Perancangan E-Catalog Ardent Signature Sebagai Media Pemasaran Digital Produk Kursi Kantor Premium

Authors

  • Miftahul Adi Suminto Universitas Hayam Wuruk Perbanas
  • Pungky Febi Arifianto Universitas Pembangunan Nasional V Jawa Timur

:

https://doi.org/10.9744/nirmana.24.1.60-71

Keywords:

design thinking, e-catalog, media pemasaran, promosi digital

Abstract

Media pemasaran kini mengalami siklus perkembangan yang pesat sesuai dengan kebutuhan industri di beragam sektor dengan tujuan sebagai alat untuk mempromosikan produk-produk yang dimilikinya. Salah satu media pemasaran yang saat ini sangat dibutuhkan berupa produk pemasaran dengan berbasis digital terkait dengan informasi produk yang ingin dipasarkan dan kelengkapan jumlah produk yang dapat diketahui oleh audiens. Pada umumnya, media pemasaran merupakan suatu kolaborasi dalam bidang keilmuan menejemen dengan bidang desain komunikasi visual yang diharapkan mampu memberikan solusi terkait saluran pemasaran dengan berbasis digital yang mudah diakses, lengkap, dan menjawab permasalahan dari tim sales & marketing. Dalam alur penerapannya, metode perancangan design thinking digunakan guna mendukung berlangsungnya kegiatan perancangan ini. Metodologi design thinking yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan lima langkah, yaitu Emphasize, Define, Ideate, Prototype, dan Test/Implementation. Proses dalam design thinking menuntun desainer untuk mampu melaksanakan tahapan analisis, menuangkan ide, eksperimen pada pembuatan sebuah prototipe, hingga mengumpulkan feedback terhadap desain yang dibuat. Tujuan penelitian ini guna menghasilkan media pemasaran yang dapat berfungsi ganda, yaitu sebagai media informasi dan media promosi berbasis digital. Dengan demikian, dihasilkan desain buku katalog elektronik yang tepat guna dan sasaran, untuk kemudian dapat diterapkan sebagai media promosi oleh tim sales & marketing dari CV Ardent Furniture.

Author Biographies

Miftahul Adi Suminto, Universitas Hayam Wuruk Perbanas

SINTA ID: 6775040, GS ID: XAuuTvAAAAAJ&hl

Pungky Febi Arifianto, Universitas Pembangunan Nasional V Jawa Timur

SINTA ID: 6796483, GS ID: PpYpxMoAAAAJ&hl

References

Agnes, D., Bangun, N., Anggarini, A., Prodi, D., Grafis, J., Teknik, G., Penerbitan, N., Jakarta, J., & Prof, G. A. (t.t.). Perancangan convertible book sebagai media pembelajaran anak usia dini. Jurnal Demandia: Desain Komunikasi Visual, Manajemen Desain dan Periklanan, 7(2), 161-180. https://doi.org/10.25124/demandia.v7i2.4280

Brown, T. (2008). Design thinking.

Graver, A., & Jura, B. (2012). Best practices for graphic designers, grids and page layouts: An essential guide for understanding and applying page design principles. Rookport Publishers.

Hollis, R. (2006). Swiss graphic design: The origins and growth of an international style, 1920-1965. Laurence King Publishing.

Hussein, A. S. (2018). Metode design thinking untuk inovasi. UB Press.

Li, H. (Alice), Jain, S., & Kannan, P. K. (2019). Optimal design of free samples for digital products and services. Journal of Marketing Research, 56(3), 419–438. https://doi.org/10.1177/0022243718823169

Listya, A. (2018). Konsep dan Pengunaan Warna dalam Infografis. Jurnal Desain, 6(01), 10. https://doi.org/10.30998/jurnaldesain.v6i01.2837

Mariam, S., & Ramli, A. H. (2022). Pengenalan digital marketing e-katalog bagi UMKM Binaan Jakpreneur. Jurnal Komunitas: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 5(1), 74–83.

Romli, A. S. M. (2010). Jurnalistik praktis pemuda. Remaja Rosdakarya.

Rustan, Surianto. (2013). Font and tipografi. (1 ed.). Gramedia Pustaka Utama.

Setiawan, T., Waworuntu, A., Pulomas Selatan Kav, J., & Timur, J. (2022). Pengembangan aplikasi visualisasi e-catalog furniture menggunakan teknologi realitas tertambah berbasis Android.

Suryono, A., Rahayu, Y. D., Winasis, M. A., & Murod, M. F. N. (2021). E-katalog dalam pemasaran barang/jasa pada Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) dalam masa pandemi Covid-19. Journal of Community Development, 2(2), 66–69. https://doi.org/10.47134/comdev.v2i2.33

Wicaksono, J. C., Prasida, T. A. S., & Prestiliano, J. (2022). Perancangan card game “Happy Teeth” sebagai media edukasi menjaga kesehatan gigi dan mulut. Nirmana, 22(2), 78–88. https://doi.org/10.9744/nirmana.22.2.78-88

Widyamurti, N., Muttaqin, H., Gilang, L., & Ranu Wicaksono, A. (t.t.). Perancangan coffee table book untuk mendukung program pemasaran Desa Wisata Trangsan dengan implementasi 5w+1h. Universitas Sebelas Maret Jl. Ir. Sutami 36A, 57126. https://doi.org/10.25124/demandia.v%vi%i.1283

Wirawan, D., Peni Pratiwi., & Birmanti Setia Utami. (2019). Perancangan brand identity band cool and the gang. Imajinasi: Jurnal Seni, 13(1), 57–68.

Yanto, H. (2021). Perancangan dan pengembangan e-catalog ju seafood restaurant. Retrieved from https://journal.uib.ac.id/index.php/conescintech

Yudianita, T. , B. D. A. N., & Maheni, M. T. (2020). Perancangan visual brand identity UMKM Bolu UMMI. Journal Printing and Packaging Technology, 1(1).

Yulius, Y. (2016). Peranan desain komunikasi visual sebagai pendukung media promosi kesehatan. Besaung: Jurnal Seni Desain Dan Budaya, 1(3).

Downloads

Published

2024-01-29

How to Cite

Suminto, M. A., & Arifianto, P. F. (2024). Perancangan E-Catalog Ardent Signature Sebagai Media Pemasaran Digital Produk Kursi Kantor Premium. Jurnal Desain Komunikasi Visual Nirmana, 24(1), 60-71. https://doi.org/10.9744/nirmana.24.1.60-71