Perancangan E-Catalog Ardent Signature Sebagai Media Pemasaran Digital Produk Kursi Kantor Premium
:
https://doi.org/10.9744/nirmana.24.1.60-71Keywords:
design thinking, e-catalog, media pemasaran, promosi digitalAbstract
Media pemasaran kini mengalami siklus perkembangan yang pesat sesuai dengan kebutuhan industri di beragam sektor dengan tujuan sebagai alat untuk mempromosikan produk-produk yang dimilikinya. Salah satu media pemasaran yang saat ini sangat dibutuhkan berupa produk pemasaran dengan berbasis digital terkait dengan informasi produk yang ingin dipasarkan dan kelengkapan jumlah produk yang dapat diketahui oleh audiens. Pada umumnya, media pemasaran merupakan suatu kolaborasi dalam bidang keilmuan menejemen dengan bidang desain komunikasi visual yang diharapkan mampu memberikan solusi terkait saluran pemasaran dengan berbasis digital yang mudah diakses, lengkap, dan menjawab permasalahan dari tim sales & marketing. Dalam alur penerapannya, metode perancangan design thinking digunakan guna mendukung berlangsungnya kegiatan perancangan ini. Metodologi design thinking yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan lima langkah, yaitu Emphasize, Define, Ideate, Prototype, dan Test/Implementation. Proses dalam design thinking menuntun desainer untuk mampu melaksanakan tahapan analisis, menuangkan ide, eksperimen pada pembuatan sebuah prototipe, hingga mengumpulkan feedback terhadap desain yang dibuat. Tujuan penelitian ini guna menghasilkan media pemasaran yang dapat berfungsi ganda, yaitu sebagai media informasi dan media promosi berbasis digital. Dengan demikian, dihasilkan desain buku katalog elektronik yang tepat guna dan sasaran, untuk kemudian dapat diterapkan sebagai media promosi oleh tim sales & marketing dari CV Ardent Furniture.
References
Agnes, D., Bangun, N., Anggarini, A., Prodi, D., Grafis, J., Teknik, G., Penerbitan, N., Jakarta, J., & Prof, G. A. (t.t.). Perancangan convertible book sebagai media pembelajaran anak usia dini. Jurnal Demandia: Desain Komunikasi Visual, Manajemen Desain dan Periklanan, 7(2), 161-180. https://doi.org/10.25124/demandia.v7i2.4280
Brown, T. (2008). Design thinking.
Graver, A., & Jura, B. (2012). Best practices for graphic designers, grids and page layouts: An essential guide for understanding and applying page design principles. Rookport Publishers.
Hollis, R. (2006). Swiss graphic design: The origins and growth of an international style, 1920-1965. Laurence King Publishing.
Hussein, A. S. (2018). Metode design thinking untuk inovasi. UB Press.
Li, H. (Alice), Jain, S., & Kannan, P. K. (2019). Optimal design of free samples for digital products and services. Journal of Marketing Research, 56(3), 419–438. https://doi.org/10.1177/0022243718823169
Listya, A. (2018). Konsep dan Pengunaan Warna dalam Infografis. Jurnal Desain, 6(01), 10. https://doi.org/10.30998/jurnaldesain.v6i01.2837
Mariam, S., & Ramli, A. H. (2022). Pengenalan digital marketing e-katalog bagi UMKM Binaan Jakpreneur. Jurnal Komunitas: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 5(1), 74–83.
Romli, A. S. M. (2010). Jurnalistik praktis pemuda. Remaja Rosdakarya.
Rustan, Surianto. (2013). Font and tipografi. (1 ed.). Gramedia Pustaka Utama.
Setiawan, T., Waworuntu, A., Pulomas Selatan Kav, J., & Timur, J. (2022). Pengembangan aplikasi visualisasi e-catalog furniture menggunakan teknologi realitas tertambah berbasis Android.
Suryono, A., Rahayu, Y. D., Winasis, M. A., & Murod, M. F. N. (2021). E-katalog dalam pemasaran barang/jasa pada Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) dalam masa pandemi Covid-19. Journal of Community Development, 2(2), 66–69. https://doi.org/10.47134/comdev.v2i2.33
Wicaksono, J. C., Prasida, T. A. S., & Prestiliano, J. (2022). Perancangan card game “Happy Teeth” sebagai media edukasi menjaga kesehatan gigi dan mulut. Nirmana, 22(2), 78–88. https://doi.org/10.9744/nirmana.22.2.78-88
Widyamurti, N., Muttaqin, H., Gilang, L., & Ranu Wicaksono, A. (t.t.). Perancangan coffee table book untuk mendukung program pemasaran Desa Wisata Trangsan dengan implementasi 5w+1h. Universitas Sebelas Maret Jl. Ir. Sutami 36A, 57126. https://doi.org/10.25124/demandia.v%vi%i.1283
Wirawan, D., Peni Pratiwi., & Birmanti Setia Utami. (2019). Perancangan brand identity band cool and the gang. Imajinasi: Jurnal Seni, 13(1), 57–68.
Yanto, H. (2021). Perancangan dan pengembangan e-catalog ju seafood restaurant. Retrieved from https://journal.uib.ac.id/index.php/conescintech
Yudianita, T. , B. D. A. N., & Maheni, M. T. (2020). Perancangan visual brand identity UMKM Bolu UMMI. Journal Printing and Packaging Technology, 1(1).
Yulius, Y. (2016). Peranan desain komunikasi visual sebagai pendukung media promosi kesehatan. Besaung: Jurnal Seni Desain Dan Budaya, 1(3).
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Miftahul Adi Suminto, Pungky Febi Arifianto
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
- Jurnal Desain Komunikasi Visual Nirmana has the right of first publication while the author(s) retains copyright and the right to share and redistribute the work under a Creative Commons Attribution License. This license allows others to freely share and adapt the work, provided that they acknowledge the work's authorship and its initial publication in this journal.
- Upon publication, the author(s) agrees to the journal's terms of non-exclusive distribution, allowing the published version of the work to be used in other contexts (e.g., institutional repository or a book), with an acknowledgment of its initial publication in Jurnal Desain Komunikasi Visual Nirmana.
- The author(s) is also aware of the responsibility to obtain permission for the use of any copyrighted material from third parties as required by the journal.