, elemen visual, semiotikaAbstract
Perkembangan teknologi menghadirkan banyak variasi desain dan kemasan produk di era persaingan global saat ini. Persaingan/kompetisi antar brand dengan produk sejenis memaksakan setiap brand harus memiliki cara yang tepat dalam memenangkan pasarnya masing-masing. Viralnya pemberitaan mengenai salah satu brand besar di Indonesia, yaitu kopi Starbucks yang mengeluarkan produk terbarunya dalam bentuk kemasan kaleng yang dijual di berbagai minimarket dan toko online, membuat banyak nitizen cukup antusias dan menamakan produk ini Starbucks "BPJS". Pengeluaran produk semacam ini merupakan salah satu langkah baru yang dilakukan Starbucks khususnya di Indonesia. Penulis tertarik untuk meneliti desain kemasan pada produk keluaran terbaru dari Starbucks dengan harga terjangkau ini karena brand Starbucks yang biasanya ada di harga yang terbilang kopi premium kini hadir sebagai produk kopi kalengan di minimarket. Penelitian ini akan berfokus pada analisis elemen desain pada kemasan kaleng kopi Starbucks dengan varian Mocha dan varian Espresso Latte. Tujuan dari penelitian ini untuk mendapatkan informasi dari makna visual pada produk kemasan kedua kaleng varian tersebut. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif, dengan pendekatan semiotik dari Charles Sanders Peirce. Dengan hasil analisis secara representation, object, dan interpretant untuk mengetahui makna dan komunikasi pesan elemen-elemen visual pada desain kemasan kaleng kopi Starbucks.
References
Albar, M. W. (2018). Analisis semiotik Charles Sander Pierce tentang taktik kehidupan manusia: Dua karya kontemporer Putu Sutawijaya. Lensa Budaya, 13(2), 123–136.https://journal.unhas.ac.id/index.php/jlb/article/view/5447/2967
Annisa, A. (2022). Ini alasan harga Starbucks kalengan di minimarket lebih murah. https://food.detik.com/info-kuliner/d-6306161/ini-alasan-harga-starbucks-kalengan-di-minimarket-lebih-murah
Cenadi, C. S. (2000). Peranan desain kemasan dalam dunia pemasaran. Jurnal Desain Komunikasi Visual Nirmana, 2(2), 92–103.
Ebdi, S. (2009). Karakter dan simbolisasi garis. https://binus. ac.id/malang/2020/01/karakter-dan-simbolisasi-garis/#:~:text=GarisLengkung&text=Garisinimemberikarakterringan,kemegahan%2Ckekuatan%2Cdan kedinamisan.
Erlyana, Y. (2022). Analisis semiotika ornamen pada kemasan produk lokal minuman herbavera. Demandia, 7(1), 45. https://doi.org/10.25124/demandia.v7i1.3939
Ernawati, E. (2019). Analisis tanda pada karya Desain komu¬-
nikasi visual. DESKOVI : Art and Design Journal, 2(1), 27. https://doi.org/10.51804/deskovi.v2i1.381
Hasibuan, C. I. L. (2022, September). Viral Startbucks versi “BPJS”, segini harganya. Pesan disampaikan dalam https://www.cnbcindonesia.com/lifestyle/20220922112351-33-374116/viral-startbucks-versi-bpjs-segini-harganya
Inzaghi, A. A. A., & Patria, A. S. (2021). Analisis elemen visual pada kemasan permen Kopiko “Cofee Candy.” Jurnal BARIK, 3(2), 1–13. https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/JDKV/article/view/42322
Julianti, S. (2014). The art of packaging. Jakarta : Gramedia Pustaka Utama.
Kurniawan, A. N., Johari, A., & Rukmayadi, Y. (2021). Analisis desain kemasan Cheetos Jagung Bakar. FINDER: Journal of Visual Communication Design, 1(1), 1–8. https://ejournal.upi.edu/index.php/FINDER/article/view/34053
Lakoro, R. 2007. Studi komunikasi visual pada kemasan makanan ringan. Pesan disampaikan dalam http://personal.its.ac.id/files/pub/2002-ramok
Mareta, P. R. (2018). Analisa makna desain kemasan pada produk teh di Indonesia. Jurnal Komunikasi, 9(1), 72–78. http://ejournal.bsi.ac.id/ejurnal/index.php/jkom
Margono, S. (2018). Upaya meningkatkan daya tarik produk makanan dan minuman oleh-oleh di tempat destinasi wisata melalui kajian tanda pada desain kemasan. Widyakala Journal, 5(1), 66. https://doi.org/10.36262/widyakala.v5i1.102
Nugrahani, R. (2015). Peran desain grafis pada label dan kemasan produk makanan UMKM. Jurnal Seni Imajinasi, 9(2), 127–136. https://journal.unnes.ac.id/ nju/index.php/imajinasi/article/view/8846
Pujiati, T. (2015). Analisis semiotika struktural pada iklan Top Coffee. Jurnal Sasindo Unpam, 3(4), 9–10. http://openjournal.unpam.ac.id/index.php/Sasindo/article/view/386
Sachari, A., & Sunarya, Y. Y. (2000). Pengantar tinjauan desain. Pesan disampaikan dalam https://www.researchgate.net/publication/306012610_PENGANTAR_TINJAUAN_DESAIN
Sidhartani, S. (2010). Elemen visual dan prinsip desain sebagai bahasa visual untuk menyampaikan rasa. Deiksis, 2(02), 82–95. https://journal.lppmunindra.ac.id/index.php/Deiksis/article/view/396/699
Susetyarsi, T. (2012). Kemasan produk ditinjau dari bahan kemasan, bentuk kemasan dan pelabelan pada kemasan pengaruhnya terhadap keputusan pembelian pada produk minuman Mizone di Kota Semarang. Jurnal STIE Semarang, 4(3), 19–28.
Wijaya, L., & Rizka, L. A. (2021). Studi brand positioning toko kopi kekinian di Indonesia. Jurnal Ekonomi dan Bisnis, 8(1), 78-85. https://stiemuttaqien.ac.id/ojs/ index.php/OJS/article/download/177/127/
Wijayanti, I. G. A. N. (2019). Analisis semiotika logo PT. Wijaya Tribwana International. SENADA (Seminar Nasional Desain dan Arsitektur), 2, 266–271. https://eprosiding.idbbali.ac.id/index.php/senada/article/view/107
Yogananti, A. F. (2015). Pengaruh psikologi kombinasi warna dalam website. ANDHARUPA: Jurnal Desain Komu¬nikasi Visual & Multimedia, 1(01), 45–54. https://doi.org/10.33633/andharupa.v1i01.956
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
- Jurnal Desain Komunikasi Visual Nirmana has the right of first publication while the author(s) retains copyright and the right to share and redistribute the work under a Creative Commons Attribution License. This license allows others to freely share and adapt the work, provided that they acknowledge the work's authorship and its initial publication in this journal.
- Upon publication, the author(s) agrees to the journal's terms of non-exclusive distribution, allowing the published version of the work to be used in other contexts (e.g., institutional repository or a book), with an acknowledgment of its initial publication in Jurnal Desain Komunikasi Visual Nirmana.
- The author(s) is also aware of the responsibility to obtain permission for the use of any copyrighted material from third parties as required by the journal.