Strategi Branding Peningkatan Skala Usaha Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) Darussalam, Desa Burai, Tanjung Batu, Ogan Ilir, Sumatra Selatan

Authors

  • Aji Windu Viatra Universitas Indo Global Mandiri
  • M. Edo Pratama Putra Universitas Indo Global Mandiri

:

https://doi.org/10.9744/nirmana.24.1.10-21

Keywords:

branding, BUMDes, pengembangan branding, strategi

Abstract

Pandemi yang sangat membebani sistem kesehatan, mendisrupsi ekonomi dan menimbulkan kekhawatiran yang meluas serta ketidakpastian situasi membuat kelesuan dalam bidang ekonomi keluarga. Penelitian ini memiliki tujuan untuk mengetahui dan mengidentifikasi kendala yang dihadapi BUMDes Darussalam Desa Burai dalam membangun strategi branding. Strategi branding yang dilakukan dipengaruhi oleh faktor internal yakni pemahaman dan kemampuan akan membangun branding yang kuat dan faktor eksternal yakni kemampuan dalam membangun jaringan usaha dengan pihak-pihak yang terkait. Strategi yang digunakan BUMDes Darussalam dalam membangun branding ini menggunakan beberapa teori melalui metode deskriptif. Perencanaan membangun branding BUMDes Darussalam dilakukan dengan melakukan survei data, wawancara, kuesioner, diskusi, brainstorming gagasan branding, perancangan identity branding. Solusi yang dilaksanakan berupa kegiatan analisis ekuitas brand dalam menghasilkan rumusan strategi yang tepat, baik dan benar untuk BUMDes Darussalam, dan perancangan identity branding berupa corporate identity. Kajian ini menjadi salah satu aspek tolok ukur bagi BUMDes Darussalam dalam melakukan strategi pengembangan brand peningkatan skala usaha. Program pengembangan strategi branding BUMDes Darussalam diharapkan menghasilkan produk unggulan daerah dalam menghadapi persaingan pasar yang dinamis di era saat ini.

Author Biographies

Aji Windu Viatra, Universitas Indo Global Mandiri

SINTA ID: 6652217, GS ID: N6v6vPkAAAAJ&hl

M. Edo Pratama Putra, Universitas Indo Global Mandiri

SINTA ID: 6816547, GS ID: Z5zoCLsAAAAJ&hl

References

Aaker, D. A. (2002). Brand leadership (D. A. Aaker (ed.); 1st ed.). The Free Press.

Abodeeb, J. (2015). Shaping Destination Image and Identity: Insights for Arab tourism at the Gold Coast, Australia. International Journal of Culture, Tourism, and Hospitality Research, 6–21.

Azwar, S. (2014). Reliabilitas dan validitas (IV). Pustaka Pelajar.

Fadhilah, A. (2015). Pengaruh Kesadaran Branding, Asosiasi Branding, Persepsi Kualitas dan Loyalitas Branding terhadap Proses Pengambilan Keputusan Pembelian Sepeda Motor Yamaha V-Ixion. Jurnal MIX, 6(2).

Hsieh, M. H., Pan, S. L., & Setiono, R. (2017). Product-, corporate-, and country-image dimensions and purchase behavior: A multicountry analysis: Journal of the Academy of Marketing Science, 32(3), 251–270. https://doi.org/10.1177/0092070304264262

Huang, C.-C., Liu, C.-Y., & Chang, T.-P. (2014). The Relationship Among Brand Equity, Customer Satisfaction, and Brand Resonance to Repurchase Intention of Cultural and Creative Industries in Taiwan. The International Journal of Organizational Innovation, 6.

John, C. W. (2013). Research Design Pendekatan Kualitatif, Kuantitatif, dan Mixed. Pustaka Pelajar.

Kotler, P. (2012). Marketing Management. Prentice Hall.

Lawu, B. J. L. (2015). Pengaruh Elemen Brand Knowledge dan Brand Equity Terhadap Repurchase Intention. Jurnal Manajemen Maranatha, 14(2). https://doi.org/10.28932/JMM.V14I2.35

Mitchell, M. A., & Orwig, R. A. (2002). Consumer Experience Tourism and Brand Bonding. Journal of Product & Brand Management, 11(1), 30–41. https://doi.org/10.1108/10610420210419531

Rahayu, S. H., Dida, S., Setianti, Y., Padjadjaran Jl Raya Bandung Sumedang, U., & Jatinangor, K. (2020). Strategi Branding Identity @situgunungsuspensionbridge di Kab Sukabumi untuk meningkatkan pariwisata. Mediakom : Jurnal Ilmu Komunikasi, 4(1), 36–45. https://doi.org/10.35760/MKM.2020.V4I1.2494

Saputra, M., & Yusa, V. De. (2019). Analisis Efektivitas Iklan dan Brand Awareness Program Pascasarjana IIB Darmajaya di Bandar Lampung. Derivatif : Jurnal Manajemen, 13(2). https://doi.org/10.24127/JM.V13I2.392

Sharma, R. (2017). Building Customer-Based Brand Equity of Domestic Brands: Role of Brand Equity Dimensions. Metamorposis: A Journal of Management Research, 16(1), 45–59. https://doi.org/10.1177/0972622517702187

Simamora, B. (2003). Memenangkan Pasar Dengan Pemasaran Efektif dan Profitable. In Memenangkan pasar dengan pemasaran efektif dan profitable (2nd ed.). Gramedia Pustaka Utama.

Sugiyono. (2010). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Alfabeta.

Susanti, E. O. D. P. (n.d.). Strategi Branding Dalam Membangun Ekuitas Branding UMKM (Studi Kasus: Pusat Oleh - oleh Kota Padang) | Ikra-Ith Ekonomika. Retrieved March 4, 2022, from https://journals.upi-yai.ac.id/index.php/IKRAITH-EKONOMIKA/article/view/391

Wood, L. (2000). Brands and Brand Equity: Definition and Management. Management Decision, 38(9), 662–669. https://doi.org/10.1108/00251740010379100/FULL/XML

Downloads

Published

2024-01-29

How to Cite

Viatra, A. W., & Putra, M. E. P. (2024). Strategi Branding Peningkatan Skala Usaha Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) Darussalam, Desa Burai, Tanjung Batu, Ogan Ilir, Sumatra Selatan. Jurnal Desain Komunikasi Visual Nirmana, 24(1), 10-21. https://doi.org/10.9744/nirmana.24.1.10-21